Pentingnya Asam Folat Untuk Perkembangan Janin

Asam folat ( folic acid, folate, folacin, vitamin B9, vitamin BC, pteroyl-L-glutamic acid, pteroyl-L-glutamate, pteroylmonoglutamic acid) adalah vitamin yang larut air. Vitamin ini terutama penting pada periode pembelahan dan pertumbuhan sel. Anak-anak dan orang dewasa memerlukan asam folat untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia. Folat dan asam folat mendapatkan namanya dari kata latin folium (daun).

Asam Folat juga sangat penting bagi wanita hamil. Asupan asam folat yang cukup sebelum dan selama kehamilan akan mencegah timbulnya kecacatan tabung saraf (Neural Tube Defects) NTDs pada bayi, yaitu spina bifida (kelainan pada tulang belakang) dan anencephaly (kelainan dimana otak tidak terbentuk). Dengan asupan asam folat yang cukup pada masa sebelum dan selama kehamilan yaitu sekitar 0.4 – 0.8 mg per hari, risiko timbulnya NTDs pada bayi dapat diturunkan hingga 80 %. (sumber: wikipedia)

Wanita yang berencana hamil perlu mengonsumsi asam folat secara cukup, minimal 4 bulan sebelum kehamilan karena kekurangan asam folat berisiko bayi lahir dengan cacat pada sistem saraf (otak) atau cacat tabung saraf (Neural Tube Deffects). Tidak hanya wanita yang sedang dalam persiapan hamil dan wanita hamil saja yang membutuhkan asam folat, karena pada dasarnya semua membutuhkannya, hanya jumlahnya saja yang tidak sebanyak kebutuhan ibu hamil.

Balita membutuhkan vitamin B9 150 mcg setiap hari. Anak-anak 4-8 tahun membutuhkan vitamin B9 200 mcg setiap hari. Anak 9-13 tahun membutuhkan vitamin B9 300 mcg setiap hari. Remaja dan dewasa membutuhkan vitamin B9 400 mcg setiap hari. Ibu hamil membutuhkan vitamin B9 600 mcg setiap hari, dan ibu menyusui membutuhkan vitamin B9 500 mcg setiap hari.

Dari mana kita bisa memenuhi kebutuhan asam folat tersebut? Banyak sumber makanan yang bisa kita konsumsi seperti sayuran dan buah-buahan. Alpukat adalah salah satunya. Jika kita mengkonsumsi satu cangkir alpukat, itu setara dengan sekitar 20% kebutuhan asam folat bagi orang dewasa, atau sekitar 100 mcg. Buah pepaya juga sumber asam folat yang baik bagi tubuh. Satu buah pepaya ukuran sedang dapar mengandung 100 mcg asam folat. Jeruk adalah sumber asam folat yang lumayan besar. Satu butirnya saja bisa mengandung 50 mcg asam folat.

Bagaimana dengan sayuran? Apa saja yang mengandung asam folat? Diantaranya adalah kentang (sekitar 30 mcg) dan jagung (75mcg). Sayuran yang mengandung asam folat dalam jumlah yang cukup besar adalah bayam, sekitar 250 mcg dalam satu cangkirnya. Begitu juga dengan asparagus, seledri, wortel dan kembang kol.

Apakah hanya buah dan sayuran saja sumber asam folat bagi tubuh kita? Ternyata tidak. Ada roti dan serealia yang sudah ditambahkan manfaat asam folat di dalamnya. Biji bunga matahari, kacang almond, kacang hijau dan hati sapi juga bagus digunakan sebagai sumber asam folat.

Tetapi, meski kebutuhannya meningkat saat hamil, asupan folat dan asam folat sebaiknya tidak melebihi 1000 mcg per hari. Asupan asam folat berlebih bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan pada anak kelak, di antaranya meningkatkan risiko anak mengidap asma sebesar 30%. Konsumsi asam folat yang berlebihan ini sering kali diakibatkan oleh makanan dan suplemen yang telah ditambahkan asam folat di dalamnya. Sehingga, ibu dalam persiapan kehamilan dan ibu hamil seharusnya secara bijak mengkonsumsi makanan olahan dengan asam folat, dan dianjurkan untuk membaca kandungan zat yang tertera di dalam kemasan dengan teliti.

Saat hamil Diana dulu, saya juga berusaha mengkonsumsi asam folat sesuai dengan dosis yang diperlukan. Yang biasanya saya tidak suka dengan bubur kacang hijau, saya jadi makan. Yang biasanya saya nggak suka susu, saya jadi minum. Apapun saya coba demi janin yang saya kandung mendapatkan gizi terbaiknya. Susu untuk ibu hamil sekarang ini kan sudah dilengkapi juga dengan asam folat.

Lalu, bagaimana jika ada ibu yang tidak suka susu, tapi pengen juga mendapatkan manfaat dari asam folat? Tenang. Sudah ada #PRENAGENjuice buibu… Saya sudah nyobain rasanya enak banget. kandungan asam folatnya juga tinggi. Tetapi ini juice ya, bukan pengganti susu. Jadi cocok untuk snacking (camilan) yang sehat. Di sela-sela waktu kerja, bumil boleh konsumsi Prenagen Juice ini.

Related Post

Tulisan ini sudah 6,705 kali dibaca

5 comments on “Pentingnya Asam Folat Untuk Perkembangan Janin

  1. Enaknya emak2 jaman sekarang. Segala kebutuhan makanan bergizi mudah didapat & kemas.

  2. horeee dedek diana bakalan jadi kakak diana, nih ya ceritanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

12,263 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>