Resep Susu Kedelai dan Sari Kacang Hijau

Berikut ini adalah resep dua minuman paling sederhana yang berhasil saya buat dengan Philips Soy Milk Maker. Dua-duanya gampang banget, dan akan saya bagi resepnya di tulisan ini.

Resep susu kedelai dengan Philips Soy Milk Maker

Bahan:
Kedelai satu cangkir
Gula merah sesukanya 🙂
Garam sepucuk sendok teh
Jahe sepotong, bersihkan
Air secukupnya

Cara membuat susu kedelai:
1. Rendam kedelai semalaman. Sebenernya kalaupun nggak direndam dulu juga nggak papa sih, si Philips Soy Milk Maker ini kuat buat ngancurinnya. Cuma setahu saya, kedelai itu ada zat apaaa gitu yang beracun, makanya harus direndam dulu buat ngilanginnya. Dan rasa susu kedelainya juga pasti lain kalau direndam dulu, jadi nggak langu. Jadi ya rendam aja sebaiknya kalau mau enak. Cuci bersih setelah itu tiriskan.
2. Masukkan kedelai ke dalam Philips Soy Milk Maker, tambahkan gula sesukanya (tapi ya sebaiknya jangan manis-manis sih kalau mau lebih sehat), garam dikiiit, sama jahe biar wangi. Tambahin air sampai batas maksimal, biar hasilnya banyak.
3. Pencet tombol pilihan soy milk, start. Setelah itu, bisa ditinggal mandi, sarapan, atau ngeblog, bebas deh. Setengah jam kemudian akan terdengar bunyi bip bip bip, tanda susu kedelainya sudah mateng. Matikan alatnya, trus saring deh susu kedelainya.
4. Minum selagi hangat, nikmat deh. Kalau mau yang dingin, juga bisa tunggu dan masukin ke kulkas. Kuat 3 harian disimpen.

Itu saya bikin semua bahan dicemplungin barengan jadi satu, karena menurut saya hasilnya lebih enak dibandingin dengan gula ditambahkan belakangan. Nah kalau sudah mateng dan dirasa masih kurang manis, baru deh, tambahin gula pasir dikit.

Resep yang kedua, sari kacang hijau dengan Philips Soy Milk Maker

Prinsipnya sih, hampir sama dengan membuat susu kedelai, cuma bahannya saja yang beda, yaitu kacang hijau. Kenapa ya, sebutannya sari kacang hijau, bukan susu kacang hijau? Hehehehe. Rasanya, nggak kalah dengan sari kacang hijau dalam kemasan kotak siap saji yang banyak dijual di mini market. Cuma, kita bisa kurangi manisnya. 😉

Bahan:
Kacang hijau satu cangkir
Gula merah sesukanya 🙂
Garam sepucuk sendok teh
Jahe sepotong, bersihkan
Air secukupnya

Cara membuat susu kedelai:
1. Rendam kacang hijau semalaman. Jangan kelamaan ya, nanti tumbuh jadi kecambah. Cuci bersih setelah itu tiriskan.
2. Masukkan kacang hijau ke dalam Philips Soy Milk Maker, tambahkan gula sesukanya, garam dikiiit, sama jahe biar wangi. Tambahin air sampai batas maksimal, biar hasilnya banyak.
3. Pencet tombol pilihan soy milk, start. Setelah itu, bisa ditinggal mandi, sarapan, atau ngeblog, bebas deh. Setengah jam kemudian akan terdengar bunyi bip bip bip, tanda sari kacang hijaunya sudah mateng. Matikan alatnya, trus saring deh.
4. Minum selagi hangat, dijamin nikmat! Kalau mau yang dingin, juga bisa tunggu dan masukin ke kulkas. Kuat 3 harian disimpen.

Sebagai penyuka bubur kacang hijau, suami saya lebih seneng dibikinin sari kacang hijau dibandingin dengan susu kedelai. Saya juga lebih seneng bikin sari kacang hijau, karena bersihin Philips Soy Milk Maker lebih gampang kalau bekas bikin sari kacang hijau dibandingin bikin susu kedelai. Urusan nyaring, sebaliknya, lebih enak nyaring susu kedelai. 😉

Yuk, ada yang tertarik beli Philips Soy Milk Maker dan bikin susu kedelai sendiri?

Tulisan ini sudah 26,344 kali dibaca

4 thoughts on “Resep Susu Kedelai dan Sari Kacang Hijau

  1. Mau tanya dong, kalo susu kedelai sama kacang ijo yang instant itu bagus ngga sih buat kesehatan? Makasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *