Ikutan Project Sunlight Yuuukk!

Hah!? Project Sunlight? Kita lagi ngomongin sabun cuci piring, ya?

Bukaaannn. Ini beda lagi, Kak. Bukan sabun cuci piring yang mau saya bahas. Project Sunlight ini adalah programnya Unilever yang fokusnya pada masa depan sehat. Kenapa kesehatan begitu penting? Karena kesehatan adalah hak setiap anak dan modal awal untuk bisa melakukan berbagai hal dalam menggapai mimpinya.

Nggak kebayang kan, gimana anak kita bisa konsentrasi belajar, di saat giginya sakit? Atau lagi diare. Atau penyakit-penyakit yang timbul akibat kondisi sanitasi yang buruk seperti cacingan, demam berdarah, tipus, hepatitis dan polio?

Ngomongin soal sanitasi dan air bersih ini nggak usah jauh-jauh deh. Di rumah saya itu kadang air jadi masalah besar banget. Saya kan nggak punya sumur sendiri. Masih langganan air sama PALYJA. Sering kali air mati sampai lebih dari 24 jam non stop. Gimana mau bisa hidup bersih coba kalau air saja sampai nggak ada? (Untungnya cepet beres begitu saya kirim email ke Pak Ahok!)

Makanya saya bisa memahami banget gimana perasaan ibu-ibu dan anak-anak di Sumba, termasuk di Flores Timur sana yang setiap harinya perlu berjalan kaki puluhan kilometer demi mendapatkan air.

Nggak heran, kalau data menunjukkan hanya sekitar 47% masyarakat Indonesia mencuci tangan dengan benar dan hanya sekitar 2,3% masyarakat Indonesia menyikat gigi dengan benar.

A photo posted by Mia Fauzia (@miafauzia_) on

Fakta-fakta tersebut baru saya ketahui di acara “Unilever Project Sunlight Berfokus Pada Gagasan Anak Untuk Dukung Masa Depan Sehat”, yang didukung oleh MommiesDaily.Com tanggal 15 November 2014 di Female Daily HQ, Jalan Kemang Raya No. 2 Jakarta Selatan.

Contoh sanitasi yang tidak layak itu seperti apa sih?

Sanitasi Buruk di Indonesia

Gambar diambil dari sini.

Nah, tuh! Gimana mau sehat dan punya masa depan cerah ya anak-anak kita nantinya, kalau lingkungan tempat tinggalnya seperti itu?

Masa depan anak Indonesia yang lebih cerah itu bisa dicapai kalau kesehatan mereka terjamin. Tetapi faktanya, ribuan anak menderita atau meninggal karena penyakit yang sebenarnya dapat dicegah. Penyebab utama dari munculnya penyakit itu adalah kesulitan mendapatkan akses sanitasi yang layak dan air minum yang higienis dan bersih.

Itulah sebabnya, kita bisa ikutan memberikan gagasan melalui Project Sunlight untuk memperbaiki kondisi sanitasi di Indonesia agar lebih memadai.

Gosok Gigi di Sungai

Sumber gambar dari sini.

Apa yang bisa kita lakukan untuk mendukung Project Sunlight ini?

Setidaknya ada empat hal yang bisa sama-sama kita lakukan. Yuk, mari kita lawan sikap apatis, dan mulai peduli dengan masa depan anak Indonesia. Nggak berat kok, ngelakuinnya. ๐Ÿ˜‰

Menulis Ide Untuk #BrightFuture

Dengan memberikan ide #BrightFuture melalui website Project Sunlight di sini, Unilever akan mendonasikan Rp 1.000,- (seribu rupiah) untuk program edukasi dan fasilitas sanitasi bagi anak-anak di Sumba, NTT.

Menonton Video Inspirasional

Kalau kita nonton video ini satu kali, Unilever akan mendonasikan Rp 100,- (seratus rupiah). Biar dana yang didonasikan buat mendukung masa depan anak Indonesia makin gede, ya tugas kita selanjutnya menyebarkan dan mengajak orang lain buat ikutan nonton. Kayak saya nih, nulis di blog ini. Biar yang baca tulisan ini saya paksa ikutan nonton videonya.

Menjadi Relawan #BrightFuture

Punya waktu satu hari? Yuk, daftar menjadi relawan #BrightFuture. Atas nama satu relawan, Unilever akan menyumbangkan Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah) untuk masyarakat Sumba NTT.

Relawan #BrightFuture akan mengedukasi langsung siswa Sekolah Dasar (SD) tentang sanitasi seperti bagaimana mencuci tangan dengan efektif, menyikat gigi dengan benar, dan menjaga kebersihan toilet dengan teratur. Edukasi mengenai sanitasi merupakan awal yang penting untuk dapat menciptakan kebiasaan yang baik.

Berbelanja Produk Unilever di Lotte Mart

Ada 3 brand Unilever yang bisa membuat kita berdonasi secara otomatis untuk masyarakat Sumba NTT sebesar Rp. 1.000,- (seribu rupiah) demi perbaikan kualitas sanitasi di sana. Setiap kali berbelanja Lifebuoy, Pepsodent, dan Domestos di Lotte Mart, berarti kita mendukung Project Sunlight yang akan membuat program edukasi dan penyediaan fasilitas sanitasi di wilayah Sumba NTT. Info tentang project sunlight ini bisa juga didapatkan di fanpageย Unilever.

Selain keempat aksi di atas, dukungan kita terhadap tercapainya sanitasi yang lebih baik dapat diwujudkan melalui aksi sederhana penerapan perilaku hidup bersih secara konsisten seperti:

  • Memilah sampah organik dan non-organik di rumah
  • Menggunakan produk sekali bilas saat mencuci pakaian untuk menghemat air
  • Tutup keran saat menyikat gigi dan menggosok piring dengan sabun, supaya air tidak terbuang percuma
  • Menggosok gigi dengan benar, yaitu setelah makan pagi dan sebelum tidur
  • Menjaga kondisi toilet agar selalu higienis

Kita bisa mulai memberikan edukasi ini kepada lingkungan terdekat kita terlebih dahulu, yaitu anak. Berikan contoh dan teladan, dan lakukan dengan cara yang menyenangkan, bukan memaksa.

Gimana? Tertarik bergabung? Apa idemu untuk #BrightFuture?

 

Tulisan ini sudah 4,451 kali dibaca

9 comments on “Ikutan Project Sunlight Yuuukk!

  1. tertarik banget mbak apalagi bisa sekalian berbagi

  2. waaah… nullisnya udah lamaa, aku baru berkunjung, haha. nyarinya di tempat yang salah soale, nyari di blogmoomma ๐Ÿ˜€

  3. Mb, sy sering diminta 1000 rupiah utk donasi klu belanja di In** Ma*t atau di Al**a Ma*t. Tanyain dong apa ini termasuk donasi yg digalang oleh Unilever. Bukan soal keberatannya tp pengen tau aja arahnya ke mana… Makasih..

    • isnuansa on said:

      Enggak, Mbak. Unilever dalam hal ini kerjasamanya dengan Lotte Mart saja. Kalau yang itu saya nggak tahu ya, Maafff…

  4. imal fathiyah on said:

    bagaimana cara gabung untuk jadi relawan mbak…
    saya dari medan….

    • Hai Fathiyah,

      Di atas sudah saya beri link di cara mendaftar menjadi relawan. Silakan diklik, nanti menuju ke website Project Sunlight.

      Di bagian kanan, akan ada formulir yang bisa didownload. Kirimkan ke email yang ada di halaman tersebut ya, untuk wilayah Medan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

12,149 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>