Penghujan, Ketika Daya Tahan Tubuh Melemah

Kata mama saya, sejak kecil saya ini sering sakit. Sampai sekarangpun, entah kenapa saya merasa badan saya nggak begitu prima. Kena angin dikit plus gerimis aja, besoknya jadi punya alasan nggak masuk kantor. Di ruang kerja juga seringkali saya memakai jaket karena nggak tahan dengan suhu ruangan yang pendinginnya nggak bisa digedein supaya angetan dikit gitu buat ukuran badan saya.

Tapi ya sudah lah ya. Mau dikata apa. Kan memang setiap manusia itu unik. Apa jadinya dunia ini kalau semua isinya sehat-sehat saja. Tentu rumah sakit nggak ada isinya dan praktek dokter nggak laku. #eh

Memasuki musim hujan, itu sudah alarm tersendiri buat saya. Begitu pancaroba, udah pasti siap-siap batuk pilek. Angin di jalanan kencengan dikit, udah deh, bakteri, virus dan kuman mudah masuk dan nemplok di badan. Kadang bisa jadi radang tenggorokan, kadang bisa juga batuk dan pilek. Kayak semacam penyakit tahunan, gitu…

Belom lagi kalau beban kerja juga lagi tinggi-tingginya. Udah deh. Yang ada kurang olahraga, begadang, kurang maksimal tidurnya, tentu kurang istirahat juga, makan nggak teratur, minum air putihnya juga kurang karena perut dijejelin lebih banyak kopi, dan ditambah polusi udara. Klop deh, kayaknya hidup saya menderita banget ya? 😆

Intinya, saya perlu berhati-hati saat musim hujan tiba, karena daya tahan tubuh mudah melemah. Menjaga kebersihan adalah salah satu upaya saya secara alami supaya daya tahan tubuh tetap baik, supaya virus, bakteri dan kuman penyakit jauh dari tubuh.

Cukupkah itu?

Ternyata belum. Tidur cukup dan makan makanan bergizi seimbang itu perlu banget. Kalau mau sehat, ya rumus itu pastinya harus selalu diterapkan. Kebutuhan gizi yang diperlukan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh itu termasuk juga vitamin lengkap seperti vitamin A, B1, B2, B5, B6, B12, C, serta E. Saya memilih #PRENAGENjuice buat snacking di sela waktu kerja untuk membantu memperbaiki pertahanan tubuh.

Efeknya lumayan besar, lho. Musim hujan kali ini, saya selamat sentausa, nggak terserang flu, batuk, atau pilek. Padahal, saya masih menyusui. Busui itu kan pekerjaan yang lumayan berat juga padahal kan ya. Selain butuh makanan bergizi untuk dirinya sendiri, juga harus menyediakan makanan bergizi buat bayi yang disusuinya…

Dan alhamdulillah, Diana bayi yang lumayan sehat dan nggak bikin repot emaknya. Kalaupun sakit, belum pernah sampai bikin deg-degan deh pokoknya. Seinget saya paling panas dikit kalau habis saya bawa ke Puskesmas buat vaksinasi. Atau, kena ruam popok gara-gara emaknya kebablasan tidur, jadi telat ngganti popoknya, hahahaha…

Tetep sehat-sehat ya, Nak, sampai besar nanti. Jangan kayak emakmu ini, yang gampang tepar cuma gara-gara keanginan doang di musim hujan.

Selamat tahun baru, semuanyaaaa~

Related Post

Tulisan ini sudah 5,846 kali dibaca

26 comments on “Penghujan, Ketika Daya Tahan Tubuh Melemah

  1. harus disiplin sama rumusnya kalau mau tetap sehat, ya

  2. Enaknyaaaa… sekarang ada prenagen juice. Kalo jus-jusan gini doyan nih, selama hamil & menyusui. Kalo susu hamil, aku gak doyannnn. Perasaan jarang yg enak. :p

  3. Agus Adi Wibowo on said:

    Iya bener banget tuh, sekarang saya aja pilek, yang penting rajin makan, jangan sampe perut kosong aja :))

    • isnuansa on said:

      Yang penting makan, tapi ya harus diperhatikan kandungan nutrisinya, Mas. Udah ada belom vitaminnya? Terutama vitamin C tuh. Cobain Prenagen Juice, yuk!

  4. wah mbak, sama donk kyk aku daya tubuhnya gak baguss… hujan dikit pilek dan masuk angin
    harus ekstra jaga kesehatan nih
    eh tapi itu Prenagennya cuma untuk ibu2 hamil/menyusui bukan mba? kalo masih single bolehkah minum?

    • isnuansa on said:

      Prenagen Juice ini cocok buat siapa aja, Mbak. Kandungan asam folatnya memang bagus buat ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan, ibu hamil dan ibu menyusui. Tapi semua orang butuh asam folat dan vitamin C, kok, jadi aman dikonsumsi sama gadis-gadis jugak. *ihik* (o)

  5. ooh ada ya prenagen juice, baru tau saya… dan langsung tergoda kepengen nyicipin…

  6. hana on said:

    Konsisten itu emang berat. tapi tak ada yang gak mungkin kan ya

    eh prenagen baru.. saya liat dipostingan siapa ya?

    • isnuansa on said:

      Iya, ini Prenagen baru..Emang udah ada yang posting juga ya, Mbak? Hayooo, di blog siapa? Siapa tahu emang di blog ini juga…

  7. cowok juga boleh minum??

  8. Dulu waktu ibu hamil saya, beliau minumnya susu prenagen. Baru tau kalau ada juicenya.

  9. aaeehh…sama mak, aku juga mayan ringkih kalau dipergantian musim 😀

  10. fajar on said:

    semangat termasuk dlm hal diatas ga mbak? hehehehe

  11. kalo dulu kenalnya sama yang bubuk,
    ternyata sekarang ada prenagen jus juga ya,
    sepertinya lebih simple dan praktis bagi bumil pekerja.

    • isnuansa on said:

      Tentunya, Mbak. Praktis banget. kalau enggak habis, bisa ditutup ulang, diminum lagi nanti kalau butuh nyemil lagi. 😀

  12. Tampaknya dampak cuaca yang cukup ekstrim membuat buah hati sakit, begitupun buah hati saya mbak? lagi demam tapi sekarang dah baikan.

  13. benar sekali, mom..
    pancaroba bikin batuk pilek terus-terusan..
    kayaknya aku juga harus minum vitamin deh, biar baikan.. -_- :Sick:

  14. sepertinya enak ya,,apa diminum siapa saja boleh tuh mba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

12,263 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>