Membuat Puzzle Sendiri Untuk Mainan Anak

Waktunya menulis soal mainan buat Diana lagi. Kali ini membuat puzzle sendiri untuk mainan anak. Selama ini Diana seneng banget kalau dikasih mainan puzzle. Beli jadi, toh harganya juga murah meriah, hanya sepuluh hingga lima belas ribu rupiah saja untuk sebuah puzzle berukuran kecil.

Tapi ini mainan buat dibawa pas pulang mudik nantinya. Agak repot kalau harus bawa yang ukurannya besar-besar. Saya nyari seperti biasa di blog mama-mama di luar. Dapetlah dari blog Activity Village yang daftar printable-nya bejibun dan bagus-bagus.

Yuk, cus, lihat caranya saya bikin puzzle sendiri buat mainan anak:

Ya sudah pasti gambarnya pertama-tama di-print lah ya. Milih gambar yang mana yang mau di-print aja pakai bingung, soalnya banyak banget dan bagus-bagus semua. Saya pilih 4 lembar saja, biar nanti juga mainannya yang dibawa mudik juga lebih beragam. Di blog Activity Village  disebutnya jigsaw, ya, bukan puzzle. Sudah lengkap dengan pola pemotongnya, biar kita nggak pusing mau gunting seperti apa itu puzzle-nya.

Puzzle buatan sendiri

Gunting gambar yang berukuran besar dan berukuran kecil. Yang kecil simpen aja dulu, yang mau digunting-gunting jadi puzzle yang berukuran besar, jadi saya laminating dulu. Biar apa? Supaya lebih awet kalau dimainkan. Nggak kelipet dan gampang lecek. Ya memang sih, belum tentu mainan ini mau dipegang berkali-kali, tapi setidaknya kalau bentuknya masih rapi, siapa tahu nanti dicolek lagi kalau lagi bosen mainan yang lainnya.

Pola Puzzle

Setelah di-laminating, baru saya print pola untuk puzzle-nya. Kalau buibu mau gunting sesuai keinginan sendiri juga bisa. Atau kalau mau ngikutin pola puzzle yang seperti biasanya (yang biasa di puzzle beli jadi) juga boleh, tapi buat saya lumayan ribet ya motongnya, saya pilih yang praktis aja.

Puzzle sudah jadi

Kalau sudah jadi, tinggal simpan saja di dalam plastik klip. Saat traveling nanti tinggal masukin tas busy bag, praktis deh. Lumayan, sore ini sambil ngabuburit saya sudah bisa bikin 4 puzzle yang siap diangkut saat pulang mudik nanti. Besok bikin apa lagi ya? Ada ide?

Puzzle sudah jadi

Tulisan ini sudah 3,354 kali dibaca

4 thoughts on “Membuat Puzzle Sendiri Untuk Mainan Anak

  1. Wihh kreatif juga mba puzzle nya. sebelumnya saya gak kepikiran buat seperti ini. Mungkin nanti kalau puzzlenya sempurna boleh kali ya di jadikan kado untuk ultah anak tetangga 🙂 hehe NGirit gtu

  2. wih, puzzlenya bijibun bagus mbk. diana pasti suka tu mbk.

    boleh lah izin share ke fb. soalnya cocok ni buat ibu2 se usian diana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *