Diana Ke Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunung Kidul

Bayi Naik Gunung Api Purba Nglanggeran

Pengetahuan saya tentang tempat wisata emang masih seupil banget deh. Sebelum menginjakkan kaki di Gunung Api Purba Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, Jogjakarta ini, saya sama sekali belum pernah tahu, denger dan baca tentang daerah ini. Samar-samar sudah sih, pernah baca di Kompas mungkin, karena mereka memiliki tulisan tentang ekspedisi gunung berapi, tapi saya nggak terlalu yakin juga apakah saya sudah baca yang edisi Gunung Api Purba Nglanggeran ini.

Baiklah, singkatnya, tempat wisata ini cuma sekitar 1 jam saja dari rumah saya kalau lewat jalan tikus yang aduhai banget kemiringannya. Buat yang nyetir mobilnya baru biasa lewat jalanan kota yang mulus, saya tidak rekomendasikan. Udah, nyetir aja via Jogjakarta sana, 2 atau 3 jam lebih lama, tapi nggak resiko masuk jurang. Hahahahaha….

Salahnya, saya, suami dan Diana datang saat bulan puasa. Dan tengah hari pulak. Saya baru mulai aja sudah ngos-ngosan karena nggendong Diana. Jadilah saya cuma sampai Song Gudel naik dikit lagi.

Jalan Jalan Ke Gunung Api Purba Nglanggeran

Bapaknya Diana naik sampai gardu pandang II lewat dikit. Udah nggak kuat lagi. Pemandangannya sih luar biasa, tapi medannya memang lumayan berat buat yang sedang puasa, hehehe… Ada yang cuma celah sempit dengan tangga kayu doang. Ada yang nanjak dibantu dengan tali. Seru deh, cerita suami saya. Kapan-kapan musti balik lagi ke Nglanggeran ini buat nuntasin sampai selesai.

Nglanggeran Gunung Kidul Yogyakarta, Gunung Api Purba

Diana dan saya akhirnya balik lagi aja nungguin di bawah. Lihat seorang anak kecil (sekolahnya mungkin sekitar awal-awal SD) lagi dilatih panjat tebing. Keren banget. Lalu, nggak berapa lama muncullah serombongan anak muda memanggul tas besar-besar di punggungnya, baru turun dari camping sepertinya kalau melihat bawaan mereka panci-panci dan tempat minum.

Saya juga sempat lihat rombongan bule (yang akhirnya saya tahu dari suami kalau mereka asal Perancis) mendaki ke atas didampingi pemandu. Dari pemandu itu pulalah suami tahu, jika ingin menyelesaikan perjalanan dari pos pandang II, butuh waktu 2 hingga 5 jam lagi (tergantung kemampuan melewati jalanan mendakinya). Alamak, nyerah deh, kan puasa. 😀

Mau lihat gambar-gambar yang kami dapatkan di Gunung Nglanggeran? Monggo:

Tulisan ini sudah 3,554 kali dibaca

6 thoughts on “Diana Ke Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunung Kidul

  1. Jadi penasaran kayak apa Gunung Api Purba ini, 5 tahun di Jogja belum kesampaian kesana…
    paling gak bisa liat foto Diana kesana dulu deh Mak, hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *