Dedek Diana Sudah 5 Minggu Sekarang. Yay!

Dedek Diana juara! Kenapa? Karena mamanya sempat flu dan demam, tapi Dedek Diana sehat-sehat saja.

Penyebab saya sakit sebenernya sepele. Hanya syok dengan suhu ruangan yang berubah tiba-tiba. Seperti biasanya, kalau siang hari saya dan Dedek Diana di bawah, di ruang tengah, untuk membiasakan bayi membedakan antara siang dan malam, sehingga tidurnya pelan-pelan menjadi teratur. Barulah malam harinya saya naik ke kamar atas, untuk tidur.

Nah, siang-siang beberapa hari yang lalu, terasa sangat panas. Dedek Diana sih sebenarnya nggak rewel. Tapi saya kasihan aja dengan keringatnya yang bikin kepalanya basah. Rambutnya yang belum banyak, jadi lengket semua ke kepala. Berinisiatiflah saya naik ke kamar atas. Demi mengejar suhu ruangan yang cepat dingin, saya nyalakan suhu AC sangat rendah. Saya lalu kasih minum Dedek Diana dalam posisi tiduran.

Dinginnya suhu ruangan dan mungkin memang saya dan Dedek Diana sedang ngantuk, tertidur pulaslah kami berdua. Kondisi badan saya mungkin memang tidak sebagus Dedek Diana. Akumulasi kelelahan demi kelelahan saat menjadi orang tua baru, meski kita menganggap badan kita sehat dan baik baik saja, tetapi mungkin daya tahan tubuh menjadi turun. Perubahan suhu yang mencolok saja bisa bikin badan langsung sakit dalam waktu singkat.

Untung malam harinya saat saya butuh istirahat penuh, suami yang “memegang” Dedek Diana, kecuali saat dia butuh asi. Lumayan, dengan banyak minum air putih hangat dan selimut tebal sampai keluar semua keringat, pagi harinya sudah mendingan, meski belum bisa dibilang sembuh.

Bayi 5 Minggu

Sampai minggu kelima ini, Dedek Diana belum sempat ditimbang lagi. Jadi, kalau ada tetangga yang tanya, beratnya berapa, saya jawab aja asal, empat kilo. Hahahaha… Kalau nimbangnya pakai timbangan yang beda dengan yang terakhir, ntar hasilnya beda lagi sama standarnya yang pertama. *halah, itu mah alasan emaknya aja yang malas*

Kemarin, Dedek Diana rewel karena konstipasi [susah BAB]. Beberapa hari sebelumnya, biasanya antara jam 01.00 sampai jam 02.00 dini hari, Dedek Diana BAB. Tapi malam kemarin, sudah mencoba mengejan beberapa kali, tetap saja nggak keluar. Jadinya nangis terus. Saya tahu penyebabnya, tapi kan ya nggak bisa ngatasi. Palingan dikasih nenen biar diem [sementara]. Abis itu tidur bentar, bangun dan balik lagi gelisah. Sampai pagi!

Pas dimandiin, badan jadi agak segar dan nangisnya reda. Tapi cuma bertahan satu jam. Setelah itu, balik lagi rewel. Akhirnya, jam 12 siang baru bisa BAB. Dan saya perhatikan kotorannya agak lengket. Beda seperti biasanya yang encer.

Lalu saya coba menebak apa penyebabnya dengan mengingat apa yang saya makan. Seharusnya sih, nggak ada hubungannya, karena pesan DSOG dan DSA yang saya ingat, saya nggak boleh makan mantang. Orang tua sebelum kita, pasti riwil dengan apa yang akan kita makan. Nggak boleh ini karena nanti bayi begini. Nggak boleh itu karena nanti bayi begitu.

Pas saya sebutkan satu per satu apa yang saya makan, kata Tante saya buah pisang-lah yang menjadi kambing hitam. Saya disarankan makan buahnya pepaya saja, jangan pisang karena bisa membuat bayi susah buang air besar. Entahlah. Saya cari berbagai bacaan, kok adanya saran untuk bayi yang sudah diberi MPASI. Yang sudah lebih dari 6 bulan, memang sebagian suka susah BAB kalau diberi makan pisang. Tapi kalau pisangnya dimakan emaknya, trus bayinya dikasih asi, harusnya mah nggak kenapa-napa…

Ada yang bisa bantu?

Tulisan ini sudah 6,834 kali dibaca

One thought on “Dedek Diana Sudah 5 Minggu Sekarang. Yay!

  1. hai mom, salam kenal yah 🙂

    menurut emak2 jadul, apa yang dimakan emaknya pasti nanti diserap sarinya sama c dedek.
    jadi pas menyusui emang sih para ortu lebih rewel ke emaknya c dedek. ntah percaya ato ngga tapi memang sprti itu sih xixi

    yang penting c dedek tetep ASIX smpe 6 bln yah mom, semangkaaaa \:D/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *