Memotong Kuku Bayi Itu Susah

Sarung tangan dan kaos kaki bayi yang saya belikan buat Dedek Diana, sejak lahir sampai sekarang nggak pernah dipakai, deh. Tiap kali saya coba pakein, selalu digosok-gosok sama dia sampai terlepas sendiri hanya dalam hitungan menit. Saat kuku jarinya belum bertambah panjang, nggak ada masalah nggak pakai sarung tangan atau kaos kaki. Tapi, rupanya kuku bayi cepet banget nambah panjangnya.

Awalnya, saya nggak berani motong kuku bayi sendiri. Lha kalo dibiarkan terus menerus kuku itu bertambah panjang, bisa runyam, karena bayi suka banget menggerak-gerakkan tangannya ke mana saja. Kalau sekedar nyakar orang tuanya, nggak ada masalah. Kalau sudah mulai melukai muka sendiri, bisa ilang cantiknya. Malah, saya baca, kuku jari juga berpotensi masuk ke mata dan merusak retina. Hih, syereemm.

Memotong Kuku Bayi

Potong Kuku Bayi Dedek Diana 2

Memotong Kuku Bayi

Memotong Kuku Bayi

Sambil setengah deg-degan, akhirnya saya beraniin memotong kuku bayi saya. Minta tolong simbahnya ya nggak mungkin kan, karena matanya sudah pasti lebih rabun daripada saya. Bismillah, saya ambil gunting kuku saya. Ya, ya, saya memang belom beli gunting kuku khusus bayi. Saat tantenya Dedek Diana mau beliin juga kebetulan stok di tokonya lagi habis. Jadilah saya menggunting dengan gunting kuku ukuran besar.

Nggak ada trik dan cara khusus kok yang saya terapkan buat menggunting kuku bayi. Sama saja caranya seperti saat saya memotong kuku saya sendiri. Hanya saja, ya susah dikerjakan kalau bayi dalam keadaan terjaga, karena secara otomatis dia akan melawan. Saya sudah coba, dan Dedek Diana gerak-gerak terus. Makanya, saya putuskan untuk mengguntingnya dalam keadaan tidur. Yang jadi masalah, terkadang [lebih sering malah] Dedek Diana tidurnya dibedong, jadi, gimana mau nggunting kuku kalau tangannya ada di dalam bedongan? Hahaha…

Nunggu waktu yang tepat suka susah. Padahal kuku bayi dalam dua hari aja nambah panjangnya udah banyak banget. Nggak kayak kuku orang dewasa. Dan saya memotongnya nggak berani sampai bener-bener deket sama kulit tangannya, jadi masih ada sisanya dikit. Ya nggak papalah, daripada nggak dipotong sama sekali.

Tulisan ini sudah 7,997 kali dibaca

6 comments on “Memotong Kuku Bayi Itu Susah

  1. kalo boleh saran lebih gampang pake potongan kuku bayi yg model gunting mba, soalnya kl yang model jepit gitu kuku nya suka lompat kemana mana tho…hehehe…
    btw dedek diana nya lucu…..

    • isnuansa on said:

      Iya, Piet. Kukunya lompat-lompatan.
      Tapi berhubung aku punyanya cuma itu, ya tak pakek aja dulu… 😉

  2. Kurnia Septa on said:

    kudu telaten mbak ya, kan jarinya masig kecil dan hati2 🙂 :Happy-Grin:

  3. momyaudry on said:

    kalo aq motongin kuku nya audry pake gunting yang buat gunting alis ato bulu mata gitu.hehehee.praktis hrganya cm 5rb aja.bisa aq pake walopun audry bangun.pernah aq coba pake gunting kuku,malah susah bgt soalnya kukunya kan masih tipis n alot gitu ( susah gitu deh ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

11,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>