Hore, Ruam Popok Sudah Sembuh!

Nggak pakai lama, ruam popok yang kemarin sempat dialami dedek Diana sekarang sudah sembuh. Kunci utama cara mengatasi ruam popok pada bayi kalau menurut saya adalah tetap menjaga kebersihan pantat bayi. Dalam kasus dedek Diana, saya konsisten mengganti clodi setiap dua jam sekali, tanpa menunggu penuh atau basah. Hasilnya, cucian clodi saya hari ini adalah 5 outer dan 12 insert. *elus-elus pinggang habis nyuci clodi*

Bayi Ketawa

Saya pernah membaca, ruam popok pada bayi ini adalah hal biasa yang tak mungkin dihindari. Bakalan terjadi pada setiap bayi. Hanya saja ada yang sering, ada pula yang hanya sekali dua kali. Nggak perlu terlalu panik jika tiba-tiba pantat bayi memerah, karena mengobati ruam popok ini juga bukan hal yang terlalu sulit.

Saat pertama dedek Diana pantatnya merah, saya juga belum memiliki banyak pengetahuan bagaimana mengatasi ruam popok pada bayi ini. Masih perlu banyak membaca, apa penyebabnya, dan apa saja yang bisa segera dilakukan. Sempat terpikir untuk mengganti clodi sementara dengan popok sekali pakai, tetapi ternyata setelah saya baca, itu bukan solusi yang baik, karena pantat justru perlu bernafas. Kalau tidak merasa repot, justru pakai celana biasa saja. Tapi saya nggak sanggup, karena dedek Diana bisa pipis lebih dari 3 kali dalam satu jam, berapa banyak saya harus mencuci? Dasar emak-emak malas, hehehe…

Dan beruntunglah saya karena ternyata tanpa saya duga, dalam satu set peralatan mandi yang saya beli, sudah ada salep untuk mengatasi ruam popok. Krim yang mengandung zat aktif zinc oxide tersebut rupanya efektif untuk mengobati ruam popok. Oleskan tipis namun merata, tunggu hingga setengah kering, baru dipakaiin lagi clodinya. Memang musti repot sedikit, karena clodi biasanya baru diganti setelah penuh, ini setiap dua jam sekali bangun mengganti clodi. Hmmm, pekerjaan banget, tapi hasilnya oke karena hanya dalam waktu sehari ruam popoknya sudah pergi. Hore!

Tulisan ini sudah 31,858 kali dibaca

7 thoughts on “Hore, Ruam Popok Sudah Sembuh!

  1. Mba anak ku juga kalo pk clodi suka beruntusan pantat nya, sering keringetan.. Padahal pengen bgt bs pk clodi.pk krim ruam gpp ya buat clodi? Ga ngerusak daya serap nya mb?

    1. Saya juga pakai clodi Mbak, buat anak, nggak selalu 100% sih, tapi nggak papa pakai krim buat ngatasin ruam popok. Setelah diolesin, tunggu kering dulu Mbak (saya sih sambil dikipasin, hahahaha) baru dipakaiin clodinya.

    2. Saya juga pakai clodi Mbak, buat anak, nggak selalu 100% sih, tapi nggak papa pakai krim buat ngatasin ruam popok. Setelah diolesin, tunggu kering dulu Mbak (saya sih sambil dikipasin, hahahaha) baru dipakaiin clodinya.

  2. mba anakku juga awalnya pake cloudi tapi sering banget ruam ku coba konsul ke dokter katanya cloudi kurang higienis di banding pospak , cobain deh pake pokana anakku juga cocok banget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *