Suamiku, Ayah Luar Biasa!

Zwitsal Ayah Luar Biasa

Ini gambar suami saya saat memandikan Diana yang berumur 35 hari. Sejak awal, saya dan suami sudah sepakat, bahwa merawat bayi ini harus bisa dilakukan bersama-sama. Nggak cuma memandikan, membersihkan bayi yang buang air besar pun saya minta suami bisa dan mau melakukannya. Satu-satunya yang nggak bisa dilakukan suami hanyalah menyusui bayi.

Saat suami belajar memandikan bayi, nggak banyak teori yang saya ajarkan. Saya pun belajar memandikan bayi dari mama saya dan adik saya yang seorang perawat. Pada hari-hari awal, Diana dimandikan oleh simbahnya dan tantenya. Saya dan suami memperhatikan untuk belajar step-stepnya. Setelah itu, langsung mengambil alih kewajiban kami sebagai orang tuanya.

Nggak perlu ada rasa takut bayi bakalan jatuh atau tercebur. Proses memandikan bayi ini gampang banget kok, kalau niat mau belajar. Perlu diketahui beberapa hal yang harus disiapkan sebelum memandikan bayi diantaranya adalah air dalam bak mandi tidak penuh, hanya setengahnya supaya tidak tumpah. Suhu air juga jangan terlalu panas, bisa diukur dengan punggung tangan bagian persendian.

Cemplungin ke dalam bak mandi dari kakinya dulu, ya, supaya bayi nggak kaget. Jangan lupa pakai shampo. Trus, kalau bayinya perempuan, bersihin kemaluannya dari depan ke belakang untuk mencegah infeksi. Siapkan handuk dan pakaikan minyak telon, baby powder, baby lotion dan baby cologne biar wangi. Gampang, kan?

(Teman-teman bisa membaca cara melakukan Baby Spa dan manfaatnya untuk mencapai kecerdasan majemuk.)

Menjadi Ayah Luar Biasa

Saat datang ke acara Zwitsal “Suamiku Ayah Luar Biasa!”, suami saya ‘dikerjain’ sama Dian Sastro. Katanya tangannya kaku banget sewaktu diminta praktek mandiin bayi. Hahahaha! Suami saya mah tangannya kaku bukan karena nggak bisa mandiin bayi, tapi pasti karena grogi tangannya dipegang sama Dian yang cantik. *ketawa ngakak lagi*

 

Anyway, dari acara “Suamiku, Ayah Luar Biasa!” tersebut saya setidaknya jadi tahu dan bersyukur, karena hanya 9% saja ayah yang mau memandikan bayinya. Suami saya masuk yang 9% itu deh. Hore!

Tetapi sebagai blogger saya masih punya tugas untuk berpartisipasi mengedukasi ayah-ayah di luar sana (91% sisanya) yang belum berani memandikan bayinya. Supaya semua mengerti bahwa peran aktif ayah dalam merawat anaknya di periode emas 0-4 tahun itu banyak banget manfaatnya.

Lihat deh foto saat ayah memandikan Diana di atas. Diana fokus melihat muka ayahnya kan? Menurut Anne Gracia (praktisi Neurosains Terapan), saat mandi, membantu bayi untuk fokus. Inilah cikal bakal kemampuannya nanti saat sudah bersekolah, anak dapat berkonsentrasi pada penjelasan gurunya.

Perhatian dan fokus bayi ke ayah terbantu oleh frekuensi suara ayah yang cenderung lebih rendah dari suara ibu. Frekuensi suara yang rendah ini memberikan efek menentramkan dan rileks pada bayi.

Zwitsal Suamiku Ayah Luar Biasa

Untuk memandikan bayi, teman-teman bisa gunakan Zwitsal Classic Baby Bath, Zwitsal Classic Baby Shampoo dan Zwitsal Classic Baby Powder yang kini hadir dengan formula baru yang ekstra lembut dan teruji hypo-allergenic.

Produk-produk Zwitsal terbaru ini diluncurkan sebagai dukungan dalam kampanye Suamiku, Ayah Luar Biasa. Rika Sandi, Brand Manager Zwitsal menjelaskan bahwa kampanye “Suamiku, Ayah Luar Biasa” dilakukan untuk memberikan edukasi akan manfaat keterlibatan ayah dalam merawat si kecil.

Peran serta aktif ayah nggak cuma bisa dilakukan saat mandi saja lho. Ada kegiatan berkualitas lainnya seperti Pijat Sehat, Sentuhan Hangat dan Segar, dan Harum Terawat.

Pijat Sehat

Pijat sehat ini tujuannya menstimulasi kematangan saraf bayi agar mampu mendukung proses belajarnya kelak. Pijat sebagai metode perawatan tubuh bayi menjadi stimulus taktil melalui pemberian sentuhan dan tekanan, sementara menggunakan gerakan anggota tubuh pada jaringan lunak (kulit, otot, saraf), akan memberikan efek relaksasi dan melancarkan peredaran darah dan peredaran limfa (getah bening).

Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap sistem metabolisme tubuh dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh si kecil agar tidak mudah terserang penyakit. Dalam melakukan Pijat Sehat, gunakan Zwitsal Classic Baby Oil yang menutrisi dan menjaga kulit si Kecil agar tetap lembut.

Sentuhan ayah akan dirasakan berbeda oleh bayi yang biasanya merasakan elusan ibunya saat dipijat. Jangan takut ketika bayi menangis saat dipijat oleh ayah ya, itu tandanya si bayi mengenali, bahwa yang memijat bukanlah ibunya.

Mandi Ceria

Mandi ceria bertujuan mendukung kebersihan bayi sekaligus menutrisi dan memelihara kulit dan rambutnya. Mandi Ceria juga merupakan stimulus vestibular. Menurut pandangan neurosains, pada periode awal setelah lahir Si Kecil tetap memerlukan perasaan dan suasana ayunan air seperti dalam kandungan. Kondisi ini bermanfaat untuk mempertahankan sensitivitas sistem vestibular (kemampuan keseimbangan pada berbagai landasan bertumpu) Si Kecil agar tetap aktif.

Mandi Ceria juga memberikan stimulus bagi pembuluh darah bayi karena di saat melakukan Mandi Ceria terjadi perubahan suhu di luar dan di dalam tubuhnya yang akan merangsang sensitivitas pembuluh darah kapiler (bagian ujung saraf di permukaan kulit).

Suamiku Ayah Luar Biasa Zwitsal

Dalam melakukan Mandi Ceria, gunakan Zwitsal Classic Baby Bath, Zwitsal Classic Baby Shampoo yang praktis dan cocok untuk bayi sejak baru lahir karena telah teruji Hypo-Allergenic.

Ayah bisa memandikan bayinya sambil menyanyikan lagu, mengajaknya berkomunikasi atau sambil ditemani dengan alunan musik yang lembut.

Sentuhan Hangat dan Segar

Langkah ini dapat memberikan memberikan kehangatan pada bayi setelah mandi dan memperlancar peredaran darah di area perut dan dada, yang memberikan kesempatan bagi metabolisme tubuh untuk bekerja lebih baik.

Zwitsal Natural Minyak Telon dengan bahan-bahan alami memberikan kehangatan bagi si Kecil  setelah mandi, mencegah dan membantu meredakan perut kembung dan memberikan keharuman khas bayi.

Zwitsal Classic Baby Powder menjaga agar kulit si Kecil tetap sehat dan halus dan memberikan keharuman segar yang tahan lama.

Harum Terawat

Dilakukan untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut si Kecil dengan keharuman khas bayi Zwitsal yang tahan lama. Bau harum juga merupakan stimulus olfaktori (bagi indera penciuman) yang akan membantu menstimulasi area pengendali emosi di otak.

Dengan memberikan keharuman pada tubuh bayi, saraf-saraf akan terstimulasi dengan baik dan membantu otak bekerja sempurna mengatur keseimbangan tubuh, emosi pun juga akan terkendali. Zwitsal Classic Baby Hair Lotion membantu rambut Si Kecil tumbuh hitam dan lebat, menutrisi rambut dan memberikan keharuman yang tahan lama.

Zwitsal Classic Baby Lotion dengan pelembab alami Canola Oil dan Jojoba Oil melembabkan dan menjaga kulit si Kecil tetap halus dan lembut. Formulanya lembut dan mudah diserap kulit. Setelah selesai, oleskan Zwitsal Classic Baby Cologne di tubuh dan baju Si Kecil dengan keharuman khas bayi Zwitsal.

Ikutan tantangan sejuta menit Zwitsal, yuk!

Nah, para ayah yang memiliki bayi, mulai sekarang bisa ikut memandikan bayinya. Sayang lho, kalau sampai melewatkan kesempatan meningkatkan kedekatan emosional antara ayah dengan bayi, sekaligus menstimulasi sistem vestibular bayi.

Mumpung Zwitsal lagi menantang para ayah buat mengabadikan moment-moment bersama bayinya nih. Saya juga sudah ikutan. Tinggal meluncur aja ke website Zwitsal. Nanti ayah diminta upload foto sedang menjemur bayi, memandikan bayi, memakaikan baju, membuatkan makan, memberikan makan, meninabobokan bayi, dan lain sebagainya.

Setiap kali ayah upload foto kegiatan dan memberikan deskripsinya, akan ada menit-menit yang diakumulasikan. Setiap menit akan sangat berarti hingga nantinya akan terkumpul satu juta menit ayah luar biasa.

Tantangan satu juta menit ayah luar biasa ini hadiahnya juga luar biasa. Ada 3 pemenang utama paket produk untuk 1 tahun ditambah voucher Bilna sebesar Rp. 500.000,- untuk masing-masing pemenang. Juga ratusan paket untuk yang bisa mencapai 500 menit pertama, 700 menit pertama, 1.000 menit pertama dan juga challenge tiap minggunya khusus di hari Sabtu dan Minggu.

Saya udah ikutan. Sudah selesai challenge 1.000 menit pertama. *nunggu hampers dari Zwitsal* Teman-teman juga bisa lho. Yuk!

Related Post

This entry was posted in Info.
Tulisan ini sudah 5,884 kali dibaca

9 comments on “Suamiku, Ayah Luar Biasa!

  1. anak saya yg kecil udah 3 tahun lebih..ga bisa ikut yaa

  2. bahagianya yg punya suami dan ayah luar biasa 🙂 *kaleeeem*

  3. Wah hebat suaminya mau mandiin bayi, suamiku nggak berani kalo mandiin bayi, gendong2 aja biasanya hihi 🙂

  4. waduh….seru juga itu, nanti kalau sempet mau ikutan…., mandiin anak, nyuci botol, itu sudah biasa dilakuin suami saya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

11,286 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>