Jangan (Lagi) Sepelekan Gusi Berdarah

Sering melihat darah saat menyikat gigi? Nah loh, banyak yang ngangguk-angguk, tuh! Yuk, baca sampai selesai hasil berguru saya sama drg. Sandra Olivia, MARS, Sp. Perio.

Jadiii, selama ini kebanyakan dari kita pergi ke dokter gigi kalau giginya sakit, kan? Atau bolong, pengen ditambel. Atau minta dirapiin pake kawat gigi. Ngakuuuu!

Memang benar, cuma 2% aja yang pergi ke dokter gigi, mengeluhkan tentang gusinya. Padahal, 1 dari 2 orang dewasa di dunia ini mengalami gingivitis (radang gusi). Radang gusi yang nggak segera diobati, pada akhirnya akan mendatangkan berbagai masalah gusi lainnya yang lebih serius (periodontitis) dan bisa mengakibatkan gigi tanggal. Ngeri!

Tanda-tanda yang paling mudah dideteksi paling awal, ya itu tadi: berdarah saat menyikat gigi. Tanda lainnya seperti: gusi bengkak, gusi lunak, gusi berwarna merah dan bau mulut. Kalau gusi yang sehat, warnanya pink ya..

Penyebab umum gingivitis ini tentunya adalah tidak menjaga kesehatan mulut. Males gosok gigi. Atau salah caranya menggosok gigi. Kebiasaan buruk itu bakalan membuat plak menumpuk dan mengeras. Plak inilah yang jadi awal mula penyebab radang gusi.

Dijelaskan juga oleh drg. Sandra, gingivitis yang tidak ditangani bakalan nyebar ke jaringan di bawah gusi dan tulang (periodontitis). Dan ternyata, bakteri di periodontitis ini, erat kaitannya dengan penyakit jantung karena sama. Periodontitis seringkali diasosiasikan dengan stroke, penyakit yang berhubungan dengan paru dan mengakibatkan kelahiran prematur dengan kekurangan berat badan bayi bagi ibu hamil.

Nah, saya dapet ilmu ini dan jadi aware soal kesehatan gigi saat diundang dateng ke acara Sobat Gusi Sehat Parodontax. Sobat ini singkatan sodium bikarbonat. Sodium bikarbonat adalah formulasi utama dari Parodontax (67%). Kandungan sobat yang tinggi bisa menghancurkan plak dan mengurangi gusi berdarah sebesar 57% pada minggu awal penggunaan.

Parodontax

Di acara tersebut, saya mencoba menggosok gigi, dan ternyata nggak ada darahnya dong. Aman, Alhamdulillah! Tapi bakalan tetep dipakai dong pasta giginya dari gudibek.

Ayo, ayo pada dicek. Kalau gosok gigi, gusinya pada berdarah, nggak?

Related Post

This entry was posted in Info.
Tulisan ini sudah 3,175 kali dibaca

4 comments on “Jangan (Lagi) Sepelekan Gusi Berdarah

  1. dulu sering banget berdarah,sekarang alhamdulillah sudah nggak..^^

  2. cocok buat gigi sensitif punyaku ya mbak

  3. gusi berdarah memang bikin gak nyaman

  4. waduuuh…kok ngeri ya mak. Saya pernah mengalami gusi berdarah di awal kehamilan. Tapi, sekarang sudah nggak lagi. Kayaknya harus nyoba pasta gigi ini nih. ada di supermarket kan mak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

11,210 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>