Jadwal Makan Bayi Saat Mulai MPASI

Gambar Bayi Makan TanganIni ceritanya lagi belajar, soalnya dua minggu lagi dedek Diana mulai makan. Yeay!

Baca-baca buanyak banget website, sampe jadi pusing sendiri, mau ngasih makan apa nanti buat dedek Diana. Yang pasti, pengennya sih ya ngasih makanan pendamping ASI yang sehat. Kalau bisa selalu MPASI rumahan, alias bikin sendiri. Lha tapi waktunya kapan? Kalau cuma bubur pakai slow cooker sih, bisa. Masak tiap hari makan bubur terus??

Kalau nurutin ilmu emak-emak jaman dulu, ngasih makan bayi itu dimulai dari buah-buahan. Baca banyak tulisan, sekarang ini ilmunya sudah beralih ke cerealia. Mulai dari bubur cair yang mirip dengan cairnya ASI. Membuatnya juga gampang, bahkan saya udah nggak sabar bikin sendiri tepungnya.

Ini contoh jadwal makan bayi saat MPASI tiba:

06:00 ASI
08:00 Bubur susu
10:00 ASI
12:00 Buah-buahan
14:00 Bubur susu
16:00 ASI
18:00 ASI
20:00 ASI
22:00 ASI
24:00 ASI
02:00 ASI
04:00 ASI

Bikin beras sereal sendiri.

Saya dari awal pingiiiin bikin beras sereal sendiri. Satu, supaya sehat, nggak ditambah dengan gula ataupun pengawet. Dua, supaya hemat, karena beras kan murah, beli beras seperempat kilogram kan cuma sekitar Rp. 2.500,- udah bisa semingguan kali makannya. Bandingkan kalo beli sereal sachetan, Rp. 2.500,- paling sekali makan.

Cara bikinnya? Gampang, saya sudah belajar. Cuci beras sampai bersih, tiriskan dan jemur hingga benar-benar kering. Setelah kering, sangrai dengan api kecil hingga benar-benar matang. Blender dan saring, hingga benar-benar kita dapatkan butiran yang halus. Simpan di wadah kedap udara, siap buat digunakan. Gampaaaaang, kan?

Sereal beras tersebut bisa disimpan hingga 2 minggu lho! Jadi nggak perlu tiap hari bikin. Bikin aja sekalian banyak. Kalau mau pakai, ambil secukupnya, campur deh dengan ASI. Waaahhh, nggak sabar nunggu dedek Diana makan pertama kali.

Tapi paling bikin sereal beras sekali aja kali ya? Setelah itu kan bisa bikin bubur dengan slow cooker kalau sudah makan dengan kekentalan yang meningkat lagi, bukan bubur susu terus. 🙂

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

9,196 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>