Masak Siomay Ayam Udang Buat Bekal Anak Ke Sekolah

Siomay Ayam Udang

Wahahaha, saya kalau masak siomay ayam udang penampakannya beda jauh ya sama yang biasa dijual di abang-abang. Ini lebih mirip bakso ayam kali ya, karena teksturnya halus banget. Trus, kalau diperhatiin sih resepnya juga mirip-mirip dengan nugget ayam, tinggal masukin ke telur dan balur dengan tepung panir dan digoreng. Udah ah, malah ngelantur.

Balik lagi ke cerita masak siomay. Ini bikin lagi karena permintaan Nana katanya mau bekel siomay. Awalnya pas saya ajak ke kantor, lihat temen sebelah ruangan makan siomay ada sisanya di piring dia lihat. Trus langsung spontan bilang, “Ma, Nana masakin siomay, Ma!” Ya udah, bangun pagi-pagi deh ke tukang sayur beli dada ayam sama udang buat bahannya.

Kalau diminta bagi resepnya, saya bingung, karena tiap kali masak ya hanya cemplung-cemplung aja, nggak pernah ditaker. Tapi saya coba tuliskan ya.

Bahan:

  • Setengah dada ayam
  • Udang 1/4 kilogram (dikupas kulitnya, dan dibuang kepalanya sih, palingan tinggal 100 gram doang ya ini daging udangnya)
  • 8 sendok makan tepung tapioka
  • 1 buah wortel ukuran sedang
  • 2 butir telur ayam

Bumbu:

  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • garam dan gula secukupnya
  • merica bubuk secukupnya
  • beberapa tetes saos tiram
  • 1 batang daun bawang (saya lupa pakai tadi, hahaha)

Cara Memasak a la saya:

  • Masukkan bawang putih, merah, dan wortel yang sudah dipotong sekitar 2 cm ke dalam food processor. Haluskan beberapa detik.
  • Setelah itu masukkan ayam yang sudah dipotong sekitar 2 hingga 3 cm, tambahkan bumbu lainnya. Giling lagi beberapa detik. Lalu masukkan telur dan tepung tapioka dan kembali giling.
  • Baru terakhir udang dimasukkan dan giling sampai semua tercampur rata.
  • Tes rasa dengan menggoreng adonan seujung sendok teh. Pas saya coba, lumayan berasa asin. Tapi nggak saya tambahin tepung sih, biarin aja.
  • Saya mematangkannya dengan merebus. Caranya rebus air sampai mendidih, lalu masukkan adonan dengan memakai dua sendok untuk membentuk menjadi bulat lonjong seperti di foto.
  • Lakukan sampai habis, dan siomay yang sudah matang akan mengapung.

Bekal Anak Sekolah

Hasil siomay ayam udang ini empuk ya teksturnya, nggak alot seperti yang dijual di abang-abang, karena ini pakainya tepung tapioka (dan hanya sedikit), nggak pakai tepung aci atau sagu atau kanji sama sekali. Kalau mau tekstur agak kenyal sih, bisa ditambah dengan tepung sagu. Berhubung saya nggak punya tepung sagu di rumah, ya pakai tapioka aja.

Setelah selesai memasak siomay, lanjut dengan memasak daging ayam cincang dan tumis wortel. Keduanya sih gampil banget bikinnya. Saya yang pemula dalam memasak aja bisa. Bahannya cuma daging ayam yang digiling (saya giling sendiri pakai food processor), sama daun bawang doang. Bumbunya pakai kaldu blok instan, hahahaha.

Panaskan minyak goreng, masukkan daun bawang, tumis sebentar, langsung masukkan ayam giling, dan aduk terus jangan sampai menggumpal besar-besar. Masukkan kaldu blok, sambil terus diaduk sampai dagingnya kering. Udah deh, bisa disimpan buat lauk langsung, atau bisa juga buat tambahan masak nasi goreng.

Tumis wortelnya juga sama masaknya. Serut halus wortel dengan food processor. Tumis bawang merah (iris tipis) dan bawang putih (parut halus) sampai layu. Masukkan wortel. Tambahkan lada bubuk dan kaldu blok. Tunggu sampai wortel matang. Tambahkan telur ayam orak-arik. Angkat sajikan.

Udah jadi deh, bekel anak berangkat ke sekolah. Sambil masak, anaknya siap-siap mandi dan pakai baju sendiri. Selesai siapin bekel, anaknya juga udah siap berangkat, tinggal cuzz jalan sendiri.

Tulisan ini sudah 2,991 kali dibaca

One thought on “Masak Siomay Ayam Udang Buat Bekal Anak Ke Sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *