Sudah Bisa Telentang Sendiri Bayi Saya

Hurrayyy! Hari ini untuk pertama kalinya dedek Diana bisa membalikkan badannya dari posisi tengkurap ke posisi telentang tanpa bantuan. Yap, memang masih ada PR yang harus saya kerjakan, melatihnya untuk bisa tengkurap sendiri, karena sampai sekarang masih belum bisa dilakukannya tanpa bantuan orang lain.

Saya jadi pengen nulis random, apa saja yang sudah bisa dan belum dilakukan oleh dedek Diana. Orang menyebutnya milestone kali ya…

Di usianya yang sudah 5 bulan ini, dedek Diana sudah bisa:

Bayi Memegang Kaki

Tertawa terbahak-bahak. Kalau diajak ketawa, dedek Diana paling jagonya. Hampir sebagian besar video yang berhasil saya rekam adalah ketika dia tertawa terbahak-bahak. Terkadang bisa tertawa sendiri, terkadang harus digoda terlebih dahulu.

Ngoceh beberapa macam suku kata. Yang sering terdengar adalah kata ta-ta-ta, meski awalnya lebih dulu bisa menyebutkan kata je-je-je. Kalau sudah ngoceh sendiri, bisa lamaaaa banget. Saya juga sering mendokumentasikannya di video.

Mampu menopang dengan tangan ketika ditengkurapkan. Dedek Diana sudah kuat sebenarnya leher dan tangannya. Ketika dalam posisi tengkurap, dia bisa menaikkan dadanya dan menahan tangannya. Yang saya heran, kenapa belum bisa berguling sendiri ya, membalikkan badannya ke posisi tengkurap? Tapi saya belum begitu risau. Saya yakin, dalam waktu sekitar satu minggu mendatang, sudah mampu.

Duduk dengan disangga. Kepalanya sudah kuat, bisa didudukkan tegak dan stabil dengan ditopang emak atau bapaknya sebagai sandaran. Sudah dilatih untuk dilepas sendiri selama beberapa detik juga, dan bisa. Tangannya sudah bisa menyangga dengan berpegangan pada matras.

Memegang benda dengan kuat. Bisa dicoba dengan tangan saya yang dipegang, lalu saya tarik dan Diana berusaha mempertahankan dengan memegangnya erat-erat. Memegang tangannya sendiri juga bisa. Kadang dia menggenggam tangannya sendiri dan memasukkannya ke dalam mulut. Memegang boneka dan menggoyang-goyangkannya juga sudah bisa.

Senang melihat dirinya di kaca. Kalo digendong dan dihadapkan di depan kaca, senyum-senyum deh. Dedek Diana juga sangat antusias jika melihat fotonya di layar HP atau iPad. Juga antusias banget kalau melihat video dirinya yang lagi ngoceh, sampai bibirnya monyong-monyong sendiri karena mengenali suaranya di dalam HP.

Bayi saya belum bisa:

Makan. Yaiyalah. Kan masih 5 bulan. Jadi belum dikasih makan. Masih full asi. Nunggu 3 minggu lagi baru dikasih MPASI. Emaknya udah lupa lagi yang sudah dipelajari soal MPASI, karena masih galau mau masak sendiri atau pakai yang instan saja, karena tenaga bikin makanan bayi ini pasti juga nggak sedikit.

Menengok kalau dipanggil namanya. Umur-umur segini seharusnya sudah mulai mengenali dan mencari sumber suara. Saya sering memutarkan lagu atau video, lalu menggoyangkan HP ke sebelah kanan lalu ke sebelah kiri telinganya, dan dedek Diana mengikuti. Tapi saya menduga itu karena gerakan tangan saya melewati depan mukanya. Jadi dia mengikuti gerakan, bukan mengikuti sumber suara. Karena ketika saya panggil namanya dari sisi lain, terkadang dia belum mengikuti. Kecuali saya memang sudah lama tak terlihat olehnya (mandi atau di dapur) dan dia mencari sendiri keberadaan saya.

Memindahkan benda dari tangan satu ke tangan lainnya. Atau mungkin sudah bisa sih, tapi saya belum pernah melihatnya sendiri.

Udah, ini dulu deh catatan saya tentang perkembangan Diana. Semoga berguna juga buat mama-mama lainnya yang mungkin membutuhkan informasi soal milestone bayi 5 bulan.

Related Post

Tulisan ini sudah 8,888 kali dibaca

10 comments on “Sudah Bisa Telentang Sendiri Bayi Saya

  1. wah, aku ikutan jadi saksi perkembangan dik diana..

  2. dek Sindhung udah mulai merayap 🙂

    • isnuansa on said:

      Whaaaa, pasti lucu ya.. Diana agak terlambat, karena badannya kegedean kali ya, 9 kilogram lebih dengan panjang 72 cm. 😆

  3. ian on said:

    lucu sekali baby nya

  4. ian on said:

    saya klo liat baby2…. kok jadi tenang ……mereka2 masih bersih………hehe, itu pipinya tembem,,,,,

  5. dya on said:

    Mbakk…aq jg ngalamin serupa nii…anakku yg kedua skrg pas 4bln,bbnya 8,2kg…
    Dia blm bs mengkurep sendri,tp klo dibalik emaknya udh bs tegak kepalanya dan bs nopang tbuhnya pke tgn…
    Agak khwtr ni, krna si kakaknya dlu umur sgtu udh bs guling2…
    Tp stelah liat tulisan mbk ini,jd gk khwtr lg…hihihihi…
    Salam kenal mbk Diana cantik…:-)

    • isnuansa on said:

      Hehe, makasih, Mbak.

      Masih 4 bulan nggak papa belum bisa tengkurap. Diana bulan ke 5 belum bisa tengkurap sendiri.

  6. dya on said:

    Iya mbk, tapi was was aja ni..hehehee..
    Trus Diana bs tengkurep umur brp mbk?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

12,263 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>