Pilek Combo Sama Ruam Popok

Lengkap sudah saya menjadi orang tua. Sudah pernah merasakan anaknya sakit. Meski nggak sakit-sakit amat sih, karena masih tetap saya “atasi” sendiri di rumah. Belum saya bawa ke dokter, karena saya pikir masih dalam taraf wajar.

Pilek Combo Sama Ruam Popok

Sewaktu saya sakit flu, dua kali, dedek Diana malah nggak tertular. Beberapa hari lalu, saat dedek Diana saya ajak main, tiba-tiba dicium oleh anak tetangga saya yang lagi pilek. Ingusnya nempel di pipi dedek Diana. Meski langsung saya lap, tetap saja ada kekhawatiran dedek Diana bakalan tertular sakit.

Benar saja, sejak dua hari lalu, hidungnya mulai meler. Pilek. Nggak disertai panas sih. Dan juga nggak terlalu rewel. Jadi, saya cukup menyedot ingus yang ada di hidungnya dengan mulut. Nggak higienis sih. Kalau ada dokter yang membaca tulisan saya ini pasti sebel. Hahaha…

Yang kedua, dedek Diana mulai suka memasukkan jari-jarinya ke dalam mulutnya. Entah apa yang masuk, apakah kotoran atau kuman lainnya, menjadikan dedek Diana pup lebih sering dari biasanya. Jadwal buang air besar dedek Diana satu hari sekali, menjadi hingga 6 kali dua hari yang lalu. Meningkatnya jumlah pup ini tentu saja juga mengakibatkan pantat menjadi lebih sering bersentuhan dengan tisu basah maupun tisu kering.

Celakanya, tisu kering yang ada tinggal yang berkualitas agak kasar. Tisu kering yang lembut sedang habis. Maafin mama, Nak. 🙁

Satu pelajaran buat saya: belilah tisu dengan kualitas terbaik. Jangan pernah tergoda harga yang lebih murah, apalagi diskon.

Akibatnya, pantat bayi yang halus dan masih sangat sensitif, jika bergesekan dengan benda yang kasar, bisa jadi pemicu ruam. Apalagi dedek Diana memakai clodi, yang pastinya tidak akan sehalus popok sekali pakai permukaannya.

Saya berusaha mengganti popok dedek Diana sesering mungkin. Alhamdulillah dedek Diana memakai clodi, jadi tak perlu khawatir berapa banyak dalam sehari yang dia pakai, karena tinggal cuci, dan jadi bersih lagi. Tapi, saya juga concern soal kemungkinan banyaknya timbunan detergen di permukaan clodi yang dipakai oleh dedek Diana. Siapa tahu itulah penyebab dedek Diana ruam popok.

Sementara untuk pengobatan, saya mengoleskan krim yang mengandung zinc oxide, untungnya sudah ada dalam satu paket peralatan mandi yang saya beli sebelum melahirkan. Saya mengoleskannya, dan membiarkan sedikit mengering, sebelum akhirnya memakaikan kembali popok kain ke dedek Diana.

Semoga segera sembuh sakit combonya dedek Diana.

Tulisan ini sudah 5,720 kali dibaca

One thought on “Pilek Combo Sama Ruam Popok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *