Tabungan (Receh) Dedek Diana

Saya ingat dulu, waktu masih kecil, bentuk celengan saya sebelum mengenal bank adalah sebuah bambu yang dipotong satu ruas, dan dilobangi untuk tempat memasukkan uang. Itupun saya nggak bisa ingat berapa banyak isinya, karena yang mau ditabungpun nggak ada. Hahahaha. :mrgreen:

Sekarang, bentuk investasi sudah bermacam ragam, tidak hanya sekedar menabung di bank dan celengan, meski dua macam itu saya yakin masih yang terbanyak dilakukan orang.

Niat awal, belum mau ngajarin Diana nabung sih, wong duit aja rencananya memang belum mau dikenalin secara dini. Tapi apa daya, karena anaknya sudah kenal konsep jajan, ya mau nggak mau juga harus segera tahu konsep menabung.

Beli celengan ini Diana sendiri yang milih, saat perjalanan balik ke Jakarta dari mudik di kampung halaman. Di daerah alas roban, saya berhenti di sebuah mini market untuk membeli minum. Diana yang sudah bisa berbelanja, memasukkan angry bird merah ini ke dalam keranjang. Ya sudah, meski hitungannya mahal kalau dibandingkan isi makanan yang didapat di dalamnya, toh benda ini masih bisa difungsikan untuk menabung.

Tabungan (receh) Diana Wahyudi

Jadilah saya mulai mengajari Diana untuk memasukkan uang logam yang kami punya ke dalam celengan. Mungkin dia juga belum sepenuhnya mengerti sih, kalau kegiatan itu namanya menabung, yang pasti anaknya merasa senang jika berhasil memasukkan receh ke dalam angry bird.

Dari bulan Juli 2013 hingga bulan Maret 2014 (8 bulan) ini, sudah terkumpul uang sejumlah 200 ribuan. Yang saya hitung hanya yang pecahan 500 dan 1.000 rupiah saja, sedangkan yang pecahan 100 dan 200 rupiah, saya singkirkan, saya simpan dalam kantung plastik, entah buat apa nantinya.

Uang hasil menabung ini rencananya akan saya belikan sebuah sepeda kecil untuk Diana. Survey di beberapa situs online sih, harganya di kisaran 1 juta rupiah ya. Jadi masih kebayang harus nombok berapa banyak itu emak bapaknya.

Nggak papa, yang penting anak sudah ngerti, kalau punya uang, tidak harus selalu dipakai jajan. Kadangkala harus dimasukkan ke dalam angry bird juga. 😀

Tulisan ini sudah 2,952 kali dibaca

4 thoughts on “Tabungan (Receh) Dedek Diana

  1. Keren banget. Kayaknya aku harus membedah isi celengan Globe ku yg beli di gramedia deh, isinya sudah penuh. Sudah susah dimasukin duit lagi. Haha.. tapi karena ruangnya kecil, jadi paling gak ada 50 ribu. Pernah dulu pas penuh aku itung isinya cuma 25 ribu sekian hahaha..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *