Mencetak Buku Sendiri Untuk Anak

Seneng bisa nemu website di mana kita bisa download banyak buku secara gratis. Saya akhirnya download banyak. Tapi kok ya cuma berakhir dengan disimpan aja di folder komputer. Sampai akhirnya tadi kepikiran, kenapa nggak dicetak aja? Toh udah ada printer warna dan laminator. *songong*

Akhirnya saya coba pilih yang isinya paling sedikit dulu halamannya. Biar dicoba, anaknya suka enggak kalau bukunya dilapisi plastik laminating begitu. Soalnya kalau langsung cetak yang tebal dan dijilid biasa tanpa di-laminating, jadinya hampir mirip dengan buku-buku yang biasa dibeli di toko buku.

Singing In The Rain jadi pilihan pertama saya. Halamannya cuma ada 8, jadi saya print menjadi 4 halaman A4, masing-masing halaman A4 berisi 2 halaman buku. Sengaja enggak nyetak bolak-balik, karena nanti lucu juga kalau buku cuma 4 halaman, hahahaha.

Cetak Buku Sendiri

Setelah dilaminating, digunting, dirapikan dan diikat (sementara pakai karet gelang, mungkin nanti diganti dengan pita atau ring binder, hehehe), jadilah sebuah buku cerita cetakan sendiri. Murah meriah dan yang penting legal. Terima kasih pada Danielle Bruckert yang udah ngasih akses kepada semua pembacanya untuk bisa memperoleh buku-buku dalam bentuk pdf yang bisa di-download secara gratis.  Sila menuju web-nya kalau mau buku-buku anak juga ya.

Setelah ini, secara bertahap saya bakalan nyetak buku-buku yang ada di situ. Tapi mungkin nggak di-laminating lagi seperti yang sudah jadi di atas. Pilih yang ada ceritanya, dan nanti dijilid aja masing-masing buku. Buat bacaan Diana nanti kalau sudah bisa baca.

Hunting lagi web yang nyediain buku-buku bergambar yang bagus, dengan cerita yang singkat, kok agak susah ya? Mungkin teman-teman ada yang punya pengalaman download ebook buat anak-anaknya? Bagi dong link-nya ke saya. Apalagi kalau buku cerita anaknya berbahasa Indonesia, saya mauuuu bangets. Agak pesimis sih ada web yang seperti itu, hahaha.

Buku beneran juga saya suka beliin lho buat Diana, bukan berarti nggak dibeliin. Salah satu buku kesukaan Diana bisa diintip di postingan yang ini. Itu bukan buku dengan gambar-gambar yang besar, melainkan buku cerita untuk anak-anak yang sudah bisa baca. Sementara sama Diana ya cuma dibolak-balik aja dicari gambarnya, hehehe.

Tulisan ini sudah 1,394 kali dibaca

One thought on “Mencetak Buku Sendiri Untuk Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *