Minggu Pertama Bayi Dedek Diana

Yeay! Terlewati sudah satu minggu pertama saya mengasuh Dedek Diana. Sudah merasakan bagaimana bahagianya memiliki seorang anak, bayi mungil yang sangat cantik, Diana Wahyudi.

Soal menyusui pertama kali, sudah saya tulis sebelumnya kan ya.. Di tulisan ini, saya cerita soal lainnya.

Minggu Pertama Bayi Dedek Diana

Hari kedua dan ketiga Dedek Diana, malamnya rewel banget. Karena luka di perut saya bekas operasi sesar masih menyisakan rasa sakit, saya nggak bisa lama-lama menggendongnya.

Saya juga belum belajar menggendong memakai kain jarik. Jadilah Mama yang menggendong semalaman tanpa istirahat. Tebakan Mama, rewelnya Dedek Diana karena tali pusatnya sudah mau copot. Paginya, saat memandikan, saya lihat ujungnya masih basah banget. Jadi nggak mungkin kan ya, rewelnya itu karena tali pusat? Entahlah.Malam keempat, ada kejadian. Saat tengah malam Dedek Diana terbangun minta minum asi, saya bangun. Saya lihat mulutnya berbusa. Saya lap pakai tissue. Saya tunggu sebentar. Eh, keluar busa lagi. Saya langsung bangunkan suami. Saya minta dia pergi ke kamar sebelah bangunin Mama. Mama tergopoh-gopoh datang buat melihat. Dengan enteng dia bilang, ‘owh, itu Dedeknya pinter, mulai mainan lidah ditiup-tiup’.. Legaaa!Seminggu pertama ini, Dedek Diana sudah bisa:

1. Bereaksi menggenggam jari tangan bapaknya yang dideketin ke tangannya.

2. Kalau dengerin musik kayak menghayati gitu. Apalagi lagu-lagu yang biasa diputer selama saya hamil. ‘Aku kenal lagu ini lho..’ gitu kali kalo dia sudah bisa ngomong.

3. Nangis kenceng banget saat haus minta mimik asi, dan saat ngompol atau buang air besar.

4. Tali pusatnya belum putus di hari ke delapan. Tapi besok saatnya kontrol ke dokter anak untuk yang pertama kali, saya akan tanya kenapa lama putusnya, padahal biasanya tali pusat bayi akan putus saat umurnya satu minggu.

5. Kulit Dedek Diana mulai mengelupas. Di tangan dan kaki agak lama mengelupasnya, karena saat dimandiin, bayi akan gerak-gerak terus, sehingga relatif sulit digosok dan dibersihkan.

6. Sampai hari ini Dedek Diana nggak pernah gumoh. Saat minum asi, kalo sudah kenyang biasanya dia langsung menutup mulutnya kenceng-kenceng, trus merem. Jadi nggak pernah sampai kekenyangan dan perlu dimuntahkan kembali. Dedek Diana bayi yang pintar, ya?

7. Tak pernah gumoh, tapi Dedek Diana sering sekali cegukan. Mama sih bilang, nggak apa-apa, melatih otot jantung, katanya. Saya sendiri belum mencari tahu apa yang sesungguhnya terjadi saat bayi cegukan. Ntar deh baca-baca, hehehe…

Saya dan suami sudah merasakan hari-hari pertama membesarkan seorang bayi. Semoga lancar terus nantinya di minggu-minggu berikutnya. Aamiin…

 

Related Post

Tulisan ini sudah 7,016 kali dibaca

3 comments on “Minggu Pertama Bayi Dedek Diana

  1. Wahhh lucu, seru yaaaa kalau pertumbuhan anaknya ditulis di blog. Seneng bacanya. Apalagi waktu diana udah bisa mainin lidahnya… Salam buat dedek diana ya..

  2. cantiknya si dedek!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

12,263 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>