2 Formula Penentu Kecerdasan Multitalenta Si Kecil

Saya seneng banget bisa hadir di Morinaga Parenting Seminar Siap Cerdaskan Si Kecil di Kota Kasablanka Mal yang diadakan oleh Kalbe Nutritionals tanggal 2 April 2016 yang lalu. Jadi tahu bagaimana cara mengoptimalkan perkembangan otak dan daya tubuh anak, sehingga anak bisa tumbuh cerdas dan multitalenta.

Dari materi yang disampaikan oleh DR. dr. Ahmad Suryawan, SpA(K), saya jadi tahu jika cikal bakal otak di awal kehamilan terbentuk dari lempengan hingga menjadi semacam tabung mulai usia kehamilan minggu ke-3. Pada usia kehamilan minggu ke-7, sel-sel otak mulai terbentuk dengan sangat cepat, dengan kecepatan pembentukan sekitar 1.000 sel otak per menit!

Gerakan #SiapCerdaskanBangsa
DR. dr. Ahmad Suryawan, SpA(K), dokter ahli tumbuh kembang anak

Bongkahan otak sudah terbentuk sempurna seperti huruf “C” ketika kehamilan mencapai usia 9 bulan dan bayi siap dilahirkan. Pada saat bayi baru lahir, jumlah sel otaknya sudah ada 100 milyar dan lebih dari 50 triliun koneksi sinaps. Pada bulan-bulan pertama, jumlah sinapnya akan meningkat menjadi sekitar 1.000 triliun. 

Bagian Utama Otak Anak

Bagian Otak Anak

Tadi dari materi DR. dr. Ahmad Suryawan, SpA(K) udah disebutin kan ya, kalau jumlah koneksi sinaps otak anak bisa sampai ribuan triliun banyaknya. Prinsipnya, semakin banyak sinaps otak yang ada, maka semakin besar kapabilitas yang dimiliki seorang anak untuk belajar. Kuncinya Multiple Intelligence  anak ada di faktor genetik dan pola pengasuhan anak sehari-hari. Semua juga mau kan ya, kalau anak kita memiliki Multiple Intelligence yang baik?

Multiple Intelligence anak

Otak mempunyai kapasitas untuk berubah, tapi hanya terjadi pada usia tertentu yang dinamakan periode kritis. Kurang stimulasi akan mempunyai dampak negatif yang serius dan permanen terhadap perkembangan otak anak.

MoriCare+ Prodiges

Membentuk dan Mengembangkan Struktur dan Fungsi Otak Anak Dalam Pengasuhan Sehari-hari

Mengembangkan struktur dan fungsi otak anak bisa dilihat dari Si Kecil Bisa Melakukan Apa pada usia tertentu? Apa yang harus Bunda lakukan untuk memberinya stimulasi? Sebagai contoh jika Si Kecil berusia 30-36 bulan.

Si Kecil bisa melakukan apa?

  1. Aku mulai bisa melakukan gerakan tubuh yang dilakukan oleh “anak besar”
    • Mengayuh sepeda roda tiga
    • Memakai baju tanpa bantuan
    • Membuat coretan sebuah garis
    • Memutar sebuah tombol atau tutup botol
  2. Aku menggunakan bahasa untuk mengekspresikan apa yang aku rasakan dan aku pikirkan
    • Menguasai 900 kata setelah usia 3 tahun
    • Mengerti beberapa kalimat yang mengandung banyak ide. Misalnya: “Kamu boleh main boneka setelah kamu mandi dan makan.”
    • Mulai banyak bertanya kepada orang lain
    • Mengenal namanya sendiri
  3. Aku menggunakan cara baru untuk menyelesaikan masalah yang aku hadapi
    • Mengingat kejadian yang sudah lampau
    • Mengarang cerita dan beralasan
    • Menjadi anak yang berpikir lebih logis. Misalnya menambahkan beberapa sendok gula ke dalam minumannya supaya terasa lebih manis.
  4. Teman-temanku sangat berarti bagiku
    • Suka bermain dengan anak lain
    • Mempunyai beberapa teman baik
    • Mengenal kesamaan dan perbedaan antara satu orang dengan lainnya. Misalnya: warna rambut, bentuk rambut,, warna kulit, tinggi badan, dan sebagainya.

Gerakan 1000 Hadiah Pertama

Bunda harus melakukan apa?

  1. Berikanlah Si Kecil kesempatan untuk corat-coret menggunakan alat tulis atau krayon.
  2. Berikanlah Si Kecil kesempatan untuk mengaktifkan tubuhnya dalam kegiatan fisik yang lebih sulit lagi.
  3. Selalu mengutamakan keselamatan Si Kecil.
  4. Kenalkan berbagai kata baru dan kosakata yang sulit.
  5. Bertanyalah kepada Si Kecil sesuatu yang jawabannya tidak hanya “Ya” atau “Tidak”.
  6. Bersabar ketika menjawab pertanyaan si Kecil kenapa begini kenapa begitu.
  7. Sempatkan bercerita menjelang tidur.
  8. Atau bacakan buku.
  9. Dorong Si Kecil untuk menggunakan logika dalam situasi sehari-hari.
  10. Ajarkan si Kecil memahami perbedaan masing-masing orang.

Sistem Pertahanan Tubuh Anak

Materi kedua di seminar tersebut disampaikan oleh DR. dr. Anang Endaryanto, SpA(K) dokter ahli alergi-imunologi anak, tentang pertahanan tubuh anak sehat. Sistem pertahanan tubuh anak bekerja dengan cara mengenali dan membunuh penyerang dari luar (misalnya kuman) maupun penyerang dari dalam (misalnya sel kanker). Sitem pertahanan tubuh yang diperoleh dari hasil adaptasi.

sistem pertahanan tubuh anak
DR. dr. Anang Endaryanto, SpA(K)

Sistem pertahanan tubuh anak belum berfungsi dan bekerja dengan maksimal dan masih lemah, sehingga memudahkan kuman jahat (bakteri, parasit atau virus) menyerang tubuh anak dan menyebabkan penyakit. Sistem pertahanan tubuh anak harus dapat membedakan antigen yang baik (teman) dan antigen yang buruk (musuh). Untuk itu, sitem pertahanan tubuh bayi harus dididik agar terjadi proses pematangan kekebalan.

Ada empat macam gangguan utama pada daya tahan tubuh anak yaitu:

  1. Defisiensi kekebalan. Terjadi bila ada bagian dari sistem pertahanan tubuh anak yang hilang atau tidak bekerja dengan benar. Bisa terjadi sejak lahir, setelah anak mengalami infeksi atau setelah anak menerima obat-obatan tertentu yang bersifat menekan daya tahan tubuh.
  2. Otoimun. Otoimun terjadi bila ada bagian dari sistem pertahanan tubuh anak yang secara keliru menyerang organ tubuh dan jaringan yang sehat, seolah-olah jaringan tersebut adalah penyerbu asing. Contoh penyakit ini adalah Lupus.
  3. Alergi. Alergi terjadi bila sistem pertahanan tubuh anak bereaksi berlebihan terhadap paparan protein yang bagi individu normal tidak menyebabkan gangguan. Contoh alergi adalah asma alergi yaitu gangguan pernafasan setelah terpapar alergen tertentu.ALERGI PADA ANAK 1ALERGI PADA ANAK 2
  4. Kanker. Kanker terjadi bila ada bagian dari sel-sel tubuh anak tumbuh di luar kendali. Sel yang tumbuh di luar kendali tersebut bisa mencakup sel-sel sistem kekebalan tubuh. Contohnya Leukimia dan Limfoma.

Jika anak terkena alergi, Bunda masih bisa tetap memaksimalkan tumbuh kembang, daya tahan tubuhnya dan kecerdasan majemuknya, kok. Asal tahu kuncinya, berikanlah nutrisi yang tepat. Yang seperti apa? Dengan menghindari memberikan protein susu sapi yang utuh.

Yang seperti apa produknya? Misalnya Morinaga Soya. Formulanya isolat protein kedelai (soya), atau dengan formula asam amino dan formula hidrolisat penuh.

