Diana Bayi Yang Jarang Nangis

Bersyukur sekali sampai saat ini Diana jarang sekali nangis sampai kejer. Baru mau mulai nangis, ngeluarin suara ngik-ngik aja, sudah bisa diatasi dengan segera. Meskipun sampai sekarang saya sendiri juga belum mampu membedakan mana tangisan Diana yang berarti lapar, kurang nyaman dengan popoknya, pengen bobo, atau kepanasan dan kedinginan.

Yaaa, ditebak-tebak aja deh, kira-kira yang mana arti dari tangisannya itu. Kalau nyusu udah 2 jam yang lalu, trus dia agak-agak mulai rewel, ya coba disusuin. Lihat juga ukuran perutnya, karena perut Diana kalau habis nyusu biasanya bulet banget. Perut yang agak kempes juga bisa jadi tanda Diana sudah saatnya disusui lagi.

Kadang, Diana nangis kalau popoknya udah mulai basah. Diana nggak mau kalau clodinya lembab, pesing dan berat berisi pipisnya. Suara ihik-ihik tangisannya seketika berubah menjadi senyuman begitu snap clodinya dibuka satu per satu. Nggak jadi nangis deh kalau diganti clodinya dengan yang baru.

Yang paling agak susah diturutin, kalau nangisnya karena bosan. Diana gampang bosen kalo di dalam rumah. Pengennya diajak jalan-jalan ke luar. Lihat langit. Lihat suasana baru. Kalaupun di dalam rumah, pengennya digendong ke luar kamar, trus masuk kamar lagi, ke luar lagi. Ya nggak masalah sih kalau tenaganya ada, tapi bukan hal yang mudah ngider ke sana ke mari membawa beban 8,6 kilogram dalam waktu cukup lama. Jadinya ya balik lagi ngadem di dalam kamar, tiduran deh…

Bayi Di Pelukan Mama

Yang paling gampang kalau ngantuk. Pas nangis, clep, dikasih susu langsung diem, dan nggak lama tidur sendiri. Untungnya proses ini bisa dilakukan sambil duduk, ataupun sambil tiduran. Nggak pakai acara harus digendong-gendong dulu kesana-kemari baru bisa tidur. Bayi saya gampang tidur siangnya. Kalau malam sih tetep aja kadang kala masih suka begadang di waktu-waktu tertentu. Tapi ya seringnya sekarang sudah teratur waktu tidurnya.

Dan sepertinya, kalau ‘overstimulated’ seperti habis diajak jalan-jalan ke luar, atau dikunjungi sama tante-tantenya (adik saya), Diana bakalan begadang susah bobok. Susah bobok, tapi nggak pakai nangis-nangisan. Bapak sama emaknya aja yang terkadang kecapean harus nemenin dia maenan dan ngoceh pidato sepanjang malam.

Sepertinya saya ini beruntung banget ya, punya ‘anak manis’ kayak Diana. Gemuk, pula. Jadi gemes terus pengen nguyel-uyel…

Tulisan ini sudah 2,963 kali dibaca

2 thoughts on “Diana Bayi Yang Jarang Nangis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *