Membuat Movable Alphabet Pertama Kali

Diana memang belum belajar membaca dan menulis. Tetapi karena saya terinspirasi dari berbagai blog di luar sana yang menerapkan metode Montessori dalam mengajari anaknya, saya mulai nyicil membuat movable alphabet. Ngintip di blog-blog emak luar negeri sih, mereka kreatif-kreatif banget bikinnya. Permainannya juga beragam sekali.

Movable Alphabet

Saya termotivasi banget buat bikin-bikin apa yang bisa saya bikin mulai dari sekarang. Dan saya memutuskan movable alphabet ini untuk yang pertama saya bikin. Sederhana bangetlah ini, tapi nggak semua mau bikin karena memang agak repot jugalah ya.

Movable Alphabet

Langkah-langkah yang saya lakukan:

  1. Googling free printable yang ngasih gambar jelas dengan ukuran besar. Ada banyak gratisan dan tinggal pilih sesuai selera. Saya print di kertas A4 warna putih. Awalnya saya nyesel nge-print di kertas tipis, karena itu berarti harus kerja dua kali atau motong-motongnya. Tapi akhirnya saya batal nyeselnya, karena lihat ada juga yang bikin kayak begitu, dan malah terlihat bagus menurut saya, karena latar belakangnya dibikin warna dengan memotongnya lebih besar dari pada kertas putihnya.
  2. Setelah di-print di atas kertas putih, saya lalu mengguntingnya sesuai dengan kotak-kotak yang telah tersedia. Oiya, saya sengaja memang memilih free printable yang juga sudah dikotak-kotak hurufnya, jadi saya tinggal nggunting saja.
  3. Setelah semua digunting, lem masing-masing huruf di atas kertas buffalo. Beri jarak, karena memang nanti akan diberi bingkai pinggirannya supaya terlihat warna kertas belakangnya.
  4. Gunting lagi dengan menyisakan beberapa milimeter di sekitar kertas putih tersebut. Saya pakai kira-kira saja, nggak perlu rapi-rapi harus simetris sekian milimeter. Toh, nggak akan dinilai karena ini bukan prakarya anak sekolahan.
  5. Laminating agar lebih awet. Saya sih laminating manual dengan selotip lebar aja. Butuh ketelatenan, karena ukurannya sudah kecil-kecil gitu kan, harus ngeratain di atas selotip yang kadang suka duluan nempel sendiri, padahal posisinya belom pas. Hahaha.
  6. Gunting lagi yang rapi ya. Tuh, kan, kerjaan nggunting aja sampai 3 kali kan dari awal. Nggak semua orang bisa telaten ngerjainnya. Tapi pasti bisa kok kalau ada niat. Blogger di luar negeri aja punya puluhan set movable alphabet untuk satu model yang sama. Karena apa? Saat dipakai belajar nanti kan emang butuh huruf A banyak, bahasa Indonesia kan boros pakai A. Hahahaha.

Movable Alphabet

Lumayan cakep kan ya hasilnya?

Related Post

Tulisan ini sudah 2,600 kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

12,580 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>