Belanja [Lagi] Keperluan Bayi #3

Meski sudah memasuki sesi belanja yang ketiga [tidak termasuk yang kecil-kecil], ternyata berburu perlengkapan bayi ini seakan tiada habisnya. Masih banyak yang belum terbeli dan masih ada di dalam daftar barang belanjaan yang wajib dibeli. Hufftttt…

Nggak hanya capek secara fisik karena harus ke ITC dan belanja, pulang nenteng barang setumpuk, tetapi juga capek kantongnya juga, hahahaha… Semoga saja ada yang berbaik hati membantu menolong, baik ngasih kerjaan dan pemasukan tambahan, atau ngasih kado barang-barang yang memang diidam-idamkan tapi belom mampu kebeli. AMIIIINNN. *berdoa*

Ini nih barang-barang yang berhasil saya pindahkan dari sebuah toko di ITC Cipulir ke dalam kamar yang makin hari makin berantakan saja:

Bantal Bayi

Mama saya bilang, perlu beli bantal dua set. Entah saya yang salah denger atau salah ingat, soalnya ngobrol via telponnya udah agak lama, jadi saya beneran beli bantal dan gulingnya dua set.

Perlengkapan Bayi

Masuk akal juga sih, soalnya kan bayi ini masih sering ngompol, jadi ya bisa jadi bantal guling ini kan basah dipipisin. Nah, sementara yang satu dijemur, kan satunya lagi bisa dipakai.

Perlengkapan Bayi

Perlengkapan Bayi

Dua set bantal yang saya beli satu berwarna coklat [semotif sama selimut] dan satu lagi bergambar Shaun The Sheep yang emang lagi ngetrend. Saya tawar dari harga yang dikasih, Rp. 65.000,- per set hingga dikasih Rp. 50.000,- per set-nya. Jadi khusus untuk bantal ini uang yang saya keluarkan Rp. 100.000,-

Kelambu Bayi

Perlengkapan Bayi

Untuk hari-hari pertama nantinya dedek bayi akan berada di rumah orang tua saya. Dan Mama wanti-wanti untuk beli kelambu karena memang di sana lumayan banyak nyamuknya. Kasihan dedek bayi nanti kalau digigitin nyamuk. Sepulangnya kembali di rumah saya sendiri sih, kayaknya nggak perlu terlalu dikhawatirkan sih soal nyamuk, karena saya sendiri-pun perasaan hampir nggak pernah digigit nyamuk di rumah.

Oiya, harga kelambu merk Del ini saya dapat Rp. 40.000,- di ITC Cipulir.

Jumper Bayi

Dalam 1 kemasan plastik ini berisi 5 buah jumper dengan warna dan motif berbeda. Saya agak kemahalan nawarnya ya, karena setelah sampai rumah dan googling hasilnya ada toko yang menjual dengan harga Rp. 65.000,- Padahal saya membelinya dengan harga Rp. 70.000,- per set-nya. Nggak papa-lah ya, itung-itung beda Rp.1.000,- per bijinya, hehehe…

Perlengkapan Bayi

Jumper ini kepakenya mungkin masih agak lama sih. Sengaja bukan beli yang buat new born karena new born ini dedek bayinya cukup dipakein gurita, popok dan pakai baju lengan pendek aja. Kan nanti kebanyakan masih dibedong…

Jaket Bayi

Harga jaket bayi ini lumayan murah, kualitasnya bagus, tiga buah Rp. 100.000,- saja. Sayangnya hanya ada 1 motif saja, jadi deh beli beda warnanya aja. Suka sama bahannya sih saya…

Perlengkapan Bayi

Perlengkapan Bayi

Perlengkapan Bayi

Jaket ini juga nanti kepakainya kalau dedek bayi sudah agak gedean dikit. Pas waktu masih kecil sih kayaknya cukup dengan baju bayi new born lengan panjang, dibedong dan diselimutin.

Selimut Bayi

Perlengkapan Bayi

Dengan motif yang mirip satu set bantal guling, selimut bayi merk Scots ini saya beli dengan harga Rp. 80.000,- Penjaga tokonya sempat nawarin dengan harga Rp. 95.000,- lho! Makanya kalau beli di ITC Cipulir, pinter-pinter juga nawarnya, supaya bisa dapat murah. Tapi ya memang harganya nggak bisa turun jauh banget sih, karena mereka kadang juga nggak naikin harga tinggi-tinggi.

Bedong Bayi

Perlengkapan Bayi

Mudah-mudahan bedong ini nggak ngerepotin nantinya harus nyuci cepet-cepet, makanya saya beli setengah lusin lagi tambahannya, meski sudah beli saat belanja yang pertama kali. Harganya lumayan juga, bisa turun dari semula Rp. 170.000,- per lusin, menjadi Rp. 160.000,- per lusin.

Setelah saya buka dan cuci kemarin, ternyata bedong ini lumayan lebar. Ukurannya 120×90 cm dengan bahan kain flanel yang lembut. Di pencucian pertama sih warnanya nggak luntur ya, meski saya perhatiin tetangga-tetangga saya yang punya bayi, kainnya kok lama-lama jadi pudar ya motifnya.

Gurita Bayi

Perlengkapan Bayi

Ini juga beli tambahannya karena pesen Mama musti punya stok dua macam gurita. Yang pertama yang berukuran kecil buat new born, dan satu lusin lagi dengan ukuran yang agak besar. Saya sih nurut aja. Kemarin yang kecil dapat harga Rp. 28.000,- per lusin, ini yang berukuran besar dengan bahan yang lebih bagus dan halus, saya dapat dengan harga Rp. 40.000,- per lusinnya.

Topi dan Kaos Kaki Bayi

Perlengkapan Bayi

Perlengkapan Bayi

Waktu pergi belanja yang pertama, saya ke ITC Cipulir bersama dengan suami, yang ngasih masukan beli topinya nanti aja. Kemarin ini, belanja #3, saya berangkat sendirian. Kesempatan nih, belanja tanpa ada satpamnya, hahaha… Main comot aja 4 buah topi dan kaos kaki yang satu set-nya dapat harga Rp. 15.000,- Total harga jadi Rp. 60.000,- hihihi…

Handuk Bayi

Perlengkapan Bayi

Agak nyesel juga beli handuk bayi yang pertama, karena saya dikasih harga Rp. 35.000,- padahal harusnya harga eceranpun bisa sampai ke Rp. 28.000,- atau Rp. 30.000,-

Belanja yang sekarang, dengan kualitas yang jauh lebih baik, saya dapat harga Rp. 40.000,- cuma beda dikit doang harganya dengan yang pertama. Huh!

Popok Bayi

Perlengkapan Bayi

Sama seperti gurita yang disarankan Mama buat beli dua macam ukuran, masing-masing 1 lusin, saya kembali membeli popok kain dengan ukuran yang lebih besar. Harganya agak lupa saya, kalau nggak salah sih Rp. 60.000,- per lusinnya.

Bantal Peang Bayi

Perlengkapan Bayi

Bantal peang ini konon kabarnya kepake buat menyusui. Saya sendiri belom belajar sih soal fungsi dan kegunaan si bantal peang ini. Saya beli satu biji seharga Rp. 25.000,- Bahannya lembut, warnanya pink, hahaha… Ntar kalo dedek bayinya ternyata laki-laki, baru tau rasa!

Baju Bayi Lengan Panjang

Perlengkapan Bayi

Beli setengah lusin aja, karena baju yang tanpa lengan dan baju bayi lengan pendeknya juga sudah punya. Harga Rp. 40.000,- per setengah lusin.

Selesai juga nih nulis soal barang belanjaan keperluan bayi. Semoga saja berguna kalau ada calon ibu yang butuh referensi soal barang apa saja yang harus dibeli buat persiapan memiliki bayi. Saya sih nyaranin beli di ITC saja, karena baju dan perlengkapan bayi ini kepakainya cuma sebentar banget, jadi nggak perlu sampai harus beli yang kualitasnya bagus banget. Si dedek nantinya cepet gede dan dalam 3 bulan sudah harus diganti lagi dengan baju baru. Jadi yang lama harus dicuci dan disimpen buat calon adeknya lagi [kalau ada] atau dihibahkan buat orang lain.

Selamat berbelanja!

Persiapan Belanja Perlengkapan Bayi

Orang tua berdasarkan keyakinan yang diberikan secara turun-temurun menyarankan untuk berbelanja perlengkapan bayi setelah kandungan memasuki usia 7 bulan. Meski tak sepenuhnya percaya, nggak ada salahnya juga mengikuti anjuran tersebut. Buat saya, usia kandungan 7 bulan memang sudah tepat, karena jenis kelamin bayi sudah bisa diketahui dengan lebih jelas. Memang pada usia kehamilan 5 bulan saya telah melakukan USG 4 D [4 dimensi] dan dokter menyatakan jenis kelamin bayi saya perempuan, saya hanya ingin memastikan saja bahwa pada pemeriksaan selanjutnya sudah tidak ada lagi perubahan jenis kelamin bayi.

Dan berdasarkan hasil saya baca-baca beberapa situs, mereka juga menyarankan untuk persiapan berbelanja segala kebutuhan perlengkapan bayi hanya sampai usia 3 bulan saja.

