Petualangan Boci, Aplikasi Keren Buat Anak Usia 2-6 Tahun

Saya termasuk orang tua yang mengenalkan gadget sejak dini ke anak-anak. Ya gimana lagi, kerjaan saya banyak mantengin gadget, anak otomatis familiar dengan segala macam handphone, tablet, laptop dan komputer. Jadi kalau ada yang kontra, silakan melipir aja ya, karena saya nggak akan berdebat soal ini. šŸ˜‰

Petualangan Boci

Nah, salah satu (errr, sebenernya ada 4 sih, tapi satu keluarga) aplikasi yang ada di handphone saya itu adalah Petualangan Boci. Saya lihat lumayan bagus, jadi saya coba download-kan buat Diana. Dan ternyata anaknya suka.

Apa saja 4 aplikasi itu? Yuk, mari kenalan sama keluarga aplikasi Petualangan Boci ini. Yang pertama adalah Petualangan Boci: Warna “Dikejar Kucing Misterius”. Dari aplikasi ini yang paling Diana seneng adalah game mencampurkan warna. Dari 3 warna utama bisa didapat 3 warna sekunder dengan menuangkannya ke dalam sebuah drum besar. Aplikasi ini sebenernya yang utama berjenis storybook,Ā merupakan buku cerita yang berbentuk digital gitu, tapi mungkin nanti kalau Diana udah agak gedean kali ya, bisa paham dengan sempurna. Kalau sekarang baru tertarik bolak-balik halaman awalnya saja, menyebarkan daun-daunan ke seluruh penjuru layar, dengan menekan Kato si burung kakatua putih temannya Boci.

Aplikasi yang kedua Boci Play: Petak Umpet. Kalau yang ini baru sesuai sama umurnya Diana. Game yang bisa dimainkan untuk anak usia 3 tahun. Dengan level kesulitan nggak terlalu tinggi, sehingga anak-anak bisa memainkannya dengan mudah. Karena Boci ini adalah seekor bunglon yang bisa menyamarkan tubuhnya sesuai dengan lingkungannya, maka dia akan sulit terlihat saat ngumpet. Diana seneng banget menggeser layar handphone ke kanan dan ke kiri untuk mencari tempat persembunyian Boci. Kalau ketemu, Boci akan bersuara. “Ooops, ketahuan, deh!”

Yang ketiga aplikasinya bernama Boci Play: Bermain Titik. Game connect the dots ini lumayan populer, dan menjadi salah satu materi yang banyak diajarkan juga untuk anak-anak pra sekolah. Salah satu tonggak penting untuk mengajarkan menulis pada anak, dengan menghubungkan titik-titik menjadi satu bentuk yang diinginkan. Diana, seperti biasa belum tertarik kalau saya pakai media kertas. Sudah puluhan lembar saya coba berikan, berakhir dengan kertas diuwel-uwel doang. Tapi kalau pakai gadget, wih, cepet banget bisanya. Hampir mirip lah ya, dengan puzzle. Saat masih sekitar 2 tahunan dulu dia juga udah mahir main puzzle di iPad, eh, baru sekarang keranjingan main puzzle dalam bentuk nyata dan sangat tertantang menyelesaikan puzzle dengan tingkat kesulitan lumayan tinggi.

Belajar Menulis Bersama Boci

Dan yang terakhir, Belajar Menulis Bersama Boci. Tentu saya paling seneng dong ya, kalau Diana buka aplikasi ini. Seperti yang saya sebut di paragraf sebelumnya, Diana tertarik belajar melalui gadget terlebih dahulu, daripada saat diminta memegang pensil dan mengikuti garis-garis pada huruf (connect the lines) yang saya print di atas kertas. Yap, saya tahu sih, soalnya aplikasi di gadget kan pasti dibuat lebih berwarna, dengan gambar-gambar pendukung yang karakter yang menarik. Beda sama kertas yang di-print. Putih polos doang. Hahaha. Sejauh ini Diana sudah berhasil memainkan keempat aplikasi Petualangan Boci di atas dengan baik. Emaknya juga udah persiapan ngajarin dalamĀ offline mode, tapi belum tahu kapan anaknya tertarik. Hihihi.

Teman-teman udah kenal sama aplikasi Petualangan Boci? Download yuk di Playsore atau Appstore. šŸ˜‰

Related Post

Tulisan ini sudah 1,520 kali dibaca

One comment on “Petualangan Boci, Aplikasi Keren Buat Anak Usia 2-6 Tahun

  1. Aku punya ponakan 3 tahunan juga. Keknya musti direkomendasikan ke ponakanku. Thank you lo kak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

11,282 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>