Kenaikan Berat Badan Saat Hamil 32 Minggu

Wah, lumayan seneng juga ya saya, ternyata blog ini ada gunanya juga khususnya buat saya sendiri. Karena menulis tentang kenaikan berat badan saat hamil pertama dahulu, jadi bisa dibaca-baca ulang saat hamil anak kedua ini.

Dulu saya naik 8 kilogram saat hamil di minggu 34. Artinya sekitar sebulan sebelum melahirkan, kenaikan berat badannya lumayan juga, soalnya seingat saya sampai lahiran itu totalnya naik sekitar 12 kilogram waktu itu.

Nah, di kehamilan kedua ini sedikit berbeda. Justru di satu bulan terakhir (hamil 28 minggu hingga 32 minggu) saya tak mengalami kenaikan berat badan sama sekali. Hamil 28 minggu saat ditimbang beratnya 57 kilogram, hamil 32 minggu ditimbang hasilnya juga sama, 57 kilogram.

Total kenaikan berat badan saya sejak pertama kali mulai hamil menjadi 7 kilogram. Kalau saya baca sih, masih berada pada rentang yang ideal berdasarkan perhitungan BMI saya yang ada di angka 20.

Saat saya tanya ke DSOG, apakah tidak masalah ibu hamil seperti saya tidak mengalami kenaikan berat badan selama satu bulan terakhir?

DSOG menjawab, ya tergantung dari bayinya. Makanya langsung dicek dengan USG. (Tiap periksa saya selalu USG sih, lupa, udah 6 atau 7 kali ya?) Hasil pengecekan, dalam sebulan terakhir, berat badan bayi dalam kandungan sih normal, kenaikannya sekitar 500 gram, dari 1,4 kilogram di minggu ke 28 menjadi 1,9 kilogram di minggu ke 32.

Selama ini kehamilan saya sih tidak ada masalah. Bisa dibilang hampir tidak ada keluhan, hanya cepet banget kerasa capek, tapi ya ini masih wajarlahya, namapun ibu hamil dengan faktor U.

DSOGnya sih nggak ada pesan khusus gimana-gimana supaya berat badan saya naik. Yang penting selalu perhatikan supaya bayinya terpenuhi kebutuhan gizinya. Bidan asisten yang menyarankan supaya saya banyak ngemil. Yatapi memang saya nggak biasa ya.. kalau laper biasa hajar makan nasi, bukan snack, HAHAHAHA. Ini juga sudah makan sehari bisa 4 sampai 5 kali lho, bukan berarti saya nggak makan banyak.

Masih diperlukan kenaikan berat badan bayi sebanyak 1 hingga 1,5 kilogram ya berarti dalam waktu sekitar 6 mingguan lagi.

Mudah-mudahan berat badan saya nanti sampai maksimal melahirkan kenaikannya nggak lebih dari 10 kilogram ya, jadi maksimal 60 kilogram. Kalau menyentuh kepala 6 lebih jangan-jangan akhirnya kebablasan juga, hehehe. Tapi udah nyusuin nanti insya Allah sih cepet turunnya kayak yang dulu, sebulan juga celana jeans sudah balik ke ukuran semula. Semoga.

Related Post

Tulisan ini sudah 7,717 kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

12,577 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>