DIY Buku Mewarnai Buat Diana

Kalau lagi magabut nggak ada kerjaan dan bosen ngapa-ngapain lagi, saya sekarang bikin-bikin sesuatu aja buat Diana. Hari ini bikin buku mewarnai, tapi sebenernya bisa macem-macem bentuknya, nggak cuma buku mewarnai doang. Masalahnya terkadang udah nggak sempet lagi motoinnya, keburu dimainin sama Diana dan udah nggak asoy lagi kalau difoto dan dimasukin ke blog. Hahahaha. Contohnya misalnya gelas bekas minuman kemasan, saya kumpulin, saya kasih ‘baju‘ dengan kertas warna-warni buat mainan susun-susun, begitu selesai langsung ditempel double tip di mana-mana dan bentuknya jadi nggak karuan lagi.

Malah ngalor-ngidul ini pembukaannya. Balik lagi ah ke bikin buku DIY mewarnai buat Diana. Prosesnya ya gampang banget kok ini. Tinggal print doang, kalau perlu pakai kertas bekas, biar nggak nambah banyak sampah. Lalu gunting rapiin sesuai dengan ukuran binder. Bolongin sisinya pas di bagian ring. Udah, jadi deh. 

Itu yang saya kasih lihat di video baru gambar-gambar buat mewarnai aja ya. Padahal yang saya bikinkan banyak, seperti untuk menggunting, membuat garis dan lain sebagainya. Tapi belum saya masukkan ke dalam binder, karena memang harus bertahap saya ngasihnya ke Diana. Kalau sekaligus dikasih, nanti cuma diceh-ceh. Apalah ini bahasa Indonesianya diceh-ceh. Hahaha. Dihambur-hamburkan kali ya. Nggak dikerjain, tapi diacak-acak doang, gitu.

Bikin buku gambar kayak gini cocoknya buat dibawa saat pergi-pergian yang butuh waktu lama. Buat bikin dia sibuk kalau udah mulai rewel. Ya nggak selalu berhasil sih, kadang dibiarkan lari-larian malah lebih berhasil, hehehe.

Mulai sekarang saya punya folder khusus buat nge-save gambar-gambar yang bisa di-print. Jadi nggak perlu nyari lagi kalau pas lagi butuh, karena satu gambar bisa dicetak berulang-ulang, asalkan waktu dikasihkan ke anak nggak berdekatan harinya, udah bisa lupa lagi kok anaknya kalau gambar itu pernah diberikan.

Untuk crayon mewarnainya yang agak repot, karena berdasarkan pengalaman, si crayon cepet banget patah, baik patah tidak sengaja, maupun seringnya dikuliti dan dipatah-patahin secara sadar sama anaknya. Hahaha.

Bikin buku gambar mewarnai sendiri pakai binder gini, jadi murah meriah, bisa diganti-ganti gambarnya setiap waktu, dan yang penting, anaknya jadi belajar.

Tulisan ini sudah 1,379 kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *