Bayi 3 Bulan Tengkurap, Menegakkan Kepala

Bayi 3 bulan tengkurap

Memperhatikan perkembangan bayi dari hari ke hari, minggu ke minggu dan bulan ke bulan, tak terasa dedek Diana sudah lewat 3 bulan usianya. Yeay! Apa saja nih yang sudah bisa dilakukan dedek Diana?

Dedek Diana sudah bisa mengangkat kepalanya saat badan ditengkurapin. Memang belum bisa tengkurap sendiri, tetapi dia sudah belajar mengangkat pantatnya dengan cara menjejak-jejakkan sebelah kakinya ke kasur, dan bokong di goyang-goyang supaya bisa muter badannya. Tapi berhubung badannya lumayan berat, sampai hari ini belum berhasil membalikkan tubuhnya sendiri ke posisi tengkurap.

Setelah muncul kemampuannya mengangkat dan menegakkan kepalanya sendiri saat ditengkurapin, hilang satu kebiasaannya selama ini: tidur ketika tengkurap. Dulu, sebelum bisa mengangkat kepalanya, dedek Diana biasa tidur sendiri saat tengkurap. Tidurnya bisa antara 30 menit hingga 1 jam. Nah sekarang, tengkurapnya paling lama cuma 5 menit, karena dedek Diana selalu mengangkat kepalanya, dan kalau sudah capek pasti menangis, tandanya harus segera dibalikin lagi ke posisi semula, telentang.

Saat tengkurap dan mengangkat kepalanya, dalam waktu singkat dia akan sendawa (glegekan), mengeluarkan udara yang ikut masuk saat menyusu. Menyendawakan dedek Diana jadi lebih mudah karena tidak perlu menggendong, mengangkat dalam posisi badan tegak sambil puk-puk punggungnya. Cukup membalikkan badannya saja ke posisi tengkurap, sekaligus mengajarinya menegakkan kepala.

Di foto itu dedek Diana juga dipakein sarung tangan, hal baru baginya, karena sejak lahir justru nggak pernah pakai sarung tangan. Ada dua alasan, yang pertama kukunya suka nyakar muka dan bikin luka. Yang kedua, jari tangannya bisa masuk semua ke dalam mulut, sambil ngorek-ngorek dan akhirnya bakalan gumoh.

Dalam waktu singkat, sarung tangannya juga bakalan basah karena digigitin, tapi lumayan berhasil mencegah kukunya beraksi menyakar muka sendiri. Kalau sudah berhasil digunting kukunya, baru deh sarung tangan bisa dilepas. Sekarang baru diajarin megang teether, supaya jarinya nggak digigitin lagi. Di tulisan selanjutnya saya cerita soal teether bayi ini ya. Tunggu aja. 😀

Bayi Mulai Belajar Tengkurap

Saya agak-agak khawatir sama dedek Diana. Dengan badannya yang berukuran agak jumbo, membuat dedek Diana sedikit malas-malasan untuk mulai belajar tengkurap. Padahal sewaktu usianya baru sekitar satu bulan, dedek Diana termasuk bayi yang lumayan aktif belajar memiringkan badannya dan mencoba untuk tengkurap.

Alhasil, saat ini dedek Diana baru bisa tengkurap kalo ditengkurapkan sama emaknya atau bapaknya. Tujuannya biar bisa keluar angin (sendawa) yang terbawa masuk saat menyusu. Setelah sendawa, biasanya ditelentangkan lagi.

Tapi saat saya mencari tahu, sebenarnya pada usia berapa bulan bayi mulai bisa tengkurap? Pada umumnya memang pada umur 3 bulan, atau di sekitar itu. Terlalu dini juga kalau saya berharap dedek Diana sudah bisa tengkurap, karena hari ini saja usianya baru masuk dua bulan setengah. Usia 3 bulan belajar tengkurap juga bukan patokan pasti, karena masih normal jika di usianya yang 4 bulan baru bisa, kebanyakan ya karena faktor kelebihan berat badan itu tadi yang membuat bayi lebih malas bergerak.

Bayi Tengkurap Dedek Diana

Meskipun belum bisa tengkurap, nggak ada salahnya kan, jika saya melatih bayi saya supaya bisa tengkurap? Caranya ternyata lumayan gampang. Miringkan badan bayi, dan biarkan dia mencoba sendiri menjatuhkan badannya ke posisi tengkurap. Memang sih, kadang bukannya bergerak sesuai dengan kemauan kita, tapi si bayi balik lagi ke posisi telentang, hehehe…

Bayi Tidur Tengkurap

Kalau sudah merasakan enaknya posisi tengkurap, bayi bisa langsung tidur lho. Bahkan ada bayi yang lebih senang tidur dalam posisi tengkurap. Meskipun ada kecemasan soal SID (kematian mendadak pada bayi) jika bayi tidur tengkurap, selama selalu kita awasi, saya pikir nggak ada masalah. Untuk tidur malam hari saya memang lebih memilih dedek Diana tetap pada posisi telentang. Berdasarkan yang saya baca, tengkurap bagi bayi disarankan sekitar 30 menit dalam satu hari.

Sayangnya, sampai saat ini dedek Diana belum mampu menegakkan kepalanya, karena lehernya belum bisa menyangga kepala dengan sempurna. Jadi, saat dibalik ke posisi tengkurap, kepalanya tetap berada di atas matras.

Mudah-mudahan 1 bulan lagi dedek Diana sudah mampu membalikkan badannya sendiri ke posisi tengkurap.