Mengapa 3 bulan?

Perlengkapan Bayi

Selama 3 bulan pertama setelah melahirkan, ibu bayi masih diharapkan merawat bayinya dengan perhatian ekstra. Kegiatan berbelanja ke luar rumah yang menyita waktu dan tenaga sebaiknya tidak dilakukan terlebih dahulu. Dan untuk waktu selanjutnya, perlengkapan bayi bisa kita beli secara bertahap, menyesuaikan dengan tingkat pertumbuhan bayi kita. Jangan sampai baju yang sudah kita stok sejak lama, ternyata ukurannya sudah tidak muat lagi ya digunakan pada bayi kita. 😉

Apa saja persiapan perlengkapan bagi bayi yang baru lahir?

Ada banyak sekali item yang harus kita siapkan sebagai ibu yang akan segera memiliki bayi. Beberapa item mungkin sudah kita miliki karena ada barang “lungsuran” dari saudara atau keluarga. Tetapi, sebagian besarnya memang harus dibeli dan disiapkan sebelum bayi lahir.

Daftar perlengkapan yang dibutuhkan akan saya coba rinci sebagai berikut:

  1. Perlengkapan pakaian bayi. Item-item yang dibutuhkan seperti: satu set popok [mungkin perlu membeli beberapa lusin karena bayi pasti sering ngompol], baju bayi dan celana bayi [usahakan ada yang berupa lengan panjang, lengan pendek, tanpa lengan, celana panjang dan celana pendek], beberapa pasang kaos kaki dan kaos tangan bayi, beberapa pasang sepatu bayi, jaket, selimut, perlak, alas ompol, dan bedong bayi.
  2. Perlengkapan mandi bayi. Yang diperlukan oleh bayi untuk proses mandi diantaranya adalah: bak mandi, perlak, handuk bayi, 2 buah ember dengan tutupnya [sebagai tempat pakaian bayi yang kotor terkena ompol dan BAB], serta produk mandi seperti shampo bayi, sabun mandi bayi, baby oil, lotion, minyak kayu putih, minyak telon, bedak bayi, tissue basah dan lain sebagainya.
  3. Perlengkapan makan bayi. Biasanya untuk perlengkapan makan dijual dalam bentuk paket, tetapi bisa juga kita membelinya satu per satu. Ini bisa saja dibeli belakangan, karena jika kita memberikan ASI secara ekslusif pada bayi selama 6 bulan, maka perlengkapan makan ini tidak kita butuhkan selama 3 bulan pertama. Namun jika ASI bermasalah, dan bayi perlu untuk makan, maka perlu kita beli perlengkapan makan. Beberapa item yang akan kita butuhkan antara lain: mangkuk dan sendok kecil, slabber, serta blender untuk menghaluskan makanan.
  4. Perlengkapan tidur bayi. Kita akan membutuhkan boks bayi, kasur, bantal, seprei, perlak dan kelambu.

Di samping benda-benda yang telah saya sebutkan di atas, masih ada beberapa perlengkapan yang seharusnya kita miliki. Seperti termometer untuk mengecek suhu badan bayi. Kita memerlukannya karena bayi terkadang juga rentan sakit. Ada pula kereta bayi [stroller] yang mungkin kita butuhkan untuk membawa bayi jalan-jalan. Gendongan bayi juga vital karena saat ini sudah jarang yang menggendong bayinya menggunakan kain [jarik dalam bahasa Jawa]. Beberapa mainan bayi untuk usia 0-3 bulan juga perlu kita beli. Dan satu lagi, tas yang akan membawa semua perlengkapan yang kita butuhkan jika ke luar rumah.

Bagaimana soal harga? Berapa dana yang harus disiapkan untuk membeli perlengkapan bayi tersebut?

Nah, ini juga sebuah pertanyaan yang sulit. Karena biasanya ibu-ibu yang tengah mempersiapkan perlengkapan bayinya tidak membeli barang-barang tersebut sekaligus. Mencicilnya satu per satu hingga akhirnya tiba masa melahirkan. Dan tentu saja, harga barang-barang yang akan kita beli juga tergantung kualitasnya. Ada perlengkapan yang berharga mahal, ada juga yang murah. Sesuaikan dengan kondisi keuangan keluarga. Jika dana yang kita miliki terbatas, ya beli yang kualitasnya agak di bawah. Toh, penggunaan perlengkapan bayi tersebut tidak akan lama karena pertumbuhan bayi tentunya lebih cepat bila dibandingkan dengan orang dewasa.

Oke, saya akan cari-cari dulu ya perlengkapan buat bayi saya. Nanti ceritanya akan saya tulis di dalam artikel yang lain.