Imunisasi Yang Sudah Didapat Dedek Diana

Saat pulang dari Rumah Sakit melahirkan Dedek Diana, bidan yang merawat mengingatkan saya, bahwa si bayi sudah diberikan imunisasi polio-0, sambil mengulurkan Kartu Menuju Sehat [KMS] yang sudah diisi. Saya hanya mengangguk saja, karena jujur, minim informasi soal imunisasi ini.

Setelah di rumah dan sempat online, saya lalu membaca tentang imunisasi apa saja yang harus diberikan pada bayi yang baru lahir. Ternyata, dalam 12 jam pertama kelahirannya, bayi sudah harus diimunisasi Hepatitis B-1. Karena 12 jam pertama pasca melahirkan secara sesar bayi Dedek Diana saya masih dalam pemulihan, otomatis saya anggap pihak rumah sakit pastinya langsung mengambil alih pemberian vaksin tersebut tanpa meminta ijin saya terlebih dahulu.

Seminggu setelah kelahirannya, saya membawa Dedek Diana kontrol ke DSA. Tadinya mau sekalian diimunisasi, tapi ternyata saya disarankan membawa bayi saya satu minggu kemudian untuk kembali kontrol dan diberikan imunisasi. Karena proses kontrol yang tidak sesuai dengan hati saya, maka saya berpikir tidak akan membawa bayi saya ke DSA yang sama. Proses imunisasi akan saya alihkan ke seorang bidan tetangga rumah saja.

Bayi Dedek Diana

Ternyata, mobilitas bidan tetangga saya juga sangat tinggi. Dua kali saya pergi ke rumahnya, ibu bidan tersebut tidak ada di rumah. Yang pertama buka bersama, dan yang ke dua jaga malam. Jadilah di kunjungan ke tiga saya baru bisa bertemu. Dedek Diana ditimbang di bidan, dan beratnya ternyata turun 1 ons dari sejak lahir. Bukan, saya pikir masa turun berat badan bayi pasca lahir sudah lewat, karena usia Dedek Diana sudah lebih dari 2 minggu. Maka yang paling masuk akal dari turunnya berat badan Dedek Diana adalah perbedaan alat ukurnya. Kita orang dewasa aja juga suka beda kan hasil timbangannya kalo yang dipakai nimbang beda alatnya.

Selesai menimbang berat badannya, Dedek Diana mendapatkan dua macam imunisasi sekaligus sore itu: BCG dan Hepatitis B-2. Imunisasi BCG untuk mencegah penyakit TBC sedangkan imunisasi Hepatitis B-2 untuk mencegah penyakit liver. BCG ini lebih baik diberikan sebelum bayi berumur 3 bulan. Dedek Diana disuntik di bagian lengan, tidak di paha. Untuk imunisasi Hepatitis B-2, hanya diteteskan saja.

Bulan depan, Dedek Diana bakalan dikasih imunisasi lagi, sesuai dengan jadwal dan Program Pengembangan Imunisasi yang diwajibkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia. Imunisasi yang hanya dianjurkan, sedang dipikirkan untuk diberikan atau tidak. Emaknya musti banyak baca-baca referensi dulu ini. 😀

Related Post

Tulisan ini sudah 6,257 kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

11,286 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>