Fotografer Cilik Ini Sudah 9 Bulan Usianya

Fotografer Cilik

Hehe, judulnya ngaco.. Cuma karena mejeng dengan kamera, trus tulisannya dikasih judul seperti itu, padahal isinya mau ngomongin milestone. Apa yang seharusnya sudah bisa dilakukan bayi pada usia 9 bulan?

Diana ini ada beberapa yang cepet, ada juga yang masih belom bisa sepertinya. Perkembangan sosial dan emosionalnya udah duluan, dia takut kalau ditinggal sendirian sama emaknya, nggak mau lepas kalau ada enaknya, sudah beberapa lama sebelum umur 9 bulan.

Untuk bahasa dan komunikasi, ngomongnya sudah banyak. Enggih, tetek-tetek, nenen (trdengar seperti nyenyen), dan ada-ada aja sudah bisa diucapkannya. Mengerti arti beberapa kata yang diucapkan emaknya dan dikerjakan, seperti duduk, berdiri, gendong dan sini. Paling seneng sekarang sih berdiri dan gendong. Kalau dibilang stop, nggak boleh, malah seperti disuruh, makin penasaran. Hehehe…

Karena sudah 9 bulan, saya coba mengisi kuesioner praskrining tumbuh kembangnya.

Pada posisi bayi telentang, pegang kedua tangannya lalu tarik perlahan-lahan ke posisi clucluk. Dapatkah bayi mempertahankan lehernya secara kaku? Tentu saja, Diana bisa.

Pernahkah anda melihat bayi memindahkan mainan atau kue kering dari satu tangan ke tangan yang lain? Benda-benda panjang seperti sendok atau kerincingan bertangkai tidak ikut dinilai. Pernah, dooong…

Tarik perhatian bayi dengan memperlihatkan selendang, sapu tangan atau serbet, kemudian jatuhkan ke lantai. Apakah bayi mencoba mencarinya? Misalnya mencari di bawah meja atau di belakang kursi? Diana jagonya kalau nyari benda yang disembunyiin. Di rumah sudah biasa maen petak umpet malah. Anak-anak tetangga yang berumur 2-3 tahun berlarian hilir mudik sembunyi ke dalam kamar, ke ruang sholat, ke dapur, dan Diana sibuk merangkak ke sana ke mari mengejar kakak-kakaknya.

Apakah bayi dapat memungut dua benda seperti mainan/kue kering, dan masing-masing tangan memegang satu benda pada saat yang sama? Bisa.

Jika anda mengangkat bayi melalui ketiaknya ke posisi berdiri, dapatkah ia menyangga sebagian berat badan dengan kedua kakinya? Jawab YA bila ia mencoba berdiri dan sebagian berat badan tertumpu pada kedua kakinya. Sudah bisa berdiri sendiri tanpa bantuan sama sekali malahan.

Dapatkah bayi memungut dengan tangannya benda-benda kecil seperti kismis, kacang-kacangan, potongan biskuit, dengan gerakan miring atau menggerapai? Hobinya adalah memungut kokokranch. :mrgreen:

Tanpa disangga oleh bantal, kursi atau dinding, dapatkah bayi duduk sendiri selama 60 detik? Usia 6 bulan sudah bisa kayaknya. *songong*

Apakah bayi dapat makan kue kering sendiri? Bisa. *sodorin setoples kokokranch ke Diana*

Pada waktu bayi bermain sendiri dan anda diam-diam datang berdiri di belakangnya, apakah ia menengok ke belakang seperti mendengar kedatangan anda? Suara keras tidak ikut dihitung. Jawab YA hanya jika anda melihat reaksinya terhadap suara yang perlahan atau bisikan. Ya.

Letakkan suatu mainan yang dinginkannya di luar jangkauan bayi, apakah ia mencoba mendapatkannya dengan mengulurkan lengan atau badannya? Kayak anjing yang mengejar tulang saat dilempar, Diana juga merangkak menuju mainan yang diincarnyaa. 😆

PS: Diana juga sudah bisa minum dari gelas, dari botol akua, dan makan kerupuk dengan menggigit sendiri. Hehehe…

Related Post

Tulisan ini sudah 2,821 kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

12,543 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>