Stok ASIP Di Freezer Berkurang

Sudah sebulan setengah saya meninggalkan dedek Diana bekerja kalau siang hari. Sekarang mau ngereview tentang proses memerah asi dan jumlah stok ASIP yang ada di kulkas. Oiya, sebelumnya saya mau kasih tau dulu kalau ASIP yang saya miliki disimpan di kulkas satu pintu ya. Soalnya kemarin ada yang tanya, cukup baikkah menyimpan ASIP di dalam kulkas dua pintu? Cukup banget, lha wong kulkas saya Samsung satu pintu aja bisa…

Bayi Cantik Tertawa

Hari pertama saya masuk kerja lagi setelah cuti melahirkan, saya memiliki 26 botol ASIP di dalam freezer. Stok yang sangat cukup buat saya meninggalkan bayi bekerja tanpa harus kejar tayang memerah asi. Hari ini saya hitung lagi jumlahnya tinggal 21 botol di dalam freezer. Kenapa?

Ini dia penyebabnya:

Botol ASIP Pecah

Penyebab pertama, ada botol ASIP yang pecah. Saya merasa sayang membuang beberapa mililiter ASIP yang berhasil saya perah, sehingga saya paksakan saja memasukkan semuanya ke dalam satu botol. Sekali perah di kantor biasanya saya mendapatkan 2 botol @100-120 ml. Terkadang, hasil perahan berlimpah hingga @130 ml bahkan lebih. Sayang sekali ya membuang 10-30 ml ASIP, sedangkan tanggung banget kalau memasukkannya ke dalam satu botol kosong lagi.

Pengalaman botol ASIP yang pecah ini membuat saya tak sayang lagi membuang beberapa tetes ASIP demi mendapatkan ukuran yang pas untuk disimpan di dalam freezer. Kalau membaginya ke dalam 2 botol dari 130 ml menjadi @65 ml, justru akan menyita banyak tempat di dalam freezer, sedangkan kulkas saya adalah kulkas satu pintu dengan ukuran freezer yang tak begitu lapang. Sayang tempatnya. Lagipula, 100-120 ml itu sudah ukuran pas dedek Diana sekali ngedot.

Penyebab kedua, saya pernah satu hari ketinggalan tuas breast pump. Koookk bisaaa? Perasaan saya nggak pernah misah-misah kalau naruh bagian-bagian breast pump. Ternyata ada satu bagian yang lupa saya masukkan ke dalam cooler bag setelah habis dicuci. Malapetaka deh!

Biasanya dalam sehari saya memerah asi dua kali di kantor dan mendapatkan empat botol, hari itu cuma dapat 1 botol. Itupun terpaksa saya memerah karena payudara rasanya sudah mau meletus dan sakiiit banget. Pengetahuan saya marmet nggak ada. Jadilah saya akali breast pump itu dengan menarik tuas secara manual dengan tangan. Haduh, susah dan nggak nyaman. Asi jadi netes-netes ke mana-mana, dan terpaksa saya biarin aja, yang penting keluar. Lumayanlah ya, masih dapet 1 botol, jadi defisit 3 botol.

Penyebab ketiga, saya pulang cepet dari kantor, dan dedek Diana nggak mau ngedot kalau ada emaknya. Saya biasa pulang dari kantor jam 17.30. Kalau lagi lancar, jam 18.00 sudah bisa di rumah. Kalau macet, ya kira-kira paling lama 18.30. Tapi terkadang saya pulang lebih cepet dari biasanya. Kalau sampai rumah jam 15.00, biasanya susu dedek Diana masih 1 botol yang belum diminum. Berhubung itu sudah dicairkan dari freezer, berarti harus habis diminum hari itu juga.

Lagipula, sayang juga kan kalau harus buang-buang ASIP? Saya coba ngasih susu itu pakai botol dot. Dedek Diana malah langsung nangis. Kroncal-kroncal kalau kata orang Jawa. Ya sudah, akhirnya ASIP yang masih sebotol penuh itu dibuang sia-sia deh.

Sungguh dilema. Kalau mau pulang cepet, bisa ketemu sama anak, harus mbuang susu. Padahal kan kalau kerjaan sudah beres, pengennya ya tiduran di rumah sambil ngekep bayi…

Nah, berkurangnya ASIP saya di freezer ini belum bisa saya tambahin lagi stoknya, karena saat week end di rumah, Diana minumnya kenceng banget. Asi nggak sempat diperah sudah kosong. Nggak papa deh, bentar lagi kan Diana sudah mau 5 bulan. Mudah-mudahan sebulan ke depan, hingga dedek Diana lulus asi ekslusif, stok ASIP saya masih memadai jumlahnya.

Kebodohan pertama dan kedua penyebab berkurangnya ASIP nggak akan saya ulangi lagi. Kalau penyebab yang ketiga, ya bisa jadi tetep saya ulangi, karena itu kan bukan sepenuhnya kesalahan yang disengaja sehingga membuang-buang ASIP percuma.

Related Post

2 comments on “Stok ASIP Di Freezer Berkurang

  1. rara on said:

    Itu asipx bisa bertahan brapa lama di freezer kulkas dg satu pintu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

7,811 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>