Mencetak Busy Book Untuk Diana

Kalau bikin busy book untuk anak-anak yang model dari kain flanel dengan dijahit-jahit gitu, saya sudah pasti melambaikan tangan ke kamera deh. Satu, nggak telaten menjahit. Dua, susah nemuin cara bikinnya di internet (printable maksudnya, supaya tinggal jiplak). Memang ada sih, gambarnya yang bisa dijadiin ide. Tapi gambar saja nggak cukup buat saya yang culun banget dalam urusan perkreatifan bikin bahan belajar atau permainan buat anak.

Nah, sebagai alternatif membuat busy book dari kain, bisa juga dibuat buku biasa. Tinggal kumpulin printable aja dari internet. Tapi bukan berarti nggak ada masalah bikin buku semacam ini, karena biasanya sulit sekali menemukan website yang one stop service. Kalaupun ngasih free printable, hanya ada satu atau dua lembar saja yang dikasih.

Busy Book Diana dari Morinaga MI Play Plan

Begitu bulan lalu saya menemukan web Morinaga MI Play Plan, saya langsung bersorak. Kenapa? BUANYAK BANGET PRINTABLE-NYA! Nggak cuma satu atau dua lembar, tapi berpuluh-puluh lembar. Jadi praktis kalau mau bikin buku, tinggal download dari satu sumber, bisa langsung dapat satu busy book.

Mau bikin busy book yang mirip dengan punyanya Diana juga? Gampang banget kok caranya:

  • Buka web Morinaga MI Play Plan.
  • Sign-up menjadi member.
  • Identifikasi kecerdasan anak, sehingga kita tahu, mana yang masih perlu perlu diasah atau mana yang harus ditingkatkan lagi. Sesuaikan kebutuhan tersebut dan buat rencana bermain dengan anak. Menyusun jadwalnya juga bisa menggunakan kalender di web tersebut.
  • Buka halaman printable dan download file .pdf yang sudah mereka sediakan.
  • Pergi ke percetakan digital dan buat busy book untuk anak. Saya mendesain sendiri sampul muka bukunya menggunakan aplikasi online. Meskipun sederhana, saya senang berhasil membuatnya sendiri. Saya cetak bukunya di kertas art paper 150 gsm dan kemudian dilaminating doff. Kenapa? Karena dengan laminating doff, kertas tersebut dapat dicorat-coret oleh anak menggunakan krayon dry erase kemudian dihapus kembali. Jadi bukunya awet, meskipun berkali-kali dicorat-coret.

Uang Generasi Platinum

Sekalian mumpung saya pergi ke percetakan digital, saya cetak juga Uang Mainan Generasi Platinum yang juga saya dapatkan printable-nya di web Morinaga MI Play Plan. Gunanya apa uang-uangan ini? Untuk bermain membeli dan menjual es krim seperti yang diajarkan oleh Morinaga Platinum.

Si Kecil sudah selesai membuat ide bermain "Membeli dan Menjual Es Krim" yang MP bagikan kemarin? Siap bermain jadi tukang es krim dan pembelinya? Yuk, kita mulai bermain! Jangan lupa ikuti tahapan evaluasinya juga, ya. Cara Bermain: – Pertama-tama, tentukan peran dalam permainan. Misalnya Bunda/ Ayah menjadi tukang es krim, dan Si Kecil menjadi pembeli. – Jelaskan kepada Si Kecil ada beberapa jenis es krim yang tersedia. Satu sendok es krim diberi harga satu lembar uang. – Semakin tinggi es krim, maka semakin banyak uang yang harus dibayarkan. Minta Si Kecil untuk  mengenali mana es krim yang paling tinggi dan yang paling rendah. – Dalam bermain, Bunda/ Ayah sebagai tukang es krim dapat bertanya kepada Si Kecil mengenai rasa es krim apa yang ia inginkan. – Jika Si Kecil sudah memilih es krimnya, Bunda/ Ayah bersama Si Kecil, dapat menyusun es krim pesanan Si Kecil dengan menempelkannya pada karton. – Setelah itu, Bunda/ Ayah dapat memberikan es krim tersebut pada Si Kecil dan menyebutkan harganya. – Minta Si Kecil untuk memberikan uang sejumlah harga es krimnya. Bunda/ Ayah dapat membantu Si Kecil jika dia terlihat kebingungan. – Bunda/ Ayah dapat berganti peran dengan Si Kecil dan menyusun lebih banyak es krim. Evaluasi: 1. Hari ini Adik/ Kakak habis bermain apa ya? Sepertinya seru sekali. 2. Es krim yang mana yang butuh uang paling banyak untuk membelinya? Yang paling sedikit? 3. Apakah ada kesulitan saat harus memberikan uang pada saat membeli (transaksi pembayaran #morinaga #morinagaplatinum #miplayideas #playideas #miplayplan

A photo posted by Morinaga Platinum (@morinagaplatinum) on

Untuk melakukan permainan membeli dan menjual es krim ini, tentu saja saya harus membuat es krimnya terlebih dahulu. Saya lalu mencari free printable di Google. Yap! Emak-emak macam saya ini apa-apa emang harus mencari pertolongan. Hahaha.

Es Krim DIY Printable

Kalau saja saya print di atas kertas warna, pasti sekali dimainin sama Diana sudah langsung rompal semua. Harus mikir nih, supaya mainannya awet, sekali bikin nggak cepet rusak. Jadi saya buat di atas kertas berwarna putih yang sudah saya laminating terlebih dahulu. Jadi meskipun terlihat tipis, tetapi kuat, nggak bakal sobek meskipun terkena air. Supaya terlihat lebih menarik, saya lapisi kembali dengan kertas berwarna-warni. (Dua kali kerja, tapi puas lihat hasilnya.)

Es Krim Plastik DIY Printable

Wah, nggak terasa banyak bener ya mainan Diana berkat Morinaga MI Play Plan. Siap-siap besok bermain sambil belajar.

Bermain Es Krim di Taman

Habis mainan membeli dan menjual es krim ini, saking senengnya sama es krim buatan mama, ke mana-mana selalu dibawa. Habis mandi, yang dicari adalah es krimnya. Dibawa jalan-jalan sore ke taman, siapa tahu nanti haus, tinggal makan es krimnya, Ma. Hahahaha.

Tulisan ini sudah 5,060 kali dibaca

16 thoughts on “Mencetak Busy Book Untuk Diana

  1. Maaak keren bangeet. Aiih, Diana pasti senang sekali emaknya rajin begini … 🙂
    Bisa dibisnisin, tuh Mak …. bikin banyak2 trus dijual lagi, pasti banyak yang mau 🙂

    1. Makasiiih, Mak. Hihihi, rajinnya masih taraf kadang-kadang.

      Nggak bisa dibisnisin deh kalau yang ini, kan bukan karya sendiri. Saya cuma nge-print doang. 🙂

  2. Ayo cepat abisin dek Diana..nanti dicetakkan yang baru lagi…Ini memang harus dilakukan oleh orang tua pada anaknya guna memberikan stimulan dalam perkembangan otaknya. Semoga sukses …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *