Minyak Telon Yang Dipakai Dedek Diana

Orang Indonesia punya kebiasaan mengoleskan minyak telon pada bayi sehabis mandi. Sejak masih bayi banget (bayi baru lahir maksudnya) dedek Diana juga sudah mengikuti tradisi tersebut, memakai minyak telon setelah dimandikan. Biar badannya anget, kata mama saya.

Apa saja merek minyak telon yang sudah pernah dipakai dedek Diana? Baru ada 3. Minyak telon nyonya meneer, minyak telon lang, dan minyak telon cussons baby.

Minyak Telon Bayi

Seperti yang tertulis pada bungkus minyak telon nyonya meneer, khasiat minyak telon ini untuk membantu meredakan perut kembung dan memberikan rasa hangat pada tubuh bayi. Di bungkus minyak telon cap lang tertulis sejarah pemberian nama minyak telon. Kata telon berasal dari bahasa Jawa “telu” yang menunjukkan bahwa minyak telon dibuat dari campuran tiga jenis minyak alami, minyak kayu putih, minyak adas dan minyak kelapa.

Yang menarik, komposisi dari tiga minyak telon yang pernah dipakai dedek Diana beda-beda. Minyak telon cuccons baby komposisinya terdiri dari oleum cajuputi 18 ml, oleum anisi 3 ml dan oleum cocos 39 ml. Komposisi minyak telon cap lang setiap ml mengandung oleum cajuputi 32%, oleum cocos 55%, dan oleum foeniculi 13%. Sedangkan komposisi minyak telon nyonya meneer isinya oleum foeniculi 9,6 ml, oleum cocos 13,2 ml dan oleum cajuputi 37,2 ml.

Kok beda ya cusson baby? Tapi bau minyak telon kalo kata saya sama aja sih, khas bau bayi. Segeerr…

Katanya minyak telon juga bisa untuk pijat bayi, tapi saya belum pernah memijat bayi pakai minyak telon. Paling-paling saya oleskan ke telapak kaki kalo kaki dedek Diana dingin banget karena ACnya kekecilan..

Related Post

Tulisan ini sudah 14,660 kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

12,149 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>