Tipe-Tipe Transaksi di Dunia Maya, Bisa Bayar Pakai Pulsa Telkomsel!

Berkembangnya teknologi turut mengubah banyak hal di dunia, termasuk salah satunya cara bertransaksi jual beli. Sekarang proses jual beli tidak hanya terjadi di toko berbentuk fisik, namun juga terjadi di toko online yang perkembangannya sangat pesat di Indonesia.

Seiring dengan perkembangan e-commerce ini, berkembang pula berbagai cara pembayaran yang bisa dilakukan di dunia maya. Beberapa di antaranya pasti pernah kamu lakukan ketika bertransaksi online. Tapi sebenarnya apa saja sih tipe-tipe transaksi di dunia maya, berikut adalah beberapa jenisnya seperti dilansir dari Dailysocial.com.

Transfer Antar Bank

Sumber: Bank Mandiri

Cara paling populer dan banyak dilakukan oleh pembeli adalah transfer antar bank. Biasanya, penjual atau  e-commerce seperti Traveloka memberikan beberapa pilihan bank yang menjadi rekanan mereka.

Pembeli bisa membayarnya lewat transfer melalui ATM, internet banking atau klikpay. Setelah mendapatkan bukti transfer, pembeli menunjukkannya kepada penjual dan barang atau jasa yang diinginkan pun didapatkan.

Kartu Kredit

Selain menggunakan transfer antar bank yang menggunakan saldo tabungan, pembeli juga bisa membayarnya lewat kartu kredit. Untuk transaksi ini, pembeli hanya perlu memasukkan nomor kartu ke e-commerce beserta data diri dan kode yang diberikan oleh bank penerbit kartu, lalu transaksi selesai.

Rekber

Cara yang paling aman untuk melakukan transaksi di dunia maya, khususnya pada situs e-commerce adalah dengan menggunakan rekening bersama alias rekber. Kalau kamu memilih menggunakan jasa ini, uang dari pembeli akan dikirimkan ke rekber, dan baru akan diterima penjual setelah barang tiba dengan selamat dan tanpa komplain apapun dari pembeli.

Transaksi ini dianggap lebih aman karena meminimalisir terjadinya penipuan baik dari seller maupun dari pembeli. Karena ketika terjadi kesalahan pada penjual, seperti barang tidak sesuai dengan janji atau diterima dalam keadaan rusak, maka uang bisa dikembalikan kepada pembeli.

Paypal

Sumber: androidguys.com

Metode ini biasanya digunakan untuk pembelian barang dari luar negeri. Selain menggunakan kartu kredit, kamu juga bisa memakai akun paypal yang diterima oleh banyak toko e-commerce dunia. Namun di Indonesia sendiri, cara ini tidak terlalu populer.

Lewat Mimimarket

Cara mudah lainnya untuk membayar transaksi di dunia maya adalah melalui minimarket. Ada beberapa minimarket yang menyediakan jasa pembayaran untuk situs jual beli, termasuk pembayaran tiket di Traveloka.

Hal ini memudahkan bagi mereka yang tidak memiliki rekening ataupun kartu kredit atau paypal. Cukup dengan membawa bukti transaksi di Traveloka, bayar di minimarket dan transaksi pun sukses.

Pemotongan Pulsa

Sumber: smeaker.com

Cara lain untuk membayar transaksi di dunia maya adalah menggunakan pemotongan pulsa sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan. Pembelian lagu atau bayar film, bisa dilakukan dengan menggunakan metode ini.

Kamu hanya perlu mengisi pulsa Telkomsel di situs Traveloka sesuai dengan jumlah yang diperlukan. Game, lagu, film dan banyak transaksi lainnya bisa dilakukan dengan pemotongan pulsa Telkomsel ini.

Selain dari pulsa utama, kamu juga bisa membayar transaksi di dunia maya lewat T-cash yang bisa diisi ulang seperti pulsa Telkomsel. Dengan T-cash ini, berbagai transaksi pembayaran bisa dilakukan dengan aman dan nyaman.

COD

Selain menggunakan sistem pemotongan pulsa Telkomsel, cara pembayaran lain yang bisa dilakukan untuk transaksi online adalah dengan COD alias Cash on Delivery. Dulu cara ini hanya berlaku buat penjual dan pembeli yang berada di kota sama. Namun sekarang beberapa e-commerce pun memberlakukan sistem cash on delivery untuk pembayaran barang mereka.

Jadi, kamu baru akan membayar setelah barang diterima. Untuk e-commerce, pembayaran dilakukan lewat kurir yang mengantarkan barang tersebut.

 

Tulisan ini sudah 3,057 kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *