Mulai Belajar Matematika di IXL

Sejak awal bulan ini, saya mengajak Diana belajar Matematika di IXL. Hasil bergentayangan di beberapa blog pelaku homeschooling, rata-rata mereka menggunakan layanan ini untuk belajar matematika. Saya langsung putuskan saja berlangganan untuk Diana, karena testimoni positif di mana-mana.

Ngapain lagi saya coba trial-nya? Cuzz ajalah, saya pikir. Bayar $79 untuk satu tahun, dimulai dari 2 Oktober 2018. Oiya, btw, selama ini Diana belajar menggunakan buku kelas 1 kurikulum 2013 di rumah.

Pertama belajarnya pakai laptop, tapi karena laptop di rumah nggak ada mouse-nya, jadi Diana agak kesusahan. Akhirnya saya download saja aplikasi di Playstore. Setelah itu, Diana selalu menggunakan IXL dari iPhone saya. Berharap nanti proposal beli iPad disetujui, jadi nggak ngeribetin hp emaknya lagi buat belajar, hahahaha. Selama ini saya masih selalu full dampingi kalau Diana belajar IXL ya.

Analytics IXL Diana

Selama hampir 2 minggu berlangganan IXL, Diana sudah mengerjakan lebih dari 1.000 pertanyaan. Nggak setiap hari belajar matematika lho padahal itu, tapi ya kalau dilihat dari analytics yang ada, termasuk lumayan senang berhitung kan anak ini?

Yang utama dikerjakan memang pelajaran untuk first grade, karena umur Diana sudah 6 tahun ya. Tetapi setiap 2 atau 3 skills untuk first grade berhasil diselesaikan, Diana selalu minta waktu untuk bersenang-senang. Minta mengerjakan soal kelas Pre-K dan Kindergarten.

Beberapa skill untuk tingkatan anak kelas 1 yang sudah dikuasai Diana antara lain (ini saya kopi langsung aja ya dari IXL): Counting and number patterns (Counting on the hundred charts, Count on ten frames), Subtraction Skill Builders, Patterns (Find the next shape in pattern), Complete a pattern), Shorting, Ordering and Classifying (Count shape in a Venn Diagram), Time (match digital clocks and time, match analog clocks and time), Fraction (equal parts, halves and fourths) dll.

Sertifikat IXL Diana 100 Soal

Sertifikat IXL Diana 500 soal

Sertifikat IL Diana 1000 soal

Nanti akan ada sertifikat gitu dari IXL kalau ada pencapaian, seperti berhasil mengerjakan 100 soal, 500 soal, 1000 soal, ada juga sertifikat yang dikirimkan setelah berhasil belajar 5 jam, sertifikat telah menguasai 25 skills dan lainnya.

Pengalaman mengerjakan soal IXL sejauh ini (karena baru 2 mingguan), Diana masih ada beberapa kesulitan berhubungan dengan Bahasa Inggris yang digunakan. Untuk hal sederhana seperti inside dan outside saja dia masih bingung. Padahal, kalau salah jawab soal, nilainya akan berkurang (mundur), trus anaknya jadi ngambek nggak mau melanjutkan belajar lagi.

Itu kalau dilihat dari laporan gambar paling atas, bisa dilihat Diana seperti anomali, mengerjakan soal lebih dari 100 setiap hari (kebanyakan), tetapi dua kali juga cuma mau mengerjakan 20 soal saja. Bisa dipastikan kalau hanya 20 itu dia ngambek nggak mau lanjut gara-gara salah jawab soalnya.

Sementara ini dulu yang bisa saya bagi pengalamannya soal belajar matematika menggunakan IXL. Kapan-kapan lanjut lagi ya kalau ada lagi yang bisa dibagikan.

Tulisan ini sudah 107 kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *