Membuat Lunchbox Notes, Pemanis Bekal Anak Sekolah PAUD, TK dan SD

Lunchbox Notes Hiasan Bekal Sekolah Anak

Gimana cara saya selama ini menghias bekal sekolah anak? Saya biasanya menggunakan stiker nasi, foodpicks dan puncher supaya bekal sekolah anak menjadi lebih unyu. Tentang hal tersebut bisa dibaca di sini.

Nah, kemarin saya lagi nonton Youtube buat cari inspirasi bekal anak karena sebentar lagi masuk SD, saya lihat mama-mama di luar negeri ada yang membawakan bekal anak ke sekolahnya dengan menambahkan Lunchbox Notes.

Lunchbox Notes ini adalah sebuah catatan atau pesan yang ingin kita sampaikan kepada anak saat anak membuka bekalnya. Catatan ini biasanya berupa pesan sederhana bergambar pada kartu yang diselipkan di dalam bekal anak ketika berangkat ke sekolah.

Gimana cara dapetinnya? Tenang, kalau yang nggak suka ribet, bisa beli langsung kok di online shop. Yang lokal saya survey ada yang harganya Rp. 40.000,- dapat 30 lembar kartu. Yang dari luar negeri, harganya lumayan juga, bisa $10 sampai $12 satu setnya berisi 20an kartu, tapi gambarnya bagus-bagus dan bahan kartunya jauh lebih berkualitas. Ada harga ada rupa ya.

Tapi biasalah, saya lebih pilih bikin sendiri aja, yang gratisan, hehehe.

Gimana caranya? Gampil!

Hiasan Bekal Sekolah Anak

Cuma bermodalkan googling dengan kata kunci Lunchbox Notes free printable, dilanjutkan dengan ketekunan, saya bisa menghasilkan dua ratus lebih kayaknya deh, kartu-kartu sisipan untuk bekal sekolah anak.

Terima kasih mama-mama di luar negeri sana yang sudah meluangkan waktunya untuk mendesain kartu-kartu cantik tersebut dan membagikannya melalui blog-blog mereka. Blogger emang baek-baek yah.

Memang harus cari satu per satu ya, yang sesuai dengan selera kita. Satu blog biasanya berbagi satu lembar PDF yang bisa di-download. Satu lembar tersebut seperti gambar nomer satu paling atas, berisi 6 atau 8 atau 10 buah kartu pesan untuk bekal makan siang anak di sekolah. Nah, setelah di-print, bisa digunting menjadi kotak-kotak kecil.

Kenapa harus digunting dulu per kotak kecil, tidak langsung saja satu lembar kertas A4 langsung di-laminating? Begini. Kalau satu lembar A4 langsung di-laminating baru digunting setelahnya, nanti pas digunting dia pas ukurannya dengan kartunya, bisa mudah basah kena air dan rusak. Jika digunting dahulu, kartu menjadi rapi karena sekelilingnya rapat tertutup plastik. Begitu.

Makanya, proses gunting menggunting ini harus dua kali, butuh ketelatenan dan ketekunan. Belum lagi menyusun kertas yang sudah kita gunting-gunting tersebut ke dalam plastik laminating. Posisi dan ukuran kartu kan tidak sama, jadi kita harus bisa menata supaya plastik laminating-nya hemat dan bisa mendapatkan banyak kartu dalam satu lembarnya.

Bekal Sekolah Anak

Puas banget waktu kartunya sudah jadi. Paling tidak, selama 1 tahun anak sekolah, sudah aman Lunchbox Notes gonta-ganti setiap hari, HAHAHAHAHA.

Total waktu yang saya butuhkan untuk mengerjakan ini sampai selesai sekitar 2 hari sih. Enggak full ya, karena saya mengerjakannya di sela-sela waktu kerja yang luang saja. Browsing-nya sekitar satu hingga dua jam sampai terkumpul sekitar 25 lembar Lunchbox Notes siap print. Lalu setelah itu sore harinya saya pakai untuk gunting-gunting.

Hari berikutnya saya gunakan untuk proses laminating, dan selanjutnya kembali menggunting satu per satu setiap kartu setelah di-laminating. Pas sudah mulai bosan menggunting, saya selingi dengan mengetik postingan ini, jadi pas deh, sore hari kedua, selesai sudah proses pembuatan Lunchbox Notes sekaligus selesai sudah mendokumentasikan prosesnya di blog.

Semoga berguna buat ibu-ibu yang memerlukan pemanis untuk kotak bekal anaknya ke sekolah.

Related Post

Tulisan ini sudah 2,040 kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

9,641 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>