Pertama Kali Naik Kereta Api? Ini Dia Hal-Hal yang Perlu Dilakukan

Kereta Api

Dengan segala kemudahan dan pembenahan di berbagai kelas, kereta api sekarang sudah menjadi salah satu transportasi favorit di Indonesia. Keberangkatan yang hampir selalu tepat waktu dan kenyamanan berada di dalam kereta api menjadi beberapa faktor yang menyebabkan alat transportasi darat ini sangat digemari. Tidak sedikit masyarakat menempuh perjalanan jauh dengan menggunakan kereta api. Baik itu sendiri ataupun bersama dengan keluarga tercinta.

Naik kereta api memang menyenangkan, namun bagi Anda yang baru pertama kali akan menggunakannya, bingung adalah sesuatu hal yang sangat wajar. Maka dari itu, untuk mendapatkan pengalaman pertama naik kereta api yang mengesankan, ada beberapa hal yang bisa untuk dilakukan. Apa saja ya? Yuk simak ulasan seperti berikut ini. 

Beli Tiket Jauh-Jauh Hari

Baik bagi yang baru pertama kali ataupun bukan, membeli tiket kereta api jauh-jauh hari sangatlah disarankan. Hal ini untuk mengantisipasi habisnya tiket keret api jika dipesan ataupun dibeli dalam jangka waktu yang dekat. Apalagi, Anda ingin liburan atau bepergian di hari-hari libur besar seperti halnya Natal, Lebaran, ataupun juga Tahun Baru, pastilah tiket gampang sekali ludes terjual.

Sistem pemesanan tiket sudah semakin mudah, bisa secara online atapun juga langsung di stasiun. Selain itu, saat ini pemesanan tiket sudah bisa dilakukan minus 90 hari sebelum pemberangkatan. Jadi, Anda bisa memesan tiket jauh-jauh hari agar tidak kehabisan.

Beli Tiket Secara Online

Sistem online saat ini banyak dipilih karena beerbagai kemudahan yang ditawarkan. Bagi para pemula, membeli tiket kereta api secara online sangat bagus sekali. Hanya di depan laptop atau layar smartphone saja, Anda sudah bisa mendapatkan tiket yang diinginkan. Contoh tempat booking tiket secara online yang bisa dipilih adalah situs Traveloka. Traveloka memberikan pelayanan terbaik dengan harga yang sangat murah. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk memilihnya.

Tidak hanya itu saja, beberapa situs booking tiket kereta api secara online juga memberikan penawaran harga yang sangat baik. Jadi, Anda masih bisa jalan-jalan dengan budget yang terbatas. Sistem online sangat memudahkan bukan?

Selalu Bawa KTP di Dompet

KTP atau Kartu Tanda Penduduk memiliki peranan yang sangat penting saat Anda memilih traveling dengan menggunakan kereta api. KTP ini akan digunakan untuk mengurus identitas yang terdapat di tiket nantinya. Jadi, pastikan nama di KTP dan yang tertera di tiket sama. Selain itu, nanti saat masuk ke dalam stasiun dan masuk ke area pemberangkatan, Anda juga akan dimintai KTP oleh petugas. Jadi, bisa dibilang peran KTP ini sangat penting sekali saat melakukan perjalanan dengan kereta api. Selalu ingat untuk membawanya ya.

Datang ke Stasiun Lebih Awal

Bagi yang pertama kali naik kereta tentunya Anda akan ‘berkenalan’ dengan banyak hal di stasiun. Oleh sebab itu, datanglah ke stasiun lebih awal, selambat-lambatnya 10 menit sebelum keberangkatan. Hal ini untuk menghindari kemacetan lalu lintas menuju ke stasiun. Belum lagi antri untuk mencetak tiket secara mandiri di stasiun. Di hari-hari libur besar, akan panjang sekali antrin untuk mencetak tiket secara mandiri di stasiun.

Tidak hanya itu saja, baru pertama kali naik kereta tidak heran jika nanti Anda akan bingung mencari gerbong ataupun tempat duduk. Beruntunglah jika Anda yang baru melakukan perjalanan kereta api pertama kali ditemani oleh orang yang sudah berpengalaman. Namun jika terpaksa sendirian, Anda tidak perlu minder untuk mencari berbagai informasi yang dianggap kurang jelas.

Jangan Malu Bertanya

Jika dirasa ada hal-hal yang kurang wajar ataupun janggal, Anda bisa bertanya kepada para petugas yang terdapat di stasiun. Daripada diam saja dan nanti malah membuat rencana perjalanan jadi tertunda atau malah batal, lebih baik untuk bertanya kepada pihak-pihak yang dianggap lebih tahu. Namun jangan terlihat mencolok Anda panik, bisa-bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Anda perlu waspada, sudah banyak kasus kejahatan yang terajdi. Supaya aman, bertanyalah kepada para petugas stasiun saja.

Selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas, Anda juga perlu membawa barang-barang yang membuat perjalanan makin berkesan. Misalnya saja makanan, buku, ataupun beberapa hal lainnya yang bisa untuk mengalihkan diri dari rasa bosan melakukan perjalanan jauh. Jadikan perjalanan Anda selanjutnya jadi tak terlupakan ya.

Tulisan ini sudah 5,965 kali dibaca

2 thoughts on “Pertama Kali Naik Kereta Api? Ini Dia Hal-Hal yang Perlu Dilakukan

  1. Duh aku jadi deg2an mba insyaAlloh jumat depan pas libur mau nek kereta api lagi setelah sekian purnama ga pernah lagi nek kereta mudah2an lancar dan ga gaptek xixixi…makasi infonya mba aku jadi prepare buat datang sangat pagi 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *