Tentang Cuci Mencuci Baju Dengan Ecowash

Saya suka mencuci pakaian. Dari sederetan tugas sebagai ibu rumah tangga, yang paling suka saya lakukan adalah mencuci pakaian. Karena cuma mencuci pakaian yang bisa dilakukan sambil apa saja. Hahahaha.

Pekerjaan lain nggak bisa disambi. Kalau nyuci piring ya cuma bisa nyuci piring, nggak bisa sambil ngeblog. Begitu juga ngepel, nggak bisa sambil ngelipetin dan setrika baju. Jadi ya mencuci pakaian ini yang paling menyenangkan buat saya kerjakan. Kalau lagi pengen cari keringet, membilasnya saya lakukan manual, dengan tangan. Meski capek, terasa nggak begitu capek karena ngerjainnya di air, jadi adem. 

Beda dengan setrika. Waduh, kalau yang ini ampun dah. Meskipun ya tetep saya kerjakan sendiri juga, sih. Tapi seminggu sekali aja sekalian setumpuk. Paling kalau lagi rajin dan berangkat ke kantornya bisa agak siangan, saya cicil buat setrika baju anak.

Nyuci baju enaknya kan cuma butuh cemplung-cemplung pakaian kotor, tambah air dan deterjen, pencet-pencet, tunggu dan beberapa saat jadi bersih. Bisa dikerjakan sambil nyapu, sambil ngepel, sambil setrika, sambil nyuapin anak, atau sambil online ngurus kerjaan.

Nah, kemaren ini saya baru nyobain pakai Ecowash. Penasaran karena baca beberapa tulisan blogger yang udah lebih dahulu pakai dan ternyata bersih buat nyuci baju. Apa iya? Maju mundur cantik dulu sebelum beli, karena ragu juga mau nyobain, apa bener bisa bersih seperti pengakuan mereka?

Ecowash Laundry Ball

Apalagi harganya termasuk murah meriah ya, kalau untuk ukuran barang yang bisa digunakan selama 3 tahun alias kurang lebih 1000 kali pakai. Ya sudahlah ya, akhirnya nyobain juga.

Baru beberapa kali pakai, lumayan puas dengan hasilnya, karena memang saya gunakan untuk pakaian yang nggak terlalu kotor, seperti baju-baju yang dipakai tidur doang. Pakaian kerja yang bau kringet dan baju anak yang bekas dipakai main seharian, masih tetep ditambahin sabun dikit (seperempat dari penggunaan biasanya).

Sebenernya kalau yang kotor banget sih, masih bisa dipakaiin stik yang dioleskan sebelum baju dicuci. Ecowash ini sepaket sama stiknya satu biji, yang kegunaannya dioleskan pada noda membandel yang ada di baju. Tapi apa iya satu stik ini bertahan lama kalau banyak banget bajunya yang amat kotor? So, kalau nanti si stik penghilang noda ini udah abis, nyucinya tetep bisa kok, ditambah dengan deterjen sedikit.

Awal pakai, kaget juga dengan hasil cuciannya. Wong nggak pakai sabun kok bisa bersih? Ya nggak tahu juga, hahahaha. Katanya sih, karena Ecowash ini isinya butiran keramik mineral alami hasil bumi, sehingga punya kemampuan merubah pH air seperti sifat deterjen untuk membersihkan noda dan mencuci pakaian.

Sampai sejauh ini sih masalahnya cuma adanya bunyi glodhag-gloghag selama mesin cucinya muter. Gimana ya ini caranya supaya nggak bunyi?

Dan satu lagi, karena ini musim hujan, sedangkan rumah saya nggak punya jemuran terbuka, jadi jemur bajunya di teras yang cuma ngandelin angin, jadi bajunya berasa kurang wangi gituuu, kalau jemur bajunya baru kering setelah dua hari, hihihi. Karena emang saya juga nggak pernah pakai pewangi dan softener saat mencuci. Tapi ga masalah sih, karena nanti wanginya saat disetrika. Beda sama baju yang dikasih wangi-wangian saat nyuci, pas dipakai dan kena kringet malah berasa apek. Hihihihi.

Kalau kelebihannya sih udah pasti lah, jauuuh lebih ramah lingkungan, karena nggak ada (atau sedikit sekali jika nyucinya masih ditambah deterjen) sisa deterjen yang dibuang ke air sungai. Jika nyuci baju full dengan deterjen, bakalan nyemarin air sungai, bikin air sungai jadi item. Kelebihan yang paling utama dari Ecowash sih, kantong bakalan aman dari pengeluaran beli-beli sabun cuci pakaian.

Gimana? Berani nyoba? Kalau mau beli, bisa ke agen resmi atau distributor yang tercantum di ecowash.org ya, supaya bisa dapetin garansi 1 tahun untuk penggantian cangkang yang pecah dan menjamin keaslian produk. 😉

 

Related Post

This entry was posted in Info.
Tulisan ini sudah 1,910 kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

12,149 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>