Mengenal Budaya Nusantara

Beberapa hari lalu suami memberitahu bahwa ada teman ngetwit kalau di kantor Gramedia sedang ada bazar buku diskon. Suami nggak spesifik nyebutin buku terbitan mana. Tapi saya ya penasaran juga, karena sekilas sekitar minggu lalu pernah baca juga di Instagram, ada yang share dapet buku berharga ekstra murah dari Gramedia.

Kantor kan tinggal loncat juga sampai di Gramedia. Kenapa nggak nyoba?

Akhirnya ada kesempatan juga, bisa keluar dari kantor jam 4. Melipirlah ke Gramedia dan pulang dengan sekresek penuh buku. Yang lagi ngadain pesta diskon ternyata BIP. Jadi cuma buku-buku terbitan BIP (kebanyakan sih buku lama ya, sekitar 2013an) yang didiskon. Salah satunya buku ini, Mengenal Budaya Nusantara.

Buku Mengenal Budaya Nusantara

Diskon bukunya berkisar 50 hingga 70% kayaknya. Jadi buku-buku yang harganya kisaran Rp. 30.000,- hingga Rp. 50.000,- didiskon menjadi Rp. 10.000,- saja. Buku dengan harga kisaran Rp. 60.000,- sampai dengan Rp. 80.000,- dikasih harga Rp. 20.000,- dan seterusnya. Buku Mengenal Budaya Nusantara ini saya dapatkan di harga Rp. 30.000,- dari harga aslinya mungkin sekitar seratus ribuan.

Mengenal Budaya Nusantara berisi 33 cerita dari masing-masing propinsi di Indonesia. Sebelum ada yang protes soal jumlah propinsi di Indonesia kok cuman ada 33, ya harap maklum ya, namanya juga buku ini terbitan 2013, jadi pas bukunya dibuat, jumlahnya emang baru segitu. Propinsi Kalimantan Utara belom masuk waktu itu, meski sudah disahkan April 2013.

Buku setebal 190 halaman ini berisi cerita pendek dan berilustrasi di semua halamannya. Untuk Diana (45 bulan) yang belum bisa konsentrasi lama mendengarkan mamanya membaca cerita, lebih seneng membolak-balik bukunya dan mencari gambar yang disukainya saja, lalu bertanya-tanya soal gambar itu.

Beberapa daerah yang sudah dimengertinya sedikit-sedikit antara lain Sumatera Utara (karena dia punya orang yang disebutnya Ompung, Diana juga sudah pernah traveling ke Medan), Sumatera Barat (karena simbahnya ada di sana), DKI Jakarta (tentu saja), Jawa Tengah (daerah asal usulnya) dan Bali (sudah pernah ke sana).

Mengenal Budaya Nusantara BIP Gramedia

Buku ini bagus buat ngenalin budaya-budaya yang ada di Indonesia. Mengisahkan tempat bersejarah, makanan tradisional, hewan khas daerah, lagu daerah, hingga suku-suku yang ada di propinsi di Indonesia. Buat anak yang mulai masuk sekolah SD cocok kali ya. Buat Diana sih, sebatas ngenalin dulu. Yang paling asyik sih emang diajak traveling langsung, terbukti Diana kalau lihat yang berhubungan dengan Bali langsung nyeletuk “Itu di Bali, Ma.

Saya suka dengan bagian Penebang Liar di Belantara Dayak, bisa mengajarkan anak agar kita selalu menjaga kelestarian hutan. Meski ceritanya ada bagian yang saya pertanyakan, karena suku Dayak Pedalaman yang terkesan “main hakim sendiri“,  mereka yang menghukum para penebang hutan dan pencuri kayu. Kemanakah penegak hukum? Apakah memang seperti itu kenyataannya di sana? 😉

~~~

Mengenal Budaya Nusantara

Cerita oleh Afin Murtiningsih & Indah Hanaco

Ilustrasi oleh InnerChild Studio

Terbit 2013 oleh Bhuana Ilmu Populer

Tebal 190 halaman full color

Tulisan ini sudah 879 kali dibaca

3 thoughts on “Mengenal Budaya Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *