Menempel Stiker, Stimulasi Bagi Motorik Halusnya

Menempel Stiker
Kategori Umur:
1-3 Tahun

Kategori Kecerdasan Majemuk:
Kecerdasan Kinestetik, Kecerdasan Logika Matematik

Diana suka menempel stiker di tembok. Tetapi entah kenapa, setiap kali saya ajak untuk menempel stiker di gambar, dia males-malesan. Mau sih, tapi baru dapet sedikit sudah bosan. Biasanya saya juga biarkan saja Diana menempel-nempel stiker di dinding kamar dan ruangan lainnya.

Tetapi boleh dong, saya berusaha supaya kegiatan menempelnya diarahkan ke tempat yang lebih sesuai? Biar tembok rumah tidak semakin penuh dengan stiker dan terlihat makin kotor. Tapi rupanya kertas tidak begitu menarik perhatian Diana buat ditempel-tempeli. 

Kegiatan menempelkan stiker ini dapat melatih dan menstimulasi motorik halusnya. Anak-anak pra sekolah perlu distimulasi motorik halusnya, agar ketrampilan jari-jari tangan dan kelenturan otot-ototnya sudah terbiasa melakukan kegiatan. Sehingga nantinya anak akan dapat melakukan kegiatan yang lebih rumit pada saat harus masuk sekolah.

Aktivitas lainnya yang dapat dikerjakan oleh anak untuk melatih motorik halusnya adalah seperti bermain puzzle dan meronce. Atau bisa juga dengan mewarnai (yang melibatkan latihan memegang pensil atau krayon dengan benar), menggunting, merobek-robek kertas, menjahit dan mengancingkan baju. Banyak permainan bisa dilakukan bersama-sama dengan anak.

Menempelkan stiker juga bisa menjadi salah satu kegiatan yang melatih konsentrasi anak.

Tujuan Pencapaian:

  • Meningkatkan kemampuan motorik halus.
  • Mengasah kemampuan visual spatial anak saat menempelkan stiker di tempat yang tepat.

Alat dan Bahan:

Cara Membuat:

  • Ayah/ Bunda dapat mencari printable di website Morinaga MI Play Plan dan mencetaknya.
  • Ayah/ Bunda menyediakan stiker beraneka warna yang bisa ditempel.

Cara Bermain:

  • Ajarkan si Kecil untuk melepaskan stiker dari tempatnya (jika pertama kali melakukan kegiatan menempel stiker ini).
  • Minta si Kecil untuk menempelkan stikernya di printable. Arahkan agar menempelkan stiker di dalam bagian gambar yang dimaksudkan supaya kecerdasan visual spatial-nya juga ikut terstimulasi.
  • Bisa juga diajarkan kepada si Kecil untuk menempelkan stiker dengan beberapa warna yang berbeda.

Evaluasi:

  • Menempelkan stiker ini menjadi salah satu kegiatan favorit Diana. Tetapi Diana lebih suka melakukannya di tembok. Saat diajak menempelkan stiker di kertas, hanya bertahan sebentar. Setelah itu bosan.
  • Diana maunya menempelkan satu warna stiker saja. Padahal saya sediakan tiga macam warna, dan Diana sudah tahu nama-nama warna.

Related Post

Tulisan ini sudah 2,437 kali dibaca

2 comments on “Menempel Stiker, Stimulasi Bagi Motorik Halusnya

  1. eh unik juga nie, nempel2 stiker.. anaku juga 2 tahunan sukanya nempelin stiker di tembok dan lemari.. dibeliin buku gambar untuk tempat nempel kayaknya bagus tuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

11,210 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>