Membuat Playdough Sendiri Di Rumah

Hingga usia 2 tahun, Diana belum pernah mainan playdough. Beberapa hari lalu, iseng saya coba membuat playdough sendiri saat malam hari belom tidur-tidur juga. Toh, bahannya semua ada. Daripada beli yang harganya mahal (seperti Play Doh) mendingan kalau bisa bikin sendiri yang harganya murah, kenapa enggak?

Cari bacaan di beberapa situs, kok pakai air es ya, bikinnya? Waduh, saya nggak biasa minum air es, jadi di kulkas nggak ada air dingin. Mau bikin air es dulu kok males nunggunya, berarti harus besok, dong? Ah, hajar aja deh, pakai air biasa.

Mau nyobain pakai yang dimasak kok malah males ya. Kayaknya enak yang tanpa dimasak, tinggal uleni aja, hehehe..

Membuat Playdough Sendiri

Resep playdough yang akhirnya saya pakai adalah:

  • 2 cangkir tepung terigu
  • 1 cangkir garam halus
  • 2 sendok maizena
  • 2 sendok minyak goreng
  • air biasa secukupnya
  • pewarna makanan

Kalau ada yang protes karena airnya kok nggak jelas, ya silakan, hahaha. Cangkir yang saya pakai buat mengukur pun nggak bisa disebut cangkir, pokoknya asal aja, yang penting perbandingan terigu dan garam 2:1.

Cara membuat playdough sendiri sebagai berikut:

  • Campurkan tepung terigu, garam dan maizena hingga tercampur rata.
  • Masukkan minyak goreng dan aduk lagi.
  • Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan kalis (tidak lengket lagi di tangan).
  • Bagi sesuai jumlah warna yang akan dibuat. Tambahkan pewarna pada masing-masing bagian. Uleni lagi sampai playdough jadi berwarna rata.
  • Bungkus dengan plastik dan simpan di dalam lemari es. Siap digunakan untuk bermain.

Resep Membuat Playdough Sendiri

Kemarin saya membuat sendiri playdough menjadi 4 warna. Saya hanya punya 3 pewarna makanan di rumah, yaitu merah, hijau dan kuning. Jadi saya membuat playdough warna merah, hijau, kuning dan coklat. Warna coklat saya peroleh dengan mencampurkan pewarna makanan hijau dengan merah. Gimana, asyik, kan?

Berapa sih biaya yang dikeluarkan?

Saya sendiri karena semua bahan ada di rumah, sisa membuat kue, jadinya ya nggak berasa mengeluarkan biaya. Murah abis! Tapi yuk coba kita hitung. Harga tepung terigu sekilonya sekitar 15 ribu (nggak tahu tepatnya karena kalau belanja jarang diingat harganya berapa), garam halus 100 gram sekitar dua ribu rupiah kali ya… Trus, pewarna makanan sebotol kecil harganya 5 ribu per warna. Bisa dipakai puluhan kali bikin playdough. Hahahaha…

Jadi kalau tepungnya seperempat kilogram paling cuma 4 ribu. Ditambah garam 2 ribu, dan pewarna, nggak sampai 10 ribu lah ya, sekali bikin playdough. Padahal kalau beli jadi, bisa ratusan ribu lho.. Tapi ya memang ada harga ada rupa, ya. Playdough buatan sendiri ini gampang kering kalau dibandingkan dengan yang beli di toko. Kalau sudah nggak dimainin lagi, masukin plastik dan simpan di kulkas ya…

Cara Membuat Playdough Sendiri

Siapa mau bikin playdough sendiri? 😉

Related Post

This entry was posted in Info.
Tulisan ini sudah 30,113 kali dibaca

6 comments on “Membuat Playdough Sendiri Di Rumah

  1. Aaaah. Thank youuuuu.. 😀

  2. lebih aman ya mbak buat sendiri tidak mengandung zat kimia berbahaya

    • isnuansa on said:

      Iya, Mbak. Pewarnanya dipakai pewarna makanan. Tapi kalau sampai dimakan ya kliyengan juga kali, lha wong garamnya banyak gitu…

  3. Metta on said:

    Trm ksh bunda sharingnya. Hari ini saya juga bikin setelah baca link ini, murah meriah n gampang bangat.
    Tq ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

11,250 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>