 

Gerakan #SIAPCERDASKANBANGSA

Beberapa video dari permainan yang saya lakukan bersama Diana, saya upload di Youtube dan selanjutnya saya tuliskan di blog saya ini. Beberapa ada juga yang saya bagi di Instagram saya. Tujuannya, meskipun mungkin hanya butiran debu, bisa menginspirasi orang tua terutama Bunda yang memiliki si Kecil dalam masa periode emas 1000 hari kehidupannya agar anak memiliki kecerdasan majemuk.

Jadi ingat ya, bahwa penentu kecerdasan multitalenta si Kecil adalah dengan mengoptimalkan perkembangan otak dan daya tahan tubuh anak.

Tentunya saya mendukung program Morinaga yang merupakan kelanjutan dari peluncuran MoriCare+ Prodiges, yaitu Gerakan #SiapCerdaskanBangsa persembahan Morinaga melalui www.siapcerdaskan.com.

Di website Siap Cerdaskan, banyak sekali edukasi untuk orangtua, bahwasannya kualitas jangka panjang seorang manusia ditentukan oleh berbagai kejadian penting selama periode 1000 hari pertama kehidupan. Semua informasi mengenai pentingnya nutrisi dan stimulasi anak pada 1000 Hari pertama Kehidupan (1000 HPK) bisa diakses melalui modul digital Siap Cerdaskan. Setiap klik atau kunjungan ke website tersebut selama April s/d Juni 2016, akan dikonversi ke dalam nilai rupiah dan didonasikan untuk rehabilitasi sekolah di daerah lewat Yayasan ASA (Act, Serve, Aspire).

Gerakan 1000 Hadiah Pertama

Sekarang ini Morinaga ngadain Gerakan 1000 Hadiah Pertama, di mana kita bisa mendonasikan buku dan mainan untuk anak-anak yang masih layak pakai. Donasi bisa diberikan ke booth Morinaga dalam acara Morinaga Parenting Seminar RoadshowSiap Cerdaskan Si Kecil“. Lokasinya di:

  • 21 Mei 2016 di The Trans Luxury Hotel, Bandung
  • 6 Agustus 2016 di Dyandra Convention Center, Surabaya
Multiple Intelligence anak
Salah satu hadiah dari saya buat stimulasi kecerdasan majemuk Diana

Jangan lupa untuk update semua info tentang Gerakan Siap Cerdaskan Bangsa dan 1.000 Hadiah Pertama di www.siapcerdaskan.com, juga lewat sosial media Morinaga: Facebook: Morinaga Platinum, Twitter: @morinagaid dan Instagram: @MorinagaPlatinum.

Tulisan ini sudah 4,819 kali dibaca

8 thoughts on “2 Formula Penentu Kecerdasan Multitalenta Si Kecil

  1. Alhamdulillah anakku tidak ada alergi. Dan sangat doyan dengan susu moringa ini. Tapi nih kalau bisa harganya itu dibuat lebih terjangkau, Aku membeli morinaga premium kaleng harganya 250 ribu lumayan mahalkan jika seminggu bisa habis empat kaleng.

    1. Bukan seminggu 4 kaleng kali, Mas, tapi sebulan.. Kalau seminggu 4 kaleng, sebulan habis 4 juta dong buat susu doang? Hehehe.

  2. Membaca informasi ini saya kayak udah bapak-bapak nih Mbak, wkwkwkwkwkw,,, hehehehe,,, walau saya belum punya anak, tapi ini buat tambah-tambah wawasan,,,,

    Kalo udah bisa pake baju sendiri di usia 2 tahun, berarti udah termasuk cerdas ya Mbak, atau gimana?

    Hehehehehehehehehehehe 😀

    1. Lumayan jarang anak 2 tahun sudah bisa pakai baju sendiri, jadi bisa dibilang cerdas, Mas. Tapi bajunya model apa dulu, kalau kaos, memang relatif lebih gampang, tetapi kalau kemeja berkancing, itu keren!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *