Mainan Baru Anak: Sorting Box

Awalnya saya lihat di sebuah online shop yang menjual mainan edukasi untuk anak-anak. Begitu lihat harganya, langsung tahan napas hampir pingsan. Kubur dalam-dalam keinginan buat beli mainan seperti ini.

Sorting Box di Instagram

Kenapa? Karena saya bayangin, kalau anak seumuran Diana dikasih mainan kayak gitu, belum tentu tantangannya berat. Kalau baru sekali main trus udahan gimana dong? Emaknya merasa sayang ngeluarin biayanya yang seperempat juta buat beli mainan itu.

Akhirnya kemarin bikin sendiri aja coba-coba. Langsung bikin 60 biji nggak tanggung-tanggung. Padahal cuma lima macem bentuk aja yang dibuat. Saya pilih bentuk salju soalnya belom ada printer warna, kalau buah-buahan atau hewan kurang maksimal hasilnya kalau dicetak warna hitam doang.

DIY Sorting Box

Lubangin tutup kotaknya juga nggak bisa rapi gitu. Sengaja pakai kardus bekas minuman kemasan, itu yang selalu ada stoknya numpuk. Jadi nanti buat box-nya saya pakai box tissue ajah. Rencana sih pas mainnya itu tutup dikasih double tape biar bisa merekat ke box tissue, tapi pas eksekusi mainnya udah nggak sempat lagi pasang double tape.

Diana langsung tancap gas pol masukin kepingan-kepingan ke dalam box melalui lubang-lubangnya. Semua selesai dalam waktu sekitar 5 menitan. Seneng banget Diana dengan mainan seperti ini.

Sorting box model begini ini masih dasar ya, mengelompokkan benda berdasarkan persamaan bentuknya. Dasar ini nantinya berguna buat anak mengklasifikasikan segala sesuatu berdasarkan persamaannya. Misalnya mengelompokkan hewan vertebrata dan avertebrata. (Bener nggak sih Kak, nulisnya begitu, udah lupa lagi pelajaran sekolah, hahaha…) Misalnya mengelompokkan tumbuhan monokotil dan dikotil. Dan seterusnya, ntar itu kalau udah mudheng anaknya. Ini baru dasaaarrnya aja.

Variasi dari permainan sorting dasar ini juga sudah pernah saya lakukan sebelumnya dengan bermain kirim surat.

Sementara permainan yang menarik buat Diana memang masih seperti ini. Belum mau dikenalin huruf-huruf dan angka, meski nyanyi a-b-c dan sebut angka 1-10 sudah bisa. Emaknya emang yang harus sabar, seperti waktu nungguin Diana mau ngomong, hahaha. Ujian bener ini.

Jadinya mainan yang berhubungan sama pengenalan huruf dan angka masih disimpan aja. Tangan udah gatel pengen segera mainin yang itu padahal.

Tulisan ini sudah 731 kali dibaca

One thought on “Mainan Baru Anak: Sorting Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *