Mengunjungi 5 Tempat Wisata di Sekitar Malioboro, Cara Seru Liburan Hemat di Jogja

Bicara tentang Jogja, nggak bisa lepas dari nama Malioboro. Kawasan pusat pertokoan ini menjadi salah satu ikon di Jogja yang selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya. Selain menjadi pusat bisnis dan belanja oleh-oleh, Malioboro juga dikelilingi dengan pusat pemerintahan dan banyak tempat bersejarah yang menarik.

Jalan Maliboro adalah legenda dan sudah dikenal di seluruh penjuru dunia. Dengan lokasi yang berada di lingkungan keraton, jalan ini menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian Jogja sejak zaman penjajahan Belanda. Semakin hari, kawasan Malioboro semakin berkembang dan kini menjadi destinasi wisata utama di Jogja.

Liburan di kawasan Malioboro juga menjadi alternatif cara hemat menikmati Jogja. Banyak tempat wisata menarik di sekitar jalan ini, yang bisa kamu catat sebelum beli tiket kereta promo Jakarta Jogja.

1. Tugu Pal Putih

sumber: tembi.net/Suwandi

Menikmati sore di Tugu Pal Putih yang berada di ujung jalan Malioboro adalah sebuah pengalaman yang nggak akan terlupakan. Senja nan cantik di tugu yang berdiri tegak membelah jalanan Jogja, dinikmati sembari menyantap makanan ringan di kursi yang tersedia di tepi trotoar tentu membekas dalam kenangan.

2. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

sumber:wikipedia.org/China_Crisis

Yuk mengenal budaya Jawa di Keraton Ngayogyakarta Hadiningkrat. Meski menjadi tempat tinggal keluarga keraton, tetapi beberapa bagian dari istana ini dibuka untuk umum pada jam tertentu. Banyak hal menarik bisa ditemui di sini, mulai dari benda peninggalan sejarah yang masih tersimpan rapi. Hingga pertunjukan budaya dan tempat belajar menari atau belajar aksara Jawa.

3. Titik Nol Kilometer

sumber:genpijogja.com

Tepat berada di depan Benteng Vredeburg dan berseberangan dengan Kantor Gubernur Jogja, di situlah titik Nol Kilometer Jogja. Setelah menikmati jalan-jalan santai di Malioboro, duduk di titik Nol Kilometer sambil menikmati pertunjukan dari musisi jalanan yang kualitasnya sangat mumpuni adalah hal wajib yang harus kamu lakukan di Malioboro.

Setiap sore hingga malam, musisi jalanan mulai memainkan tembang-tembang yang membuai telinga. Nikmati pertunjukan mereka sambil mencicip jajajan tradisional, seperti kacang rebus yang banyak dijual asongan di sana.

4. Alun-Alun Kidul

sumber:maioloo.com

Di dekat Malioboro ada Alun-Alun Lor yang penuh dengan penjual makanan. Tapi, untuk menikmati pengalaman baru yang lebih seru, main ke Alun-Alun Kidul yuk. Lokasi alun-alun yang identik dengan dua pohon beringin raksasanya ini ada di dekat Keraton.

Di sini ada banyak penjual makanan dengan beraneka pilihan kuliner yang bisa dicicipi. Tapi yang paling terkenal dari tempat yang kerap disebut dengan nama Alkid ini adalah mobil hiasnya yang penuh lampu warna-warni.

Coba deh kayuh mobil-mobil cantik ini bareng teman atau keluarga. Tapi jangan lupa tawar harga sewa dulu ya, biar lebih hemat!

5. Taman Sari

sumber:wikipedia.org/Uwe Aranas

Masih di sekitar Alkid dan Keraton, ada tempat pemandian para ratu dan puteri raja zaman dahulu yang dinamakan Taman Sari. Tidak hanya punya kolam cantik, tempat ini juga penuh cerita bersejarah yang menarik.

Jangan ragu menyewa jasa guide di sini. Mereka akan menjelaskan sejarah Taman Sari dan membawamu ke seluruh tempat, dengan bayaran seikhlasnya. Jadi nggak bakal bikin kantong bolong.

Selain main ke tempat-tempat menarik di atas, Malioboro sendiri juga nggak kalah seru. Selain belanja, kamu juga bisa mencicipi aneka kuliner khas yang rasanya lezat. Mampir deh ke Lumpia Samijaya yang rasanya unik, yang hanya bisa ditemui di Malioboro!

Nikmati momen liburanmu di sini, jangan hanya sibuk mengambil foto saja. Duduk santai sambil menikmati makanan dan melihat lalu lalang pengunjung di Malioboro, adalah sebuah kenikmatan yang hanya bisa kamu temukan di Jogja.

Beli tiket kereta promo Jakarta Jogja sekarang juga di Traveloka, dan selamat berlibur di kota yang selalu ngangenin ini.

Related Post

Tulisan ini sudah 2,555 kali dibaca

One comment on “Mengunjungi 5 Tempat Wisata di Sekitar Malioboro, Cara Seru Liburan Hemat di Jogja

  1. Pingback: Diana Sudah Berhasil Berjualan Sendiri - Hallo Diana! | Parenting and Lifestyle Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

11,379 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>