Membuat DIY Montessori Beads Dari Mutiara Sintetis

Buat melatih kecerdasan matematika Diana nanti, saya sudah bulat akan menggunakan Montessori. Konsep hands-on Montessori tepat banget buat anak pra-sekolah mempelajari dasar matematika secara konkrit, sebelum lebih lanjut akan berubah menjadi angka-angka yang abstrak. Jadi, bakalan lebih mudah dipelajari jika anak memegang barangnya secara real di tangan mereka. Nantinya angka-angka itu akan menjadi abstrak ketika sudah berpindah ke pinsil dan kertas. Begitchu.

Kebanyakan kan anak (termasuk saya dulu) diajari ini angka 1, ini angka 2, ini angka 3, sedangkan 1, 2, 3 itu seberapa, mereka nggak ngerti. Kalau udah tahu 1 itu segini, 2 itu segini (sambil sodorin alatnya) dan seterusnya sampai 10 itu segini, nanti anak akan ngerti konsepnya 100 itu segimana banyaknya, 1.000 itu segimana banyaknya dengan lebih mudah, karena real di tangan mereka.

Nah, untuk belajar angka, alatnya adalah Montessori Beads. Saya cari di Instagram, rata-rata yang jualan satu set itu harganya sekitar seperempat juta untuk jumlah Montessori Beads yang sangat sedikit. Bikin jantung deg-degan seketika, kan? Makanya saya mau bikin DIY aja, hitung-hitung buat ngisi waktu luang juga, daripada kebanyakan magabut. Hahaha. Bahannya boleh apa saja sih, mau manik-manik plastik, payet, dari kayu, atau mutiara asli kalau sanggup belinya, juga boleh. Saya? Tentu cari yang ekonomis lah ya: mutiara sintetis.

Lalu ketemulah saya dengan penjual mutiara sintetis yang cocok. Yang semua warna yang saya butuhkan dia punya. Males banget kan, kita butuh 10 macam warna, tapi ada satu atau dua yang kosong, kan jadi boros di ongkos kirimnya. Ya, kan? Sip lah, 10 warna itu sudah ditetapkan oleh Montessori ya, apa saja. Meskipun kalau kita nggak ngikutin juga nggak papa sih, kalau anaknya nggak full Montessori atau sekolah Montessori.

Warna angka 1 itu merah, 2 memakai warna hijau, 3 dengan warna pink, angka 4 direpresentasikan dengan warna kuning, 5 warnanya biru muda, 6 warna ungu, 7 adalah warna putih, 8 warna coklat, 9 warna biru tua dan 10 adalah warna gold. Saya ngikutin warna yang sudah ditetapkan Montessori. Mutiara yang saya pakai ukuran 6mm, tetapi setelah jadi, kok, ternyata kecil ya ukuran 6mm itu, hiks. Saya sarankan sih kalau teman-teman akan bikin Montessori Beads, beli mutiara sintetis atau manik kayunya minimal yang ukuran 8mm, syukur-syukur yang ukuran 10mm.

DIY Montessori Beads

Bahan:

  • Mutiara sintetis 10 warna.
  • Kawat.
  • Tang

Udah. Itu aja sih yang diperlukan. Saya pakai kawat beli di toko material. Saya bawa mutiara sintetisnya, dan saya coba mana kawat yang masuk, saya beli. Jadi saya juga nggak tahu itu kawat ukuran berapa mm. Beli segulung cuma Rp. 5.000,- udah bisa buat semua Montessori Beads saya lebih 20 set juga masih sisa banyak kawatnya. Kalau mau lebih gampng sih, beli eye pins yang udah jadi, tinggal masukin beads-nya dan ngunci satu bagiannya doang. Pakai kawat biasa juga gampang kok bikinnya. Hanya butuh ketelatenan doang.

