Persiapan Liburan Ke Batu Malang Bawa Balita

Terinspirasi dari tulisan tahun lalu saat persiapan mau liburan ke Bali, tahun ini saya pun pengen nulisin persiapan liburan ke Batu, Malang. (Eh, yang liburan ke Bali seminggu laporannya malah sama sekali belum ditulis di blog ini. Udah ada sebagian sih di blog sebelah.) Batu, Malang adalah kota tujuan liburan kami tahun ini. Saat hamil Diana dulu, saya sudah pernah ajak jalan-jalan ke Malang. Tahun ini, di usia Diana 3 tahun, kembali saya memilih Malang untuk liburan bareng balita ini. Karena Malang udaranya nyaman kayak di Puncak. Nggak panas. Meskipun pengennya sih ke pantai, tapi sekali ini libur dulu deh pantainya. Ada sih pantai di Malang, tapi lumayan jauh dari kotanya, sekitar 65 km. Agak males, hehe.

Menuju Malang dengan kereta ekonomi

Lho, kok, malah naik kereta ekonomi padahal bawa balita? Tenang. Saya udah pengalaman berpuluh-puluh kali naik kereta sejak puluhan tahun lalu. Udah ngerasain tidur di bawah kolong tempat duduk, sudah pula naik yang eksekutif. Dibandingkan puluhan tahun lalu, kereta ekonomi jaman sekarang udah jauh beda. Udah lumayan nyaman lah. Jadi saya udah ngukur kemampuan badan untuk menyesuaikan dengan kondisi kereta ekonomi. Diana juga saya pikir bakalan nyaman-nyaman aja. Kalau mau naik yang eksekutif ada Gajayana, sama seperti waktu saat saya hamil Diana dan jalan-jalan ke Malang. Sekarang, udah cukup kereta yang murah meriah sahaja.

Hotel selama di Batu

Balita Liburan di Bali
Waktu liburan di Bali dan nginep di hotel di Pulau Lembongan.

Ini bagian yang paling bikin galau. Sewaktu di Bali, memang sih saya semalam juga ngerasain nginep di hotel yang lumayan. Sisanya di hotel yang murah meriah. Nah, ini di Batu saya galau. Pengen seharian ngabisin jalan-jalan ke tempat wisata yang hits banget, tapi sayang juga ya kalau ngabisin duit banyak tapi dipakainya buat tidur doang. Dan hotel ini kalau pilihan jadi jatuh ke Singhasari Resort (bintang 5), bakalan jadi satu-satunya komponen yang paling mahal dalam liburan kali ini. Padahal nginepnya cuma 2 malam doang, dan bukan di week end. Kolam renang juga saya nggak begitu yakin bakalan kepake, karena udara di Batu yang sejuk cenderung dingin, mungkin juga bakalan jadi kendala. Ada keinginan nyebur itu kan biar seger. Lha kalau udah kedinginan tanpa nyebur, apa iya masih mau berenang? Palingan yang bisa dinikmati secara maksimal adalah tempat tidur dan sarapannya. Kasur di hotel bintang 5 itu pastinya jauh lah dibandingin sama kelas di bawahnya. Dan sarapannya biasanya komplit-plit-plit. Oiya, sama pemandangan sekitarnya yang bikin saya ngiler. Udah ngintip foto-foto di beberapa blog, dan sukses bikin saya ngeces. 😆

Itinerary Batu Trip

Itinerary Batu Trip Apa saja yang akan dikunjungi selama di Batu Malang? Itinerary di atas kayaknya udah nggak akan banyak berubah. Tetep saja yang pengen saya datangi cuma objek wisata seperti Batu Night Spectacular, Jatim Park 2 (Batu Secret Zoo dan Museum Satwa) plus Museum Angkut kalau sempat dan badan masih mampu (menyesuaikan kondisi balita). Kalau jelajah kota kan sudah pernah ya, jadi nggak usah diulang deh. 😆 Transportasi selama di Batu juga naik motor saja kayaknya. Yang ini belum pesen sih, tapi nanti belakangan kayaknya gampang. Udah nggak sabar pengen jalan-jalan, padahal masih lama. Hahaha. Kalau teman-teman, apa saja yang dipersiapkan kalau mau jalan-jalan liburan bawa balita?

Tulisan ini sudah 9,342 kali dibaca

4 thoughts on “Persiapan Liburan Ke Batu Malang Bawa Balita

  1. asyik ya, rencana besok desember mau ke batu juga, pas liburan semesteran anak2. tapi karena high season jadi lebih mahal deh semuanya. makanya udah booking hotel dari sekarang, tapi bayarnya ntar hehehe. tapi nginepnya di malangnya, sekalian pingin liat kota malang. dari sekarang nabung2 dulu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *