Ibu Diare Boleh Menyusui Bayinya

Arrghh, saya masih geregetan kenapa saya bisa tiba-tiba diare akut. Memang sih, selama ini saya tidak pernah memasak sendiri makanan saya, tetapi warung makan yang saya pilih sudah masuk ke dalam kategori warung bersih. Sayuran yang dipilihnya segar, bumbu-bumbu dibikin sendiri, bukan beli bumbu jadi yang sudah digiling, dan proses memasaknya juga bisa dilihat di warung.

Dua jenis makanan baru yang saya makan sebelum diare adalah pecel lele dan donat. Pecel lele ini saya makan bersamaan dengan 4 teman dan 3 lainnya baik-baik saja. Masak tersangkanya adalah donat? Donat bermerek Country Style ini saya beli di pom bensin daerah Gandaria, karena biasanya pada malam hari saya suka kelaperan setelah menyusui.

Dedek Diana Cantik

Semalam, saya sudah seperti minum dobel obat pencahar. Isi perut terkuras, badan menjadi lemas. Mengganti cairan tubuh dengan banyak minum air putih tidak menyelesaikan masalah, karena dalam waktu singkat justru bisa membuat saya harus kembali diare lagi. Dan posisi kamar mandi di lantai 1 sedangkan saya tidur di lantai 2, membuat saya harus bolak-balik naik turun tangga.

Semalaman dedek Diana masih saya kasih asi langsung, meskipun saya minum obat diare, Diapet. Pagi ini saya ijin nggak masuk kantor, tetapi dedek Diana tetap saya titipkan dan minum asi perah, karena pengetahuan saya khusus soal penyakit diare dan pengaruhnya terhadap asi ini masih minim. Jadi saya di rumah baca-baca cari informasi deh.

Setelah googling dan membaca banyak sumber tulisan, sebenarnya ibu menyusui yang terkena diare dan minum obat, tetap masih boleh menyusui bayinya. Kandungan obat yang diminum oleh ibu dan masuk ke dalam asi hanyalah sekitar 1% saja. Maka dari itu, aman menyusui selama ibu hanya terkena penyakit seperti flu, batuk dan diare.

Karena sudah terlanjur mengeluarkan stok asi perah beku dari dalam freezer, kok sayang ya kalau dibuang. Kan harus diberikan dalam 24 jam, ya jadinya dedek Diana tetap dititipkan. Dedek Diana menolak minum asi perah dari botol kalau saya dan bapaknya yang ngasih. Maunya nenen langsung kalau ada emaknya.

Ya sudah, sambil istirahat penyembuhan diare ini, sementara dedek Diana minum asi perah, padahal emaknya ada di rumah. Tetapi bagi ibu-ibu yang diare dan tetap ingin memberikan asinya pada bayi, boleh kok. Dan malah harus. 🙂

Tulisan ini sudah 62,823 kali dibaca

3 thoughts on “Ibu Diare Boleh Menyusui Bayinya

  1. cepat sembuh ya, maknya Diana 🙂
    udah coba daun jambu muda? aku pernah diare trus makan daun jambu muda (yang paling pucuk), langsung mampet diarenya 🙂

    1. Terima kasih, Mbak. Dua macem obat aku minum, Diatab dan Enstrostop, masing-masing merek langsung dua butir sekali minum.

  2. Huhu aku jg lg diare nih. Gapapa ya minum n*w**at**? Aku kok baca di medicastore kontraindikasinya ibu hamil tua dan menyusui? Jd dilema deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *