Main Monster Matching Game Dan Memory Game

Hihihi, masih penasaran dengan matching game, saya coba buat satu lagi peraganya. Kali ini monster matching game yang printable-nya saya dapat dari Artsy Fartsy Mama.

Karena sudah didesainkan dobel dari sononya, nge-print-nya nggak perlu dua kali. Udah dua set dalam satu file PDF. Saya print dalam ukuran kecil aja, biar dua halaman bisa dijadiin satu. Trus digunting, ditempel ke kertas yang sudah saya print dengan motif jangkar. Kertas dengan motif jangkar itu jadi bagian belakang nantinya.

Kenapa ditempel, bukan di-print bolak-balik aja? Kalo print bolak-balik kan jadi hemat tenaga gunting dan tempel. Tapi kertasnya nanti tipis amat cuy. Saya lagi kehabisan stok kertas tebal. Dan sekali lagi, belum punya mesin laminating. (Mudah-mudahan segera ya, sudah direncanakan dalam waktu dekat. Amin)

Monster Memory Game

Lapisan luarnya cuma pakai selotip tipis doang. Jadi kalau kertas A4 70gsm, sekali libas sama Diana kalau diremas, udah nggak bisa dimainin lagi. Pengennya kan sekali bikin bisa beberapa kali main, kan? Ya nggak papalah sejam nge-print, gunting, tempel, gunting lagi, lapisi selotip satu-satu, gunting rapiin selotipnya lagi. Hahahaha.

Dan ternyata, Diana sukaaa banget sama monster matching game ini. Saya sudah susun dulu di atas meja sebelumnya, 12 monster. Baru saya kasih 12 monster sisanya untuk dipasangkan. Nah, kalau begini, nggak ada kesulitan sama sekali Diana melakukannya. Seperti bayangan saya saat pertama membuatkan mainan transportation matching game sebelumnya.

Mainan ini disenengin banget. Beberapa kali dimainin sendiri. Dipamerin juga ke simbahnya sewaktu simbahnya main ke rumah.

Saya ajak juga Diana main memory game. Cuma 6 pasang aja setiap kali main. Dan bisa dengan lancar mainnya. Kartu dibalik semua (jadi motif jangkar di atas), lalu anak diminta membuka dua kartu dalam satu kesempatan. Kalau berbeda, harus dibalikkan lagi semuanya ke posisi awal (bagian gambar jangkar di atas semua). Begitu seterusnya sampai anak berhasil membuka semua kartu.

Main memory game

Diana seneng banget main memory game, sayang saya tidak bisa sambil membuat video, karena harus menolong membolak-balikkan kartu.

Beginilah kalau peraganya modal minim. Hahaha. Memory game ini bakalan cihuy maininnya kalau gambar ditempel ke atas wooden tiles gitu. Kepingan kayu tipis (ya semacam triplek tebal atau MDF gitulah) yang sudah dipotong ukuran bujursangkar yang enak digenggam anaklah.

Nah ini kan saya cuma modal kertas tipis dan cuma dilapisi selotip, pulak! Dibolak-baliknya susah amet. Kalau anak seumuran Diana ya males bolak-balik sendiri. Jadi mamanya yang harus turun tangan dalam memory game ini.

Seneng berhasil satu permainan. Mau eksekusi permainan berikutnya.

Tulisan ini sudah 1,010 kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *