Bayi 16 Bulan Sudah Bisa Apa?

Diana sudah berusia 16 bulan saat ini. Orang bilang, disebutnya batita (bawah tiga tahun). Banyak perkembangan yang ada dibandingkan dengan saat usianya 15 bulan kemarin.

Perkembangan Bayi 16 Bulan

Batita berusia 16 bulan itu pengennya meniru. Apa saja. Mulai dari setrika baju sampai dengan menyapu dan mengepel lantai. Saya yang setrika bajunya lebih sering tengah malam atau pagi-pagi saat Diana belom bangun aja, kadang-kadang masih ketahuan juga pas lagi setrika, bayinya bangun. Cuma melihat sekali aja, dia langsung pengen niruin setrika baju. Halah.

Dari berat badan dan tinggi badannya, saya kurang tahu perkembangannya beberapa bulan terakhir ini (maaf, hihihi 😆 ). Terakhir nimbang sih, beratnya 12 kg dan tingginya 87 cm. Dilihat dari grafik pertumbuhan anak, itu sudah seukuran anak 2 tahun. Emang gede sih kalo dilihat posturnya. Continue reading “Bayi 16 Bulan Sudah Bisa Apa?”

Lokasi Favorit Batita Mengeksplorasi Rumah (Dan Bisa Membahayakan)

Rasanya kok sudah kurang tepat ya, memanggil bayi lagi ke Diana yang sekarang sudah 15 bulan dan hobi jalan ngiter-ngiter seluruh sudut rumah. Kayaknya lebih tepat mulai sekarang disebut BATITA (bawah tiga tahun) deh. Dan di usia batita, anak-anak mulai hobi mengeksplorasi setiap sudut rumah, karena menurutnya itu sangatlah menarik.

Semakin dilarang, membuatnya semakin penasaran. Saya sudah membuktikannya ke Diana. Kalau dipanggil namanya, dia bakal buru-buru berbalik badan menuju kita, tetapi dua detik kemudian (apalagi kalau kita lengah sedikit), udah ilang deh dia balik lagi ke tempat semula.

Apa saja lokasi favoritnya ‘mengacak-acak’ seisi rumah? Continue reading “Lokasi Favorit Batita Mengeksplorasi Rumah (Dan Bisa Membahayakan)”