Papan Kegiatan Sehari-hari Diana

Kalau urusan makan, Diana lancar banget, deh. Hampir nggak ada masalah. Sayuran lahap. Mandi juga udah pinter mandi sendiri. Kalau diminta mandi, udah paling seneng, karena bisa mainan busa banyak-banyak di kamar mandi pakai sabun cair. Nah, yang paling bikin puyeng mamanya adalah urusan tidur malam. Perang dunia ke-3 dulu sama mamanya, baru bisa merem. Padahal, kalau tidur siang, nggak ada masalah, langsung pelor, nempel bantal molor. Hahahaha.

Udah kehabisan akal deh ini mamanya, gimana cara bikin anak ini gampang tidur malem. Dibikin capek dengan aktivitas fisik, udah. Tiap sore biasanya saya ajak ke taman atau ke lapangan, biar lari-larian sampai puas sama teman-temannya. Trus dikasih minum susu juga sampai kenyang. Kamar juga dikondisikan gelap gulita. Dikelonin. Dipuk-pukin pantatnya sampai tangan mamanya pegel. Dinyanyiin puluhan lagu sampai jontor. Tetep aja masih full batu baterei anak ini hingga tengah malam. Duh. Padahal emaknya harus kerja lagi pagi harinya. Apa nggak encok, tuh, mamanya?

Mulai minggu lalu, saya nyobain “Papan Kegiatanku” dari Morinaga MI Play Plan. Sebuah ‘permainan‘ yang bisa memberikan motivasi pada anak agar mengerjakan kegiatannya sesuai dengan urutan. Saya langsung cobain bikin:

Kategori Umur:
4-6 Tahun

Kategori Kecerdasan Majemuk:
Kecerdasan Intrapersonal

Tujuan Pencapaian:

  • Mendorong dan memotivasi Si Kecil untuk menyelesaikan pekerjaan atau melakukan pekerjaan yang disukainya.
  • Si Kecil merasa terapresiasi dengan apa yang sudah dikerjakan.

Papan Kegiatan Diana

Alat dan Bahan:

  • Karton.
  • Velcro.
  • Printable gambar kegiatan.
  • Spidol.
  • Gunting.
  • Double tape.

Papan Kegiatan Diana Sehari-hari dari Morinaga MI Play Plan

Cara Membuat:

  • Potong karton menjadi persegi panjang, kurang lebih berukuran 30 x 15 cm.
  • Posisikan karton dalam posisi persegi panjang horizontal. Lalu lipat karton menjadi dua, dengan cara melipat bagian karton bawah ke atas (sisakan bagian atas beberapa cm).
  • Buka kembali lipatan tersebut dan kemudian tempel gambar kegiatan di atas karton bagian atas (batasi 4 kegiatan terlebih dahulu, agar timbul menjadi kebiasaan).
  • Setelah itu, tuliskan nama kegiatannya pada karton bagian bawah.
  • Gunting karton bagian bawah terpetak sesuai dengan kegiatan.
  • Tempelkan Velcro pada bagian atas gambar kegiatan dan juga bagian bawah nama kegiatan.
  • Lipat kembali satu per satu bagian bawah karton ke atas, dan tuliskan kata “Sudah Dikerjakan” pada setiap petak kegiatan tersebut dalam keadaan karton terlipat.
  • Tempelkan papan pada dinding atau tempat lain yang terjangkau oleh Si Kecil.

Cara Bermain:

  • Buatlah papan kegiatan bersama dengan Si Kecil. Ayah Bunda diminta untuk membantu Si Kecil dalam proses pembuatannya.
  • Berikan penjelasan kepada Si Kecil, bahwa papan ini akan menjadi papan kegiatannya sehari-hari, dan ketika ia berhasil menyelesaikan semua kegiatan tersebut dalam satu hari dengan mandiri, ia akan medapat hadiah.
  • Dorong terus Si Kecil untuk melakukan kegiatannya, dan jangan lupa untuk terus memberikan pujian ketika Si Kecil berhasil melakukan kegiatannya sendiri.

Evaluasi

  • Setiap menjelang tidur malam, saya ajak Diana menghampiri papan kegiatan ini dan mereview kembali, kegiatan apa saja yang sudah dilakukan tadi. Apa saja kegiatan yang disenangi dan apa yang tidak disenangi.
  • Saya bertanya kepada Diana, jadi kegiatan apa yang belum kita lakukan hari ini? Saatnya kita lakukan, yuk! Memang belum berhasil sempurna. Masih lumayan jauh dari target saya untuk menidurkan Diana sebelum jam 21.00 WIB. Tetapi jelas Papan Kegiatan ini membantu, karena saya memberikan pujian jika berhasil tidur tepat waktu.

Tulisan ini sudah 1,387 kali dibaca

One thought on “Papan Kegiatan Sehari-hari Diana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *