Dua Video Diana Lagi Main iPad

Sebagian orang tua mungkin menghindari atau meminimalisir anaknya menggunakan gadget, tetapi karena tuntutan sebagian pekerjaan saya dan suami yang ada di layar komputer dan tablet, memaksa Diana juga sering melihat alat-alat tersebut digunakan oleh orang tuanya.

Nggak mau memungkiri juga sih, terkadang iPad bisa jadi ‘digital babysitter‘, kalau lagi dua-duanya repot, anak nggak bisa ‘dipegang‘, ya serahkan saja beberapa puluh menit pada aplikasi Youtube di iPad. Kalau di video di atas Diana lagi mainan, sekarang sudah jarang mau main, karena sudah bisa nyari sendiri aplikasi Youtube yang saya sembunyikan di dalam folder.

Rasa bersalah memberikan gadget kepada anak terlalu dini ini kadang menghantui juga, meski saya baca, penelitian komprehensif belum bisa mengambil kesimpulan, karena tablet ini kan belum ada lebih dari 5 tahun.

Selain mainan, adakalanya juga Diana memilih lagu dan bergoyang. Juga mewarnai, yang videonya sudah pernah saya upload.

Sisanya, dengerin cerita, seperti Dibo (Korea punya) atau Bawang Merah Bawang Putih yang lokal. Aplikasi lokal ini interaktif lho, di beberapa tempat akan bereaksi (aduh bahasanya apa ya yang tepat) jika disentuh layarnya. Seperti pohon, jika disentuh keluar buahnya. Sapi, jika disentuh akan melenguh, dan sebagainya. Diana juga hafal, bagian mana saja yang akan bereaksi jika dipencet layarnya.

Nah, teman-teman, gimana sih sebaiknya menurut teman-teman soal pemberian gadget pada balita ini?

Tulisan ini sudah 3,441 kali dibaca

8 comments on “Dua Video Diana Lagi Main iPad

  1. Diana sudah mahir bermain iPad ya

    • Mahir banget sih belom, Mbak. Ya gitu deh, khas anak-anak, pengennya pencet-pencet pengen tahu semuanya. Sampai-sampai settingannya kadang berubah semua. Hehehe…

  2. Nunu El Fasa on said:

    saya rasa tergantung cara memanfaatkannya ya mak, semua tergantung kemanfaatannya 😀

  3. saya juga suka gitu pas lagi repot mak, merasa bersalah juga, tapi masih bisa sih dibatesin sejauh ini dan thifa masih lebih suka main di luar ma temen2nya

    • Yup! Kalau masih ada temennya yang ngajak main di teras sih mending main sama temennya. Kalau harus keluar rumah jauh, saya belom sampai hati ngelepas anak main sendiri di luar rumah, Mak. Syerem Jakarta nih, takut anak kenapa-napa.

  4. Menurutku Diana ini anaknya jenius ya.. Pinter banget sih memadu padankan helikopter dan kendaraan lainnya. Keren beudh diana! Huahahha

    • Ini udah diambil lebih setengah tahun yang lalu Mas, walaupun sekarang ini ya belom nambah banyak sih kemampuannya. Nggambar ya masih corat-coret kayak video yang lama. Emang nggak terlalu diajarin juga mainan iPad. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

11,211 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>