Yeay! Sudah Tidak Mual Lagi!

Whoaa.. Mulai lega nih setelah kehamilan memasuki trimester kedua. Badan sudah agak mendingan. Nggak mual-mual banget lagi. Sesekali masih mual tapi rasanya masih bisa masuk akal lah, nggak seperti sewaktu trimester pertama kemarin.

Yang paling menggembirakan, berat badan naik 2 kilogram dalam satu setengah bulan. Di trimester pertama berat badan saya hanya naik 0,5 kilogram dari saat start hamil. Mulai hamil berat badan 50,5 kilogram, lalu hanya naik menjadi 51 kilogram saja hingga bulan ketiga. Bulan keempat kehamilan ini berat badan saya sudah di 53 kg.

Tiga kali ke dokter spesialis kandungan, setiap kali di-USG dokternya nggak menjelaskan kalau bayinya ada masalah sih. Berarti sehat-sehat saja, insya Allah. Aamiin. Pas coba dicari tahu jenis kelamin bayinya, udah diubek-ubek, dibolak-balik, nggak kelihatan juga, tapi dokter bilang kemungkinannya perempuan lagi. Untuk mastiin, nanti bulan depan balik kita USG kita lihat lagi. Ashiiaaappp, dok!

Dari website babymed saya coba cari ukuran-ukuran yang ditunjukin sama hasil USG-nya, menurut tabel di bawah sih, hasilnya masih sesuai semua ya.

WeeksBPD (mm)HC (mm)AC (mm)FL
(mm)
17.537.7144.5118.225.2

Berat janin di usia kandungannya di usia 17 minggu ini 210 gram.
HC (Head Circumferencial), HC adalah ukuran lingkaran kepala bayi 13,61 cm. AC (Abdominal Circumferencial), AC adalah ukuran lingkar perut bayi 12,75 cm. FL (Femur Length), FL adalah ukuran panjang tulang paha bayi 2,39 cm. BPD (Biparietal Diameter), BPD adalah ikutan tulang pelipis kiri dan kanan 3,79 cm.

Minggu lalu saya sudah test darah dan urine lengkap, juga test hepatitis dan HIV. Hasilnya agak mengecewakan di gula darah setelah puasa. Biasalah, saya kan terbiasa sarapan full pack. Alias nasi dan konco-konconya lengkap, jadi tiap habis makan pasti gula darahnya langsung melonjaklah, hahaha. Tapi kata dokter masih aman, kok. Hanya saja ya tetap harus dijaga jangan sampai naik terus-terusan. Hasil test lainnya sih aman.

Saat saya konsultasikan soal sembelit setelah mengkonsumsi vitamin untuk ibu hamil, dokternya menjawab memang vitamin ibu hamil mengandung asam folat, jadi bisa mengakibatkan susah buang air besar. Satu-satunya cara ya harus diperbanyak buah dan sayurnya, juga serat. BHAAAIIKK, jadi ya memang harus tetep diminum itu vitamin yaaa~

Setelah pemeriksaan, saya diberikan resep berupa vitamin untuk ibu hamil dan kalsium. Ini pertama kali saya diresepkan kalsium. Padahal di rumah ya kadang minum kalsium sendiri sih. Mayan, ini dapet dari klinik, hehe.

Oke, sampai jumpa di tulisan selanjutnya. Semoga sehat semua ya yang baca tulisan ini..

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

8,448 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>