Cara membuat:

  • Saya sarankan memulai dari yang angka 10 terlebih dahulu. Jadi nanti tangan sudah mulai lancar membuat angka yang lebih kecil. Kalau dari angka kecil (apalagi 1) cenderung bisa stress duluan karena merasa susah. Potong kawat pertamanya kira-kira aja, lha wong saya ya nggak tahu mutiara ukuran 6mm itu beneran panjangnya 6mm atau namanya doang segitu. Hahahaha. Tes dulu untuk 10 mutiara, lebihin panjangnya masing-masing 1 cm untuk lingkaran pengunci di kiri kanan. Kalau udah dapat ukuran panjang kawatnya, potong kawat sejumlah yang dibutuhkan.
  • Kalau kawat sejumlah yang dibutuhkan sudah dipotong semua, bikin satu mata pengunci untuk semua kawat terlebih dahulu.
  • Kemudian isikan mutiara ke kawat-kawat tersebut sampai selesai.
  • Kunci satu bagian sisi lainnya.
  • Kerjakan hal yang sama untuk angka-angka berikutnya.
  • Tips: Untuk kawat angka kecil (1, 2, 3 dan 4) saya ada trik khusus. Kalau memotong kawat untuk 1 ukuran, akan kesulitan membuat lubangnya karena kawat keras dan pendek. Jadi, saya potong untuk panjang dua ukuran, saya buat mata kawat di kiri dan kanan, lalu baru potong kawat di tengah menjadi dua bagian. (Semoga nggak bingung ya, saya malas bikin gambarnya, hahaha…)

Hasil Bikin DIY Montessori Beads

Beli bahannya saya habis seratus ribu rupiah. Jumlah set yang dihasilkan (kalau sudah jadi dibikin semua) bisa 3 kali lipat banyaknya dari yang dijual di Instagram seharga Rp. 250.000,- per kotak. Saya baru bikin masing-masing angka sekitar 20 hingga 30 buah. Masih sisa buanyaakk banget mutiara sintetisnya. Besok-besok dicicil lagi. 20 set juga udah banyak nih.

Kotak sekat Montessori Beads

Untuk melatih kecerdasan matematika Diana, saat ini saya baru mengenalkan nama 1, 2, 3 dan seterusnya. Itupun Diana kadang masih loncat-loncat. Jadi sementara ini Montessori Beads-nya juga belum bisa dipakai secara maksimal. Ya memang harus pelan-pelan juga sih, nggak boleh pakai paksaan kalau anaknya belum tertarik ke matematika. Yang penting alat belajarnya sudah punya duluan, hehehe.

Tulisan ini sudah 3,511 kali dibaca

9 thoughts on “Membuat DIY Montessori Beads Dari Mutiara Sintetis

  1. mba bole pake kawat yg gor jewelery ga ya? jd bengkok in nya lebih ga susah.
    untuk warna harus ikutin montesori method ga yah? atau boleh apa aja warnanya? atau musti sesuai sama warna dr ketentuan montesori? thank you

    1. Kalau kawat yang bengkokinnya nggak susah, nanti risikonya mleot-mleot kalau udah jadi, Mbak. Kalau anaknya megangnya kenceng-kenceng, suka nekuk.

      Soal warna, tergantung kebutuhan. Kalau anaknya pakai Montessori full, nanti mau disekolahin Montessori, ya sebaiknya ngikutin warnanya, karena soal warna itu sudah ketentuannya seperti itu.

      Tapi kalau hanya ngikutin sebagian metode Montessori, ya nggak papa pakai warna sesuai keinginan aja.

  2. Maaf mbak, kalo boleh tahu beli mutiara sintetis di OS mana? Kebetulan mau bikin montessori beads tp susah cari OS yg punya komplit warnanya. Makasih..

    1. Halo Mbak, saya lupa nama OS-nya, tapi saya masih simpen nomer WA-nya. Namanya Mbak Kartika, bisa dihubungi di 081230962346.

  3. wah rapi banget ya jadinya. aku iriii…
    baru buat 1-10 bbrp pun itu pakai kawat yg mudah meleot. nyesel. dan mau ke toko material ga jadi2 dong sampai akhirnya berganti tahun. haha…

    salam kenal ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *