Dinosaurus Sensory Play Ala Mama Diana

Dino Sensory Bin

Kalau lihat sensory play yang dibikin mama-mama di luar negeri sonoh, bikin ngiler deh. Mereka kayaknya niaaattt banget gitu bikinin sensory bin-nya. Saya pengen juga bikinin sensory bin buat Diana, tapi nggak mau yang terlalu susah. Udah nyari ide melalui gambar-gambar di Google, tapi kebanyakan emang bahannya susah dicari kalau di sini. Susah bukan berarti nggak ada lho ya. Ada, tapi males ngumpulinnya. Ada satu bahan di online shop satu, bahan lainnya di online shop satu lagi, bahan lainnya di toko stationary, bahan satunya lagi entah di mana adanya harus nyari, jadinya males. 

Nah, barulah ide bikin sensory bin dinosaurus ini, karena paling gampang bahannya. Meskipun kenyataannya nggak ada dinosaurus yang hidup di atas kertas yang sudah dihancurkan begitu, ya sudahlah ya, sensory bin ini juga ngajarin Diana supaya bisa merasakan menyentuh kertas dalam potongan kecil-kecil dan aneka binatang dinosaurus.

Dinosaur Sensory Bin

Saya bikinnya malam hari saat Diana sudah tidur. Waktu saya mendampingi Diana kan hanya pagi hari sebelum ngantor dan sore hingga malam hari sebelum tidur. Kalau dibikin sepulang kerja, udah pasti diacak-acak sebelum sempat difoto. Hahahaha. Padahal kan mau di-upload juga ke blog.

Kotak Mainan Dinosaurus

Dinosaurus Land

Pas malem saya bikin, saya kasih itu plastik hitam, entah sebagai apa. Saya pikir bakalan bisa dibikin kayak semacam gua, tapi kok setelah dipikir-pikir males banget bikinnya, jadi pagi-pagi pas saya bangun, saya turunin lagi itu plastik, jadi Diana-pun nggak tanya itu apa. Daripada saya juga bingung jelasinnya itu apa. Hahaha.

Dinosaurus Dimainkan oleh Diana

Permainan sensory bin ini gunanya yang paling utama adalah melatih kepekaan indera anak. Semua indera bisa dilibatkan dari mulai penglihatan, indera peraba, penciuman, pengecap hingga indera pendengaran. Jadi ya memang wajar kalau bikinnya ribet, karena sebisa mungkin memasukkan berbagai stimulasi pada semua indera anak.

Pengalaman hands on anak-anak pada berbagai benda di dalam sensory play itulah yang bisa mengajari anak rasa panas, dingin, basah, lengket, lunak, keras, kenyal, kasar dan lain-lain. Berbagai macam warna berbeda akan melatih indera penglihatannya. Indera pengecap pun bisa dilibatkan lho, karena tak jarang ibu-ibu membuat sensory bin dari jelly, tepung dan garam.

Mainan Dinosaurus

Anak-anak bisa dikenalkan dengan sensory play yang paling sederhana dulu seperti bermain dengan water beads, bermain dengan kotak-kotak es, dan bermain jelly. Beras, mie dan pasta berwarna-warni juga bisa dicoba. Ketakutan anak dan rumah menjadi kotor, pelan-pelan memang harus dihilangkan ya, Mommy! 😉

Kerangka Dinosaurus Dimainkan

Sewaktu bermain dinosaurus ini, awalnya Diana hanya memegang dinosaurusnya saja satu per satu. Lama-lama muncul berbagai pertanyaan, seperti “Kenapa dinosaurusnya ada yang bisa terbang, Ma?” Hingga pada akhirnya bertanya, “Ma, kertasnya boleh diawur-awur nggak seperti salju?”

Hahahaha. Bebas, Nak.

Kalau mau lihat ide sensory bin yang kreatif lainnya, bisa menuju blog yang satu ini. Atau ke sini. Keren banget pokoknya mah.

Sensorial dengan mie
Ini contoh sensory play yang lain, menggunakan media pasta yang diberi warna.

Tulisan ini sudah 1,479 